BLANTERVIO103

Pengertian Dan Cara Setting Proxy di Google Chrome Android , Ternyata Mudah!

Pengertian Dan Cara Setting Proxy di Google Chrome Android , Ternyata
Mudah!
Tuesday, December 27, 2022

Ternyata ketika hendak melakukan setting proxy di google Chrome melalui android tidak hanya bisa dilakukan saat ada aplikasi tambahan saja. Tetapi cara setting proxy di Google Chrome Android tetap bisa dilakukan tanpa aplikasi.


Seperti yang sudah diketahui bersama dengan melakukan setting proxy bisa membuat penggunanya mengakses situs terblokir. Namun, sayangnya beberapa orang masih belum paham bagaimana caranya. Maka dari itu para pengguna Android bisa simak apa itu proxy dan cara settingnya dengan mudah:

Mengenal Istilah Proxy

Pembahasan kali ini sebalin berfokus pada cara setting proxy di Google Chrome Android, maka pembaca juga harus paham apa itu Proxy. Untuk istilah proxy sendiri mengacu pada sebuah sistem yang bisa mengatur browser untuk tetap menampilkan website tertentu.

Dengan demikian website tersebut tidak akan diproses secara langsung. Tetapi melalui sebuah perantara, dimana perantara tersebut terkenal dengan istilah Proxy server. Jadi secara otomatis IP public akan tersembunyi. Sebab IP dari server proxy lah yang akan tampil.

Karena fungsi tersebut membuat beberapa orang menganggapnya sama dengan VPN. Padahal keduanya adalah berbeda. Salah satunya yang membuatnya berbeda adalah pada mode encryption. Jika pada Proxy tidak akan terenkripsi, sedangkan pada VPN akan terenkripsi.

Untuk penggunaan layanan Proxy sendiri pengguna bisa menyembunyikan alamat IP. Selain itu akses juga lebih cepat, bahkan saat terlalu banyak cache. Tidak khawatir juga bisa mengatasi website yang terblokir juga.

Termasuk juga bisa untuk mengakses konten khusus. Walaupun tidak tercatat di server web namun aktivitas tersebut tetap membuat server proxy tetap tercatat.


Cara Mendapatkan Dan Setting Proxy di Google Chrome

Setelah sudah dipahami bersama pengertian Proxy. Maka saatnya pengguna memahami mengenai cara setting proxy tersebut di HP Android. Berikut ulasan lengkapnya:

  • Membuka situs resminya. Sebenarnya untuk layanan Proxy sendiri pengguna bisa mendapatkannya secara gratis maupun berbayar. Untuk layanan gratisnya pengguna bisa mengunjungi situs resminya. Melalui website nya di www.proxysite.com.
  • Memilih server proxy. Selanjutnya bisa memilih beberapa server Proxy yang diinginkan.
  • Perhatikan pada bagian kolom URL, pada bagian tersebut pengguna bisa memasukkan situs yang ingin diakses nantinya. Termasuk dengan server proxy ini pengguna bisa mengakses situs yang telah diblokir.
  • Membuka menu setting Wifi android. Setelah membuka situs resminya dan memilih server, maka jangan lupa para pengguna Android juga harus melakukan pengaturan di HP Android tersebut. Untuk pertama adalah membuka pada bagian setting atau pengaturan.
  • Kemudian pilih opsi selanjutnya pada bagian menu “Network and Internet”. Jika pengguna sudah memilihnya pengguna bisa klik pada bagian SSID Wifi yang biasa digunakan.
  • Lalu pada bagian disebelahnya terdapat tanpa panah, lalu tekan bagian tersebut kemudian klik pada bagian opsi edit.
  • Selanjutnya pada bagian proxy bisa diubah dari none menjadi manual. Pengguna bisa scroll hingga ke bagian bawah untuk menemukan menu proxy.
  • Kemudian pengguna bisa mengisi IP atau hostname yang sudah didapatkan dari langkah pertama tadi pada bagian setelan Proxy ini.
  • Jangan lupa untuk save dan melakukan penyimpanan pada bagian tanda centangnya. Lalu pengguna bisa membuka browser dan mencoba dengan mengakses google. Biasanya setelah pengguna memakai layanan proxy google chrome akan tertulis dengan lokasi negara lain.


Demikian itu beberapa cara setting proxy di Google Chrome Android yang bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, untuk situs yang telah di blokir tetap bisa diakses kembali. Namun, pastikan menggunakan layanan proxy Google Chrome ini dengan bijaksana.




Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821