Tuesday, January 7, 2020

Panduan Menampilkan Halaman PDF Pada Blogger

Arenapublik.com - Menampilkan halaman PDF pada blogger seperti yang biasa kita lihat pada website slideshare dan sebagainya ternyata tidak terlalu susah untuk diterapkan, kita tidak perlu mempunyai hosting sendiri untuk menampilkan halaman PDF jika kalian menggunakan platform blogger, cukup memanfaatkan google drive yang kita miliki maka halaman PDF seperti yang ada pada website slideshare sudah bisa kita tampilkan di blog masing-masing.


Panduan Menampilkan Halaman PDF Pada Blogger
Gambar 1.Menampilkan Halaman PDF Pada Blogger 

Bagi kalian yang sudah mendaftar akun google, akan mendapatkan satu paket lengkap untuk menggunakan seluruh produk yang dimiliki google, termasuk google drive. Pada tutorial kali ini kita akan memanfaatkan google drive sebaik mungkin dalam menampilkan halaman PDF pada blogger.

Cara Menampilkan Halaman PDF di Blog

Tahap pertama yang harus disiapkan adalah file dalam format pdf untuk kita upload pada google drive, silahkan lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.
Cara Menampilkan Halaman PDF di Blog
Gambar 2 Upload File PDF di Google Drive

Setelah selesai melakukan proses upload file PDF, jangan lupa untuk mengganti kebijakannya bahwa file PDF yang kita upload dapat dilihat oleh semua orang atau public. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.
Cara Menampilkan Halaman PDF di Blog
Gambar 3 Mengganti Privacy Menjadi Public

Pada tahapan ini file pdf yang kita miliki pada dasarnya sudah dapat diakses secara public dan tahap terakhir adalah kita menempatkan file pdf yang kita upload sehingga tampilannya mirip seperti website slideshare. 

Buka file pdf yang sudah kita upload pada tab baru browser, lalu pada bagian kanan atas terdapat titik 3 dekat dengan foto profile akun google, lalu pilih embed item. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara Menampilkan Halaman PDF di Blog
Gambar 4 Mengambil Kode Halaman PDF

Nah, silahkan kalian tempatkan kode HTML tersebut pada blog kalian masing-masing. Sebagai preview, kalian bisa merujuk ke artikel saya sebelumnya tentang membuat halaman login dan registrasi dengan PHP dan dianjurkan untuk mengatur sendiri width dan height sesuai kebutuhan kalian masing-masing. 

Sekian tutorial yang saya berikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Arenapublik.com adalah media informasi terkini yang memberikan berbagai macam pengetahuan untuk masyarakat Indonesia dan memberikan berbagai macam tutorial secara gratis.

4 comments:

  1. Noted!

    Ini wajib di saved, biasanya butuh banget loh hal-hal kayak gini saat hendak posting sebuah artikel :)

    ReplyDelete
  2. Ah...ternyata begini ya caranya. Kepakai banget ini kalau mau post artikel crafting atau jahit. Thanks for sharing.. :D

    ReplyDelete
  3. Ooo... pakai GoogleDrive. Baru tahu. Catet dulu deh.

    ReplyDelete