BLANTERVIO103

Mengatasi Kipas Angin yang Tidak Terasa Anginnya

Mengatasi Kipas Angin yang Tidak Terasa Anginnya
Monday, October 26, 2020

Mengatasi kipas angin yang tidak terasa anginnya


Arenapublik.com - Cara mengatasi kipas angin yang berputar kencang tapi tidak terasa anginnya sama sekali, padahal saat kita melihat secara fisik tidak ada yang aneh dari unit kipas angin dan tidak tercium bau gosong sedikitpun yang menjadi tanda utama kalau kipas angin dalam kondisi rusak. Meskipun kipas angin bekerja secara optimal, tapi hembusan anginnya tidak terasa dengan baik. Seperti hembusan anginnya menyebar keseluruh ruang dan tidak terfokus dalam satu titik sesuai arah kipas angin yang kita hadapkan.


Jika kalian menemui permasalahan tersebut, tidak perlu buru buru langsung membawa ke tukang service elektronik. Bukan berarti tidak membagi rejeki kepada orang lain, tapi pada artikel ini kami berusaha untuk memberikan solusi jitu yang pernah kami alami sendiri bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. 


Karena sumber penyebab utama adalah kipas angin tidak terasa hembusannya, bukan dinamo kipas angin yang terbakar atau gosong. Jadi, masalah ini masih sangat mudah untuk diatasi oleh kita sendiri meskipun kita bukan seorang teknisi listrik atau orang dengan latar belakang sekolah teknik.


Berikut ini, kami akan uraikan beberapa poin saja beradasarkan pengalaman pribadi, tidak perlu perhatikan komponen lain, cukup ikuti penjelasan singkat dan arahan yang akan kami berikan.


1. Periksa Kapasitor Kipas Angin



Penyebab utama jika kalian menemukan tanda tanda untuk menghidupkan kipas angin dengan cara "dipancing" dahulu putarannya atau kalian menggerakkan baling baling secara manual, lalu saat kipas angin berputar kencang tapi hembusan anginnya tidak terasa. 


Lakukan pemeriksaan kapasitor dari kipas angin, pastikan tidak ada bau gosong ataupun konslet. Selanjutnya lakukan penggantian kapasitor, karena saat kita menghidupkan kipas angin dengan bantuuan digerakkan secara manual baling baling nya itu satu tanda, kipas angin sudah tidak sehat. 


Jadi, saran pertama yang kami berikan cek kapasitor kipas angin. Jika kipas angin kalian tidak perlu dibantu secara manual dengan menggerakkan baling balingnya, langkah ini bisa dilewati karena sudah dipastikan kapasitor masih sehat. 


2. Periksa Bentuk Baling Baling Kipas Angin



Selanjutnya adalah dengan memeriksa bentuk baling baling dari kipas angin, perhatikan secara detail dan lakukan pembandingan jika kalian memiliki lebih dari satu kipas angin. Bandingkan dengan kipas angin yang normal ya teman, jangan dibandingkan dengan kondisi yang sama sama lagi sakit. 


Biasanya, saat hembusan angin dari kipas angin mulai tidak terasa secara optimal. Bisa jadi arah atau lengkungan dari baling baling tersebut sudah berbeda arah atau miring, jika kita bandingkan dengan baling baling kipas angin normal pada bagian ujung baling baling harusnya menghadap ke depan atau lurus dan condong mengarah ke depan. 


Nah, jika kalian menemui masalah baling baling kipas angin lebih condong masuk ke dalam. Segera lakukan perbaikan dengan cara manual saja, yaitu menekuk nekuk bagian depan dari baling baling kipas angin supaya bisa ke arah depan lagi. Meskipun tidak akan normal seperti sedia kala saat proses penekukan, setidaknya cara ini bisa sangat ampuh dan bisa mengatasi kipas angin yang tidak terasa anginnya. 


3. Cleaning Kipas Angin


Terakhir adalah cara yang sangat sederhana saat dua cara di atas berhasil terbantahkan, yaitu dengan cleaning cover depan kipas angin. Sering kita jumpai pada bagian cover tersebut banyak sekali debu debu yang menempel, hal tersebut mengakibatkan kipas angin tidak bisa terasa anginnya secara baik. Karema terhalang oleh debu debu yang menempel pada bagian cover kipas angin.


Solusi jitu untuk mengatasinya adalah dengan cara melakukan cleaning rutin kipas angin, kalau bisa lakukan cleaning kipas angin sebnyak 1 bulan sekali, sehingga performa dari kipas angin dapat terjaga dengan baik. 


Penutup


Nah, sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi kipas angin yang tidak terasa anginnya. Sebenarnya tutorial ini sangat sederhana tapi semoga bisa membantu bagi para pembaca setia arenapublik untuk mengatasi permasalahannya. 


Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan terkai kipas angin, kalian bisa menanyakan langsung pada kolom komentar sehingga kita bisa berdiskusi dengan baik dan bisa bertukar ilmu nantinya. Jangan lupa untuk share artikel ini agar yang belum tahu bisa merasakan manfaatnya juga, terimakasih. 

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 comments:

  1. wahmakasih bang aku punya 2 kipas yang mengalami masalah seperti ini

    ReplyDelete
9127155806442794821