BLANTERVIO103

Mengatasi CPU Usage 100% Pada Windows 7 64 Bit

Mengatasi CPU Usage 100% Pada Windows 7 64 Bit
Tuesday, May 26, 2020
Arenapublik.com - Mengatasi permasalahan CPU Usage 100% pada komputer windows 7 64 bit sangat mengganggu user pada saat digunakan untuk browsing ataupun menjalankan aplikasi lainnya secara bersamaan. Padahal jika kita lihat spesifikasi komputer yang kita punya mulai dari RAM nya saja, sangat tidak mungkin komputer kita mengalami lag atau perlambatan dalam proses kerja dikarenakan CPU Usage dari komputer yang kita gunakan sudah full. 

Mengatasi CPU Usage 100% Pada Windows 7 64 Bit
Gambar 1 Cover Mengatasi CPU Usage 100% Pada Windows

Tips sederhana ini akan kami berikan berdasarkan pengalaman pribadi yang kami rasakan setelah laptop yang sudah lama digunakan tiba tiba mengalami penurunan dalam performa atau proses, setelah dilakukan pengecekan ternyata CPU Usage mencapai 100% dan pemakaian RAM nya hanya sekitar 20-40% saja dari total kapasitas 4Gb. 

Dan cara yang kami anjurkan juga sudah kami lakukan terlebih dahulu pada laptop yang kami gunakan berdasarkan berbagai rekomendasi yang terdapat di internet juga, tetapi ada beberapa tips yang menjadi unggulan kami, sehingga kami ingin membagikan tips berikut.


Mengatasi CPU Usage 100% Pada Windows

Kalian bisa mencoba tips yang kami berikan di windows versi lain, tidak harus windows 7 64 bit saja. Kalian juga bisa mencoba untuk windows versi lain.
  • Lakukan scan virus terlebih dahulu pada komputer yang kalian miliki, jika terdeteksi adanya malware segera dinonaktifkan atau jika memungkinkan segera dihapus.
  • Setelah melakukan scan dengan anti virus dan tidak terjadi ke anehan apa apa, coba lakukan clean cache and cookies pada web browser kalian. Takutnya cache pada browser bisa menjadi penyebab dari full nya CPU Usage.
  • Setelah selesai proses 1 dan 2, silahkan kalian restart ulang komputer kalian untuk melihat kembali performa nya.
  • Lakukan install ulang windows jika tidak terjadi perubahan pada komputer setelah dilakukan restart ulang.
  • Setelah melakukan install ulang, jangan lupa untuk mematikan auto update windows untuk menekan proses kerja dari komputer yang kita miliki.
  • Jika cara di atas yang kami sebutkan masih belum bisa teratasi, coba cabut baterai komputer atau laptop yang kalian miliki dan restart ulang kembali.
Gambar 2 CPU Usage Berhasil Diatasi

Tips di atas merupakan beberapa faktor yang menyebabkan CPU Usage pada windows menjadi full, sehingga menghambat aktifitas kita dalam penggunaan komputer atau laptop. Cara terakhir kami tambahkan rekomendasi untuk mencabut baterai laptop adalah, dikarenakan baterai yang digunakan sudah tidak bisa menunjang aktifitas balanced, sehingga saat kita menggunakan laptop untuk aktifitas browsing dan lain-lain, CPU Usage akan terbaca 100% atau full.

Penutup

Sekian tips yang dapat kami berikan mengenai mengatasi CPU Usage 100% pada windows 7 64 bit, semoga tips sederhana yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Jangan lupa, jangan khawatir terlebih dahulu terhadap kondisi laptop saat CPU Usage 100%. Usahakan melakukan install ulang dilakukan sebagai opsi terakhir, agar kalian tidak perlu repot-repot untuk melakukan back up data. 
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 14 comments:

  1. Ilmu yang sangat berguna.
    Terimakasih sudah ditambahi ilmunya di artikel ini.

    ReplyDelete
  2. Serem aku mu install ulang laptop, terakhir install ulang itu tahun 2018 yang dimana menyebabkan seluruh data, foto hilang.. Sedih banget, foto lama data lama hilang semua.. Mana gak bisa dikembaliin lagi.

    ReplyDelete
  3. Makasih banget tips nya Mas, saya benar-benar blank soal yang satu ini.

    ReplyDelete
  4. Gan, mau tanya: Laptop tua ane yang elitebook win 7 prosesor core i5 vPro, generasi ke 4 SSD (bukan HDD) - 3 tahun gak pernah di pakai pass di buka banyak banget yang gak bisa di install. Tapi masih sangat cepat lho sama cepatnya dengan macbook yang sekarang.

    Pass ane pasang antivirus avast, jadi lelet minta ampun. Pas ane buka antivirus jadi cepat lagi. Ini nih bedanya windows sama MacOS yang ane kira cukup penting: keringkasan penggunaan.

    Gimana ya cara ngatasin supaya update tanpa antivirus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya sama mas, avast bikin lemot hehe. jadinya install smadav aja deh yang enteng.. kalau di browser sudah ada pengaman sendiri sekarang.

      Delete
  5. Tidak punya laptop atau komputer jadinya cuma nyimak saja kang.

    Tapi memang jika sudah di restart harusnya komputer jadi lancar ya. Tapi kalo cabut baterai baru tahu.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe cabut baterai supaya powered nya stabil mas.

      Delete
  6. wah makasih mas tipsnya, bermanfaat sekali ini lho :D

    ReplyDelete
  7. Opsi terakhir ya kak untuk instal ulangnya? Hem laptop saya belum pernah diinstal ulang. Duh entahlah ini kenapa lemot-lemot gitu, apakah ada tanda-tanda sakit hemm :')

    ReplyDelete
  8. Meski sudah usang masih banyak yang setia dengan windows 7 ....Terlebih para blogger... Mungkin kalau menurut saya yaa mending instal ulang.😊😊

    Kalau hapus chace atau scan Virus suka nggak mempan terkadang yaa..Karena banyak juga anti virus abal2..🤣🤣🤣

    Tapi penjelasan diatas lengkap buat yang lagi galau untuk penikmat windows 7.😊😊

    Thanks mas atas tutorialnya..😊😊

    ReplyDelete
  9. Kalau instal ulang sudah tidak berani
    Karena sudah tidak punya CD programnya lagi
    Paling ya hanya scan antivirus

    ReplyDelete
  10. aku kalo CPU bermasalah, langsung kirim ke tukang service.. gak ngerti soalnya.. hehe..

    ReplyDelete
  11. Ilmu yang sangat bermanfaat bagi mereka juga saya yang suka buka program lebih dari satu hehe happy blogging sob

    ReplyDelete
9127155806442794821