BLANTERVIO103

Perbedaan Kampus PTN dan PTS, Kalian Tetap Hebat

Perbedaan Kampus PTN dan PTS, Kalian Tetap Hebat
Friday, August 21, 2020
Perbedaan Kampus PTN dan PTS

Arenapublik.com - Saat ini memasuki masa-masa di mana para siswa/i terbaik yang dimiliki oleh Negara Indonesia menentukan pilihannya untuk kuliah. Ada sebagian dari mereka yang sudah lulus dari bangku SMA berhasil diterima kampus melalui jalur undangan, ada juga yang perlu mengikuti tes tertulis seperti UTBK baru bisa memasuki kampus impiannya. Pada saat ini, memang masih terbuka peluang bagi para peserta untuk memasuki kampus PTN (Perguruan Tinggi Negeri), tidak heran tingkat prestis yang terlabel dalam kampus negeri sangat besar dari jumlah banyak nya peminat setiap tahun nya.

Untuk memasuki kampus negeri, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan. Seperti jalur undangan, lalu melalui tes tulis, jalur mandiri, bahkan ada cara terakhir menggunakan jalur belakang. Tapi cara terakhir tidak patut ditiru ya teman-teman, kita sebagai generasi penerus bangsa harus sportif dalam memasuki kampus yang bergengsi demi menjaga kualitas kampus tersebut. 

Bagi yang gagal memasuki kampus negeri dari hasil UTBK beberapa hari silam, kalian tidak perlu sedih. Jika kalian dari keluarga yang cukup, kalian bisa mengikuti tes selanjutnya yaitu jalur mandiri. Pada jalur mandiri ini memang tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk biaya pembangunan gedung kampus ataupun baiaya lainnya, jadi setidaknya kalian bisa menyediakan uang lebih dari 50 juta rupiah untuk bisa memasuki jalur mandiri. Lalu untuk biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) juga masuk dalam kategori maksimal, contohnya dalam satu kampus A memiliki UKT maksimal 7.5 juta rupiah, maka kalian akan langsung otomatis mendapatkan UKT demikian. Nominal tersebut dapat berubah jika kalian berhasil mengajukan banding UKT di tahun berikutnya.

Perbedaan Kampus PTN dan PTS

Kampus PTN

  • Perbedaan yang paling mencolok dalam membandingkan kampus PTN vs PTS adalah terletak dari segi ALUMNI. Kita tidak bisa menutup mata bahwa pejabat-pejabat di Indonesia banyak yang berasal dari PTN ternama dan para CEO ataupun para Bos banyak juga yang berasal dari alumni kampus negeri. Bukan hal yang tidak lazim, rantai alumni yang membuat para lulusan dari PTN tersebut mudah diserap di kalangan perusahaan besar. Dari sinilah kampus PTN tersebut mendapatkan rating tinggi dari serapan lulusan yang berhasil kerja atau membuka usaha.
  • Selanjutnya, perbedaan tersebut pasti dari segi fasilitas kampus. Mulai dari laboratorium dan sebagainya, kampus PTN pasti memiliki fasilitas yang lebih menunjang dari segi apapun. Hal ini para mahasiswa/i bisa mempelajari dengan baik bagaimana cara dan sistem kerja dari suatu alat contohnya atau dari suatu proses produksi power plan, dan lain-lain.
  • Dosen pun menjadi pembeda utama dari kampus PTN ini, sudah sangat jelas sekali kalau para dosen dari kampus PTN memang memiliki standar kompetensi di atas rata-rata dan dari lulusan alumni dalam negeri maupun luar negeri. Dan setiap jurusan pasti memiliki setidaknya 2 guru besar atau profesor yang menjadi nilai plus dari kampus tersebut. 
  • Biaya kuliah dari kampus PTN juga bisa tergolong murah, karena kalian bisa mendapatkan UKT rendah jika kalian berasal dari keluarga yang sederhana atau bahkan kalian bisa digratiskan dalam menempuh pendidikan. Hal ini dikarenakan banyaknya kuota Bidik Misi yang diberikan untuk setiap kampus PTN yang ada di Indonesia.
  • Terakhir adalah beasiswa, keuntungan yang bisa didapatkan lebih adalah dari beasiswa yang tersedia untuk kampus PTN cukup banyak. Karena perusahaan-perusahaan banyak yang ingin melakukan kerjasama terhadap salah satu jurusan yang ada di kampus PTN tersebut, tujuannya agar jika mahasiswa/i terbaik dari jurusan tersebut lulus dari kampus, dapat langsung diserap oleh perusahaan tersebut yang memberikan beasiswa. 

Kampus PTS

Dari keunggulan kampus PTN yang dituliskan di atas bukan berarti kampus PTS tidak memiliki kelebihan juga, justru memiliki kelebihan istimewa tersendiri.
  • Kampus PTS memang sangat identik sekali bagi mahasiswa/i yang sedang bekerja, jadi kampus PTS membuka peluang kelas karyawan yang memiliki waktu lebih fleksibel dibandingkan dengan kampus PTN. Kelas karyawan ini dapat dilangsungkan diwaktu libur, seperti hari sabtu dan minggu. atau diwaktu malam saja selepas kerja. Waktunya pun sangat fleksibel, jadi kalian bisa janjian dengan dosen untuk melangsungkan per kuliahan. 
  • Kampus PTS memiliki biaya kuliah yang merata, bisa dikategorikan adil untuk pembayaran. Jadi meskipun kalian orang yang sangat berkecukupan, biaya UKT kalian masih tetap sama seperti teman-teman kalian yang lain. Yang membedakan biasanya gelombang pendaftaran 1 dan 2 saja. Biasanya mahasiswa yang melakukan pendaftaran gelombang 1 memiliki biaya kuliah lebih murah dibandingkan dengan gelombang 2, begitu juga seterusnya.
  • Dari fasilitas kampus, PTS juga termasuk bagus. Tapi kalian harus lihat dulu PTS mana yang sedang dibicarakan. Untuk PTS secara umum bisa dikategorikan cukup karena tergantung dari akreditas kampus tersebut.

Generasi Hebat Penerus Bangsa

Kalaupun kemungkinan kalian juga tidak berhasil masuk melalui jalur mandiri, berarti bukan rejeki kalian dan kalian tidak perlu putus asa. Dalam kondisi seperti ini ada dua opsi yang bisa kalian lakukan, yaitu: Kuliah di PTS atau Bimbel untuk persiapan tahun depan. Apapun itu, keputusan ada ditangan kalian masing-masing. Masa depan ditentukan oleh kalian sendiri, bukan oleh cibiran para tetangga

Saat dalam hati kalian berkata ingin melanjutkan studi ke bangku kuliah, anda adalah generasi HEBAT. Kami bisa katakan demikian karena untuk Indonesia masih rendah tingkat pendidikan dan tingkat penelitian dari jurnal masih sedikit yang publish seacara Internasional, masih kalah dari negara tetangga yang jumlah penduduknya lebih sedikit dari pada kita.

Dengan melanjutnya studi, berarti kalian berhasil mematahkan rantai kehidupan yang statis menjadi lebih dinamis, karena saat kita menduduki bangku kuliah baik di kampus PTN ataupun PTS, pola pikir yang kalian dapatkan akan perlahan berubah. Kalian akan dihadapkan berbagai macam permasalahan lalu dituntut untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut, tidak hanya penyelesaian masalah. Tanggung jawab sosial kalian terhadap masyarakat pun perlahan akan terbangun, melihat kondisi sekitar yang masih kurang memadai dan kita sebagai mahasiswa akan merasa ter trigger untuk segera membereskan nya. 

Oleh sebab itu, bagi kalian yang memilih untuk terus melanjutkan jenjang studi bagi kami adalah kalian harapan penerus Bangsa. Negara ini ada di tangan kalian dan mari sama-sama membenahi secara perlahan dari peninggalan bapak dan kakek kita sebelumnya untuk bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia lebih baik. 
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 3 comments:

  1. sekarang makin banyak jalur termasuk bidik misi, aku dulu ga paham pengertiannya, karena di jamanku ga ada bidik misi, mungkin sama dengan jalur prestasi

    ReplyDelete
  2. Peluang masuk PTN dan PTS j semakin ketat selain nilai harus tinggi juga harus mampu dalam hal biaya.
    Salah satu cara meringankan biaya kuliah siswa bisa mengikuti program beasiswa.
    Bila tidak memungkinkan untuk kuliah sekarang karena kendala biaya, mungkin bisa bekerja dahulu.


    ReplyDelete
  3. Jadi ingat saya dulu 2 kali test di PTN dan ga lulus, lalu masuk swasta.
    Memang ada perbedaan sih dalam dunia kerja dari PTN dan PTS, setidaknya PTN lebih punya kesempatan luas ketimbang PTS terlebih yang biasa.

    namun kalau kinerja mah, tergantung personal.
    So kuliah di PTS sih ga masalah, apalagi jadi ciwi-ciwi.

    Ada beberapa teman yang masuk PTN bayar sampai ratusan juta, lulus kuliah nikah, urus anak, dan ortunya sedih hehehehe

    ReplyDelete
9127155806442794821