BLANTERVIO103

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email: 100% Berhasil Bekerja

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email: 100% Berhasil Bekerja
Wednesday, February 5, 2020
Arenapublik.com - Melamar pekerjaan lewat email ataupun langsung dengan tertuju ke satu instansi atau perusahaan khusus merupakan suatu perosalan yang lumrah dilakukan bagi para job seeker. Berbagai cara mereka lakukan demi mendapatkan pekerjaan, dimulai dari cara melamar pekerjaan lewat email, hingga melamar pekerjaan melalui aplikasi, alasan melamar pekerjaan juga akan menjadi pertimbangan keberhasilan dalam melamar pekerjaan. Cara melamar pekerjaan untuk fresh graduate pun berbeda bagi para profesional atau yang sudah berpengalaman.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email
Gambar 1 Cover Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

Cara Melamar Pekerjaan Via Email

Perkembangan teknologi saat ini mewajibkan kita sebagai job seeker harus bisa gesit dalam mencari pekerjaan. Berbeda pada tahun 2000 an sebelum memasuki abad ke-21, dimana para job seeker diharuskan membuat surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan disertai dengan berkas lainnya lalu dikirim lewat pos atau dikirim langsung ke perusahaan tertuju.

Saat ini, gerakan "Less Paper" pada abad ke-21 semakin terlihat dimana para Head hunter atau para HRD menerima berkas lamaran pekerjaan lewat email. Nah, untuk itu ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam melamar pekerjaan lewat email.
  • Perhatikan Subject email pada lamaran pekerjaan tersebut, biasanya perusahaan mempunyai ketentuan khusus pada bagian subject tersebut.
  • Badan email tidak boleh KOSONG dan ini sangat fatal sekali jika kalian melamar pekerjaan lewat email tanpa badan email. Menulis badan email sama seperti kita menulis pada surat lamaran pekerjaan, yang berisi Kepada Yth, tgl dan tempat, salam, yang bertanda tangan, melamar pada posisi apa, tulis lampiran apa saja, terimakasih. 
  • Ukuran file lampiran dalam melamar pekerjaan via email tidak boleh terlalu besar, usahakan batas maksimum file hanya 2 MB saja.
  • Lampiran file yang diperlukan dalam melamar pekerjaan via email terdiri dari Curiculum Vitae, KTP, Ijazah Pendidikan, dan Sertifikat Penunjang. Jadi tidak perlu melampirkan terlalu banyak file dalam melamar pekerjaan lewat email, setelah mendapat panggilan dari perusahaan, maka kita lengkapi lampiran file tersebut dengan membawa hard copy sebagai bukti otentik.
  • Lampiran file harus berbentuk PDF untuk mempermudah para head hunter melakukan review dari berkas yang kita punya.

Motivasi Melamar Pekerjaan

Sebagai tambahan dalam cara melamar pekerjaan lewat email, ada baiknya kita menambahkan file berupa tulisan motivasi melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut. Meskipun kita seorang fresh graduate, setidaknya kita sudah memiliki road map terhadap perusahaan tersebut, berupa rencana-rencana apa yang akan kita lakukan terhadap perusahaan tersebut.

Hal tersebut dapat dilakukan untuk membuat yakin para head hunter bahwa kita sudah memiliki perencanaan yang baik terhadap perusahaan tersebut, dan kita mampu memberikan hal yang terbaik dalam perusahaan tersebut. 

Motivasi melamar pekerjaan tersebut dapat kalian terapkan dalam melamar pekerjaan di mana saja, baik itu melalui jobstreet, melamar pekerjaan di indomaret, melamar pekerjaan di alfamart, melamar pekerjaan di pabrik, dan lain sebagaiknya. Intinya berikan yang terbaik pada saat kita berada di suatu instansi tersebut.

Alumni dari salah satu kampus ternama biasanya sangat memiliki pengaruh besar loh untuk berhasil lulus dalam pekerjaan impian kalian.
Semoga berhasil, tulisan ini kami rangkum dari beberapa tulisan para head hunter yang ada di Linkedin dan berdasarkan pengalaman pribadi langsung dari salah satu penulis kami, jadi informasi yang kami berikan valid. 

Ingin mendapat penghasilan besar dalam bekerja, yaitu menjadi sales. Untuk bacaan menarik bagaimana skill menjadi sales dapat kunjungi di sini

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 24 comments:

  1. kira2 10 tahun lepas saya guna email untuk apply kerja. alhamdulillah saya dapat kerja tersebut dan bertahan lebih 7 tahun. sekarang saya di company lain

    ReplyDelete
  2. wah dapat ilmu lagi saya mas, soalnya saya pernah gagal tu melamar dari email

    ReplyDelete
  3. saya beberapa kali nih mas, nyoba ngelamar kerjaan via email. dipanggil sih tapi malah disuruh kejakarta untuk interviewnya.. hahha. jauh banget... saya dari aceh btw

    ReplyDelete
  4. jaman sudah berubah, teknologi membuat kita semakin mudah yah, trims infonya

    ReplyDelete
  5. Ternyata ukuran file juga tidak boleh terlalu besar yaa dalam melamar pekerjaan via email..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, karena storage email mereka punya kapasitas juga hehe

      Delete
  6. sangat bermanfaat sekali bagi yg melamar pekerjaan melalui email ya kang. bisa membaca petunjuknya di postingan ini

    ReplyDelete
  7. Sepertinya baru berlaku di dunia swasta ya. Itupun yang sudah melek teknologi. Kalau untuk melamar jadi PNS atau perusahaan swasta yang masih menganut paham lama, sepertinya masih harus membuat surat lamaran dalam bentuk tulisan di kertas dan dilampiri dengan dokumen pendukung ini-itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe betul mas, jiwa saya not belonging for PNS sepertinya. ribett daftarnya xD

      Delete
  8. Sekitar 10tahun lalu saya melakukannya, oleh karena itu alamat email saya ga alay-alay gitu karena dipakai ngelamar kerja, hahaha.
    Tapi, saya belum pernah melamar PNS sih hanya beberapa perusahaan swasta karena saat itu saya di Malang melamar kerja di Bali. Dan datang ke Bali karena mendapatkan beberapa panggilan interview.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sih mba, saya blm minat daftar PNS hehe. Ga tau kenapa

      Delete
  9. Lebih efisien memang melamar pekerjaan menggunakan email. Tapi masih saja ada yang berpikir sebaliknya, terutama orang2 dulu, yang menganggap gak afdol, lamar kerja gak ngirim surat. Balik lagi ke kebiasaan, seiring waktu, less paper memang pilihan terbaik.

    ReplyDelete
  10. kalau di Malaysia perlu jumpa one to one dalam bab pekerjaan ini..

    barulah maijkan lebih percaya

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah ngelamar via email dong, biasanya dulu pakai dikirim pos gitu, atau dianterin sendiri.

    Atau apply dari website pencari kerja gitu.

    Btw, baca ini bikin baper dong, kan pengen kerja di luar lagi hiks

    ReplyDelete
  12. Pengin sih cari kerja tapi nggak ada yang masuk persyaratannnya.. maklum cuma lulusan SMK

    ReplyDelete
  13. Kirim lamaran kerja lewat e-mail memang terkesan lebih profesional daripada sekedar lewat surat biasa. Karena hanya dengan lewat e-mail, sudah membuktikan bahwa pelamar minimal sudah mampu mengoperasikan komputer, mampu menggunakan ms office, mampu menggunakan e-mail dengan baik. Tapi selain menggunakan e-mail, sekarang para job seeker juga dimudahkan dengan adanya website yang mempertemukan perusahaan yang membutuhkan pekerja dan job seeker. Dulu aku mendapat kerja dengan menggunakan layanan website sejenis itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, apalagi sekarang makin banyak aplikasi gitu.
      Tapi email tetap yang terpakai sih, bahkan terlihat kita lebih profesional :)

      Delete
  14. Bahkan CPNS aja sekarang daftarnya sudah via online ya...

    ReplyDelete
  15. apalagi sekarang sudah bisa langganan iklan job-job di website pencari job, tinggal kirim cv, resume by email. Praktis

    ReplyDelete
  16. Hmmmm...udah laama sekali nggak melamar kerja (baca : pengangguran) hehehehe, tampaknya harusnya mulai melamar lagi, lewat email boleh lah yaa..
    siapa tau ada yang mau nerima :(

    ReplyDelete
  17. Iya... badan email tidak boleh kosong. Terus, bahasa Indonesia yang digunakan harus sesuai dengan PUEBI dan tidak ada singkatan seperti sy, tp, bs ... apalagi pakai bahasa gaul. Semua pegawai HRD paling benci kalau terima email yang menggunakan bahasa gaul. Nggak kebayang waktu kerja nanti kalau disuruh buat laporan harian atau mengetik surat untuk klien. Bisa berantakan!
    Kalau pakai bahasa Inggris, pastikan bahasannya benar. Saya pernah tahu email lamaran yang bahasa Inggrisnya kurang tepat (Misalnya: I graduate in 2013 ... , My education is high school ... , atau I experience in marketing ... ) yang malah membuat orang HRD tidak tertarik untuk membaca lebih lanjut.

    ReplyDelete
  18. Beberapa kali melamar kerja via email tapi belum ada yg nyantol.

    Pernah dapat kerja via temen atau istilahnya mungkin orang dalem. Pernah juga dapat kerja lewat situs/perusahaan pencari kerja.

    Btw, salam kenal arena publik. Keren2 tulisannya.

    ReplyDelete
9127155806442794821