BLANTERVIO103

10 Cara Ampuh Menghilangkan Pusing Tanpa Obat

10 Cara Ampuh Menghilangkan Pusing Tanpa Obat
Sunday, January 10, 2021

Menghilangkan pusing tanpa obat


Arenapublik.com - Menghilangkan pusing tanpa obat cukup terdengar asing di telinga kita, pasalnya sebagai manusia kerap kali menyembuhkan penyakit dengan ramuan obat, meskipun itu dengan herbal. 

Pusing yang terjadi sekali saja sudah mengganggu, apalagi berkali-kali, pastinya akan mengganggu kehidupan sehari-hari dan membuat penderita tak nyaman. Pusing memang selalu tidak menandakan kondisi yang tidak serius, tapi bukan berarti boleh diabaikan.

Pusing yang sering kambuh dapat dipicu dari pola tidur yang tidak cukup dan stress yang tinggi. Lalu, bagaimana sih mengatasi pusing ketika menyerang? Berikut sedikit ulasan tentang cara menghilangkan pusing tanpa obat.


Cara Ampuh Menghilangkan Pusing Tanpa Obat

1.Minum air

Sering merasa pusing?,bisa aja tubuh kamu kekurangan cairan alias dehidrasi. Faktanya, dehidrasi adalah penyebab umum dari sakit kepala migrain dan tegang. Berdasarkan sebuah hasil penelitian,meminum air secara teratur dipercaya dapat mengurangi gejala-gejala sakit kepala pada pengidap dehidrasi.

2.Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin di bagian kepala atau leher ternyata dapat menjadi cara menghilangkan pusing yang mujarab. Kompres dingin dipercaya dapat meredakan peradangan, memperlambat konduksi saraf,dan membuat pembuluh darah rifleks,sehingga sakit kepala dapat teratasi.

3.Tiduran Santai

Ketika kamu merasakan pusing ketika berdiri,cobalah untuk tiduran sejenak. Tiduran santai dapat mendorong aliran darah ke otak dan mengurangi penekanan di kaki. Selain itu,hentikan aktivitas yang dilakukan,lalu ambil nafas dengan tenang,dan rileksasikan pikiran. Bila kepala pusing terjadi karena vertigo,cobalah pejamkan mata sambil duduk atau berbaring.


4.Ganti Atau Hentikan Minum Obat

Ganti atau hentikan minum obat menjadi salah satu cara mengatasi pusing lhoo. Tak menutup kemungkinan,rasa pusing yang dialami berkaitan dengan konsumsi obat yang diberikan oleh dokter.

Apabila kondisi ini terjadi,coba tanyakan pada dokter yang meresepkan obat tersebut. Tanyakan pada dokter mengenai penurunan dosis atau harus menghentikan konsumsi obat tersebut.

5.Cukupi Waktu Tidur

Jangan heran bila kepala sering pusing kalau waktu tidur yang cukup tidak terpenuhi. Selain menyebabkan kepala pusing,kurang tidur juga dapat memicu masalah lainnya,mula dari sistem imun yang melemah, kesulitan mengatur emosi,hingga menurunnya kualitas hidup.

Ketika pusing menyerang,coba ambil waktu untuk istirahat sejenak. Cara ini mampu meredakan rasa pusing yang menyerang. Hal yang paling penting ialah coba upayakan untuk selalu memenuhi waktu tidur setidaknya 6-8 jam perhari.

6.Berteduh Ke Tempat Sejuk

Kalau suhu yang terlalu panas membuatmu pusing,cobalah untuk mencari tempat yang suhunya rendah. Kamu juga bisa menghilangkan pusing dengan cara meminum air segar,jika perlu, masuklah pada ruangan ber-Ac.

7.Tarik Nafas Dalam-dalam

Tarik nafas dalam-dalam menjadi salah satu cara menghilangkan pusing yang juga paling efektif. Kalau gelisah melanda,maka nafas mungkin jadi terganggu karenanya,

Oleh karena itu, tariklah nafas dalam-dalam dan bernafas lah lebih lambat,coba tenangkan diri supaya pusing mereda.

8.Memijat Bagian Kepala

Memijat-mijit area tertentu dikepala dapat membantu dalam meredakan pusing. Daerah pijatan pada setiap orang tentulah berbeda-beda. Ada yang memijat-mijat bagian belakang leher,kening,sisi samping atas wajah,atau daerah yang agak naik sedikit dari hidung.

9. Konsumsi Jahe

Jahe sudah dikenal dalam mengatasi berbagai kondisi seperti mual,sakit perut,dan sebagainya. Namun,tahukan kamu bahwa jahe dapat dijadikan cara menghilangkan pusing? Jahe dapat meredakan gejala mabuk saat lerjalan yang dapat menyebabkan pusing.

Kamu juga dapat mengonsumsi jahe dengan mencampurnya dalam makanan yang dikonsumsi,dalam bentuk teh jahe,ataupun dalam bentuk suplemen.

10. Terapi Akupuntur

Alternatif tradisional seperti akupuntur dapat menjadi bahan evaluasi anda sebagai cara menghilangkan pusing. Jika pusing yang dialami disebabkan karena migrain, akupuntur dapat membantu untuk meringankan sakit kepala yang dialami.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821