BLANTERVIO103

Unsafe Action Adalah : Jenis, Penyebab, Cara dan Tips Pencegahan

Unsafe Action Adalah : Jenis, Penyebab, Cara dan Tips Pencegahan
Sunday, February 5, 2023


Unsafe action atau tindakan tidak aman adalah tindakan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan atau cedera. unsafe action dapat disebabkan oleh kesalahan manusia atau kegagalan peralatan. Mereka dapat terjadi di tempat kerja mana pun, tetapi sangat umum di industri yang melibatkan bahan berbahaya atau peralatan berbahaya. unsafe action dapat menyebabkan berbagai macam kecelakaan, termasuk kebakaran, ledakan, dan tumpahan bahan kimia. Mereka juga dapat menyebabkan cedera pada pekerja, termasuk luka bakar, luka, dan bahkan kematian. Untuk mencegah kecelakaan dan cedera, penting untuk mengidentifikasi dan mengurangi tindakan tidak aman. Ini dapat dilakukan melalui pelatihan keselamatan dan dengan menerapkan prosedur dan protokol keselamatan.

Apa yang dimaksud dengan Unsafe Action?

Unsafe action adalah setiap tindakan yang dapat menyebabkan cedera atau bahaya. Ini dapat mencakup sesuatu yang sederhana seperti tidak mengenakan peralatan keselamatan yang tepat saat bekerja dengan bahan kimia berbahaya. Tindakan tidak aman juga bisa lebih kompleks, seperti tidak mengikuti prosedur keselamatan yang tepat saat mengoperasikan mesin.

Ada banyak jenis Unsafe Action, dan dapat terjadi di semua jenis tempat kerja. Beberapa Unsafe Action lebih sering terjadi di industri tertentu, seperti konstruksi atau manufaktur. Lainnya lebih umum dalam pengaturan kantor.

Sebagian besar Unsafe Action dapat dicegah, dan penting untuk mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya. Karyawan harus dilatih dengan baik tentang prosedur keselamatan dan harus menyadari potensi bahaya di lingkungan kerja mereka. Pengusaha juga harus menciptakan budaya keselamatan di tempat kerja, di mana karyawan merasa nyaman melaporkan tindakan tidak aman dan nyaris terjadi.

Jenis Unsafe Action.

Ada beberapa jenis Unsafe Action :

Tindakan Fisik

Setiap tindakan yang dapat menempatkan Anda atau orang lain dalam bahaya. Ini dapat mencakup hal-hal seperti tidak mengenakan sabuk pengaman, atau mengirim SMS saat mengemudi.

Tindakan Verbal

Kata atau frasa apa pun yang dapat menyebabkan kecelakaan atau cedera. Hal ini dapat mencakup hal-hal seperti menggunakan kata-kata kotor, atau membuat pernyataan rasis atau seksis.

Unsafe Action Manusia

Tindakan yang dilakukan oleh manusia. Unsafe Action manusia dapat dibagi lagi menjadi dua kategori : 

  • Unsafe Action yang disengaja adalah tindakan yang dilakukan dengan sengaja
  • Unsafe Action yang tidak disengaja adalah tindakan yang dilakukan secara tidak sengaja.

Unsafe Action Mekanis

Tindakan yang dilakukan oleh mesin. Unsafe Action mekanis juga dapat dibagi menjadi dua kategori : 

  • Unsafe Action desain yang salah adalah yang disebabkan oleh mesin yang tidak dirancang dengan baik
  • Unsafe Action pemeliharaan yang buruk adalah yang disebabkan oleh mesin yang tidak dirawat dengan baik.

Tindakan tidak aman manusia dan mekanis dapat menyebabkan kecelakaan. Cara terbaik untuk mencegah kecelakaan adalah dengan menghilangkan semua tindakan tidak aman.

Penyebab Unsafe Action

Ada banyak potensi penyebab tindakan tidak aman. Beberapa penyebab umum meliputi:

  • Kurangnya pelatihan atau pengetahuan : Karyawan mungkin tidak mengetahui cara melakukan tugas dengan aman, atau mungkin tidak menerima pelatihan yang tepat.
  • Tekanan waktu : Karyawan mungkin merasa tertekan untuk bekerja dengan cepat, yang dapat mengarah pada jalan pintas dan praktik yang tidak aman.
  • Peralatan yang buruk : Peralatan yang rusak atau berbahaya dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera.
  • Kelelahan : Kelelahan karyawan dapat menyebabkan kesalahan dan kecelakaan.
  • Stres pribadi : Stres pribadi, seperti masalah keuangan atau masalah keluarga, dapat menyebabkan gangguan dan praktik yang tidak aman.

Dengan memahami penyebab umum Unsafe Action, pengusaha dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko di tempat kerja. Beberapa tindakan pencegahan termasuk memberikan pelatihan yang tepat, memastikan tingkat kepegawaian yang memadai, dan memelihara peralatan yang aman.

Mencegah Unsafe Action

Sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia – oleh orang-orang yang melakukan hal-hal yang seharusnya tidak mereka lakukan atau tidak melakukan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan. Kami menyebutnya tindakan tidak aman.

Ada empat jenis utama tindakan tidak aman :

Melanggar aturan keselamatan

Aturan keselamatan ada karena suatu alasan. Mereka didasarkan pada pengalaman dan pengetahuan bertahun-tahun, dan dirancang untuk membuat kita tetap aman. Saat kita melanggar aturan keselamatan, kita membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Mengambil jalan pintas

Kita semua ingin menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien. Namun saat kami mengambil jalan pintas, kami biasanya mengambil jalan pintas demi keselamatan. Dan itu bisa menyebabkan kecelakaan.

Menggunakan peralatan yang rusak

Jika Anda menggunakan peralatan yang rusak, hanya masalah waktu sampai terjadi kesalahan. Selalu pastikan bahwa peralatan yang Anda gunakan dalam kondisi kerja yang baik.

Menjadi ceroboh

Kecerobohan seringkali menjadi akar penyebab kecelakaan. Ketika kita tidak memperhatikan apa yang kita lakukan, kita cenderung melakukan kesalahan.

Cara terbaik untuk mencegah kecelakaan adalah dengan menghilangkan tindakan tidak aman. Itulah mengapa sangat penting untuk selalu mengikuti peraturan keselamatan, menggunakan peralatan yang tepat, dan tetap fokus pada tugas yang ada.

Tips Untuk Mencegah Unsafe Action

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah tindakan tidak aman :

  • Waspadai lingkungan Anda.
  • Ikuti semua peraturan dan regulasi keselamatan.
  • Jangan mengambil jalan pintas.
  • Gunakan peralatan keselamatan yang tepat.
  • Laporkan tindakan tidak aman kepada supervisor.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu mencegah terjadinya kecelakaan dan cedera. Dan ingat, jika Anda melihat seseorang melakukan tindakan yang tidak aman, jangan ragu untuk angkat bicara.


































Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821