Monday, March 2, 2020

Wacana Gesits Hingga Realisasi Motor Listrik Pertama Indonesia

Arenapublik.com - Perjalanan gesits sebagai motor listrik pertama yang ada di Indonesia tidak selalu mulus dalam perjalanan nya untuk mendapatkan pengakuan dari Pemerintah pusat. Terhitung sejak tahun 2015 awal mula projek tersebut dimulai dengan menggandeng salah satu Institusi terkemuka yang ada di Indonesia juga, yaitu ITS Surabaya. 

Gambar 1 Cover Wacana Gesits Hingga Realisasi Produksi 

Wacana GESITS

Garansindo Electric Scooter ITS atau yang biasa kita kenal sebagai GESITS adalah brand motor listrik pertama yang ada di Indonesia setelah Esemka, meskipun kini Esemka masih tidak jelas kabarnya dan masih simpang siur akan keberadaannya. Berbeda dari Esemka, perkembangan Gesits yang dimulai dari tahun 2015 dengan melakukan riset pertama hingga kemudian melakukan tour pertamanya, yaitu Tour De Java Bali yang dilangsungkan pada tahun 2016.

Tour tersebut dimulai pada bulan November 2016 tepatnya dan start di kota Jakarta hingga finish di Bali. Dari jarak yang ditempuh antara Jakarta dan Bali kita dapat menghitung sekitar 1200 Km kurang lebih dan tour tersebut diikuti oleh 5 motor Gesits sekaligus.

Tour De Java Gesits November 2016
Gambar 2 Tour De Java Bali GESITS 2016
(sumber: Autonetmagz.com)

Setelah perjalanan tersebut mencapai Bali dan disambut oleh Gubernur setempat pada tahun 2016, Pemerintah setempat khususnya Bali mulai mewacanakan bahwa seluruh PNS yang ada di Bali "Diwajibkan" menggunakan GESITS untuk oprasional sehari-hari untuk menunjang ranah bisnis Gesits kedepannya.

Wacana Gesits untuk mulai produksi massal ternyata dimulai dari tahun 2016 tersebut, hingga seiring berjalannya waktu menemui berbagai macam batu kerikil, karena dikhawatirkan GESITS hanya akan dijadikan tunggangan politik oleh sebagian pihak saja, terlebih Presiden Jokowi juga sempat melakukan test drive pada tahun 2018. Meskipun pada  awal start tour de java Presiden Jokowi tidak sempat untuk melakukan pembukaan.

Realisasi GESITS 

Tahun 2020 merupakan tahun yang membahagiakan bagi sebagian orang yang sudah melakukan pemesanan secara online, baik melalui situs bli bli ataupun situs resmi milik Gesits sendiri, karena sebagian customer khawatir akan tidak adanya kendaraan tersebut dilain sisi mereka sudah melakukan pemesanan unit Gesits. Pada video di bawah ini menampakkan truck yang berisikan unit kendaraan Gesits, tertulis dalam banner truck tersebut "First Delivery Order".

 
Video 1 First Delivery Order GESITS

Gesits dalam proses manufakturnya telah dibantu oleh beberapa perusahaan BUMN, salah satunya WIKA sebagai perusahaan assembly seluruh part atau komponen yang ada pada Gesits. Kini kendaraan listrik pertama Indonesia siap mengaspal di jalan raya per kotaan Surabaya untuk sementara ini, ada sekitar 100 unit pertama proses delivery order menurut sales Gesits yang mengadakan pameran di Mall Tunjungan Plaza Surabaya pada tanggal 1 Maret 2020 lalu. 

Untuk spesifikasi khusus yang ditawarkan oleh kendaraan listrik ini cukup menggoda, karena setara dengan motor konvensional yang ada di pasaran juga. sekitar 125 CC jika dilakukan konversinya, dapat kalian simak pada gambar 3 di bawah ini.
Gambar 3 Spesifikasi GESITS 
(sumber: gesits.co.id)

PT. Garansindo berani melakukan garansi unit kendaraan hingga 3 tahun, garansi tersebut mulai dari baterai pack, kontroller motor, hingga motor listrik sebagai mesin penggerak tersebut. Untuk harga resmi yang sudah beredar di pasaran, Gesits dapat kalian nikmati dengan harga 25 Juta saja, cukup mahal dan sangat worth it untuk mengembangkan brand lokal pertama kendaraan listrik.

Penutup 

Setelah menghadiri event yang diselenggarakan oleh PLN di mall Tunjungan Plaza Surabaya dan menanyakan langsung kepada sales Gesits, ternyata untuk komponen yang ter install di motor Gesits masih belum menggunakan produk lokal sendiri, mulai dari baterai pack hingga motor listrik dari Gesits tersebut.

Pada artikel kami sebelumnya bahwa kami telah menjelaskan kalau negara ini telah memiliki PT yang sudah memproduksi motor listrik, baterai pack, hingga kontroller kendaraan listrik. Mungkin suatu hari nanti setelah sukses di pasaran, Gesits bisa ber kolaborasi dengan perusahaan lokal seperti PT. Wiksa Daya Pratama dan PT. Braja Elektrik Motor sebagai perusahaan yang mensupply drive train dari Gesits.
 

Arenapublik.com adalah media informasi terkini yang memberikan berbagai macam pengetahuan untuk masyarakat Indonesia dan memberikan berbagai macam tutorial secara gratis.

13 comments:

  1. Ya ampun, jadi pengen ke Tunjungan Plaza buat liat langsung :D
    Keren juga nih si Gesit :D

    ReplyDelete
  2. singgah selasa :)

    http://nawzaniruz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Harganya juga ybersaing yah ternyata. Kirain agak dibawah dari produk terkenal.

    ReplyDelete
  4. Menarik sih ...Cuma menurut saya tetap akan jadi kontroversi nantinya....

    Motor yang ada saja sudah kaya kacang goreng...🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  5. Asal ga kayak esemka yg dulu, hebohnya kyk apa udh itu ngilang, semoga aja kali ini si gesit emng bener"gesit sesuai namanya, sayangnya msh ada bbrpa komponennya yg msh dri luar, coba kalo semua dr dalem negri, pasti oke bgt yaa

    ReplyDelete
  6. Tadinya udah senang akan ada motor listrik pertama buatan lokal yang akan segera beredar, tapi melihat harganya 25 juta, jadi mundur, belum cukup duitnya.😌

    ReplyDelete
  7. I don't know motorbikes, but this one looks cool :D.

    ReplyDelete
  8. Cocok nih buat saya yang paling cuma bisa ngebut di 60 -70 km aja
    ^-^

    Udah gasspol itu ya 70 km/h?

    ReplyDelete
  9. Semoga bisa beneran sukses terealisasi. Soalnya produk seperti ini yang perlu didukung karena lebih ramah lingkungan.
    Penampilannyapun tak kalah dengan produk berbahan bakar fossil fuel. Semoga harga bisa lebih terjangkau

    ReplyDelete
  10. Namanya indonesia abis ya mantaplah

    ReplyDelete
  11. Menarik sih, kalau misalnya terealisasi ada bagusnya untuk menekan produk motor dari luar negeri biar tidak berdampak pada macet yg semakin parah.

    ReplyDelete