BLANTERVIO103

Contoh dan Cara Menulis Paper Penelitian Terbaru

Contoh dan Cara Menulis Paper Penelitian Terbaru
Monday, August 10, 2020

Contoh dan Cara Menulis paper

Arenapublik.com - Sebagai mahasiswa pasti tidak asing jika kegiatan yang harus dilakukan adalah membuat suatu paper. Pembuatan tersebut juga harus berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan baik yang terbit secara internasional maupun nasional. Paper berbeda dari makalah ilmiah, karena dari komposisi halaman yang tersaji juga tidak banyak. Maksimal tidak lebih dari 10 halaman biasanya. 

Penulisan paper biasanya ditulis dalam bentuk rangkuman dari sebuah makalah ilmiah saja. Atau berupa laporan skripsi, tesis, bahkan disertasi. 

Bagi anda yang diamanatkan untuk membuat paper, artikel ini sangat cocok karena kami akan memberikan contohnya secara langsung dan contoh paper tersebut langsung dari salah satu PTN yang ada di Surabaya. 


Cara Menulis Paper Dengan Benar

Panduan menulis paper memang sudah disediakan disetiap kampus, biasanya para dosen sebelum memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membuat suatu paper, pasti mereka memberikan rujukan link untuk mendownload format menulis paper. 

Kami menyadari, sebagian mahasiwa pasti ingin serba instant dan langsung melakukan edit terhadap paper yang sudah ada saja. Tapi, kami akan memberikan poin-poin yang terdapat dalam paper serta cara menulis paper.

  • Font yang digunakan dalam menulis paper, pasti memiliki standar dan biasanya menggunakan font Times New Roman.
  • Ukuran huruf yang harus digunakan dalam membuat paper tidak boleh terlalu besar, cukup menggunakan huruf ukuran 10 saja. Sedangkan untuk judul paper, kalian bisa menggunakan huruf berukuran 20.
  • Menuliskan nama kalian serta dosen pembimbing tepat di bawah judul paper.
  • Dalam menulis paper, kalian harus menyertakan abstrak terlebih dahulu. Sama seperti menulis makalah.
  • Selanjutnya adalah jumlah bab yang terdiri dalam paper hanya 5 saja, yaitu dimulai dari Pendahuluan, studi literatur, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan. Jangan lupa tambahkan daftar pustaka di akhir sebagai sumber referensi dalam penulisan paper.


Tips Menulis Paper

Sebelum menulis paper, ada beberapa langkah yang harus kalian ambil agar saat pengerjaan, tidak mengalami stop ditengah jalan. 

  • Tentukan terlebih dahulu tema dalam penulisan paper, usahakan mendapatkan 5 referensi paper terkait untuk mempermudah melakukan improvisasi dalam membuat paper.
  • Melakukan perumusan masalah dan penentuan tujuan dari paper yang ingin kita tulis. 
  • Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dosen dan lakukan asistensi ke dosen agar penulisan paper yang kalian lakukan sempurna. 
  • Jangan lupa simpan daftar pustaka yang menjadi rujukan dalam membuat paper, hal ini sangat sederhana namun sangat berguna saat penulisan daftar pustaka agar kita tidak mencari sumber baru.
  • Gunakan bahasa Indonesia dengan baik sesuai ejaan, hal ini juga membantu kalian dalam melatih menulis. Karena saat menjadi mahasiswa hal yang akan dilakukan terus adalah tidak jauh dalam membuat makalah, paper, dan sejenisnya.

Contoh Paper Penelitan yang Benar

Berikut ini kami akan langsung memberikan contoh dari paper penelitan sesuai bahasan artikel ini. Berikut contoh nya di bawah ini.


Sekian informasi yang dapat kami berikan terkait contoh dan cara menulis paper penelitan dengan benar, semoga artikel yang kami terbitkan dapat bermanfaat. Bagi kalian yang ingin membaca artikel kami sebelumnya, cara membuat company profile baru. Terimakasih
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821