BLANTERVIO103

Inilah Cara Merekam Zoom Di Hp Sangat Mudah

Inilah Cara Merekam Zoom Di Hp Sangat Mudah
Thursday, March 17, 2022

Zoom merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk rapat online menggunakan Hp. Namun meskipun telah mengadakan rapat, kadang kala penyelenggara memerlukan rekaman ulang untuk mengevaluasi apa yang sudah disampaikan sebelumnya. Sayangnya, tidak sedikit kebingungan orang yang tidak tahu bagaimana cara merekam Zoom di Hp.


Pengguna tidak perlu merasa khawatir, pasalnya ada beberapa cara merekam rapat Zoom di hp yang bisa diterapkan. Namun erlu digaris bawahi bahwa cara ini akan berhasil apabila dilakukan berurutan. Jika ada langkah yang terlewat maka hasil yang diperoleh tidak akan maksimal bahkan gagal. Berikut adalah penjelasan lengkapnya, yaitu:

1. Pastikan Memiliki Aplikasi Rekam Layar

Langkah pertama adalah pastikan sudah memiliki aplikasi rekam layar di hp. Biasanya hp versi terbaru sudah memiliki aplikasi rekam layar bawaan. Namun apabila belum ada, pengguna bisa mendownloadnya di Play Store.

Jika sudah, buka Play Store kemudian ketik Screen Recorder yang akan di download. Ada banyak sekali jenis aplikasi Screen Recorder, pastikan mendownload aplikasi dengan rating baik. Bisa sebagai contoh download DU Recorder atau Mobizen. Kemudian download aplikasi yang sudah dipilih tersebut dan install.


2. Buka Aplikasi Perekam Layar

Cara merekam Zoom di hp selanjutnya adalah memanfaatkan perekam layar yang sudah di download sebelumnya. Aplikasi perekam layar harus sudah mendapat perizinan mengakses di menu pengaturan. Biasanya setelah terinstall akan muncul menu “izinkan aplikasi mengakses kamera, audio, dll”, maka pilihlah izinkan.

Buka aplikasi perekam layar terlebih dahulu sebelum membuka Zoom. Setelah terbuka biasanya akan muncul ikon aplikasi kecil yang bisa digeser-geser. Pastikan menggeser ikon tersebut ke pinggir layar sebelum membuka Zoom.


3. Buka Zoom Meeting

Selanjutnya pengguna harus membuka Zoom untuk memulai meeting ataupun bergabung ke meeting. Jika ingin bergabung dengan rapat yang sudah dibuat orang lain, maka tinggal masuk melalui link yang dibagikan. Bisa juga melalui ID pertemuan kemudian masukkan ID ke kolom yang disediakan.

Namun apabila ingin memulai Zoom meeting yang dibuat sendiri caranya tentu berbeda. Klik Aplikasi Zoom kemudian pilih Start Meeting dan aktifkan tulisan "Use personal meeting ID" dengan menggeser tombol biru. Selanjutnya berikan kode tersebut ke orang yang akan diundang dalam Zoom.


4. Rekam Layar

Setelah bergabung dalam meeting di Zoom, kini bisa memulai merekam layar. Cara merekam Zoom di hp melalui hal ini adalah dengan memanfaatkan ikon aplikasi perekam layar yang sudah di geser ke pinggir layar tadi. Tentunya cara ini terbilang sangat mudah dengan memanfaatkan ikon tersebut

Tekan tombol atau ikon perekam layar di hp. Kemudian tekan start recording atau mulai rekaman. Maka akan secara otomatis layar Zoom akan terekam sampai proses perekaman dihentikan secara manual.


5. Hentikan Rekam Layar

Untuk menghentikan proses perekaman di Zoom dengan aplikasi rekam layar juga sangat mudah. Pengguna hanya perlu menekan ikon rekam layar sekali untuk membuka fiturnya. Kemudian pilih lambang pause untuk menjeda dan pilih stop untuk berhenti.

Secara otomatis rekaman layar dan audio di Zoom sudah berhenti. File rekaman tersebut juga otomatis akan tersimpan di Hp. Untuk membuka file rekaman Zoom, pengguna hanya perlu mencarinya di file manager Hp.


Cara merekam Zoom di hp sangatlah mudah hanya dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Bahkan tentu bisa langsung dipraktikkan oleh siapa saja karena sangat mudah. Namun pastikan cara tersebut dilakukan dengan berurutan, karena apabila tidak berurutan maka proses perekaman tidak akan berjalan lancar.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821