BLANTERVIO103

Cara Mudah Cek Skor CV Secara Online

Cara Mudah Cek Skor CV Secara Online
Tuesday, September 29, 2020

Cek Skor CV Secara Online

Arenapublik.com - Mengetahui skor CV terdengar sangat menyenangkan jika kita berhasil mendapatkan hasil yang memuaskan, karena kebanyakan dari perusahaan besar pasti akan melakukan filter dari kualitas CV pelamar. Pada dasarnya, untuk mendapatkan skor bagus dari aplikasi pemindai CV online ini, semakin CV anda terlihat sangat sederhana atau tidak menarik, maka sistem pemindai online untuk skoring akan mudah mendeteksi kualitas dari CV yang kalian buat. 

Sebagai pendahuluan, saat ada perusahaan besar contohnya Pertamina atau perusahaan swasta lainnya. Lalu mereka membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi slot kosong, tetapi kuota yang diterima hanya 1 sampai 2 orang saja. Dalam benak kalian, pelamar untuk posisi tersebut pasti banyak, dan itu memang kenyataan nya. Secara manusiawi, aplikasi dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Jadi, secara tidak langsung dari ribuan lamaran kerja yang masuk, semua akan masuk dalam proses filter skoring CV. Oleh karena itu, kami ingin memberikan sedikit edukasi khususnya bagi para pelamar kerja yang saat ini sedang berjuang.

Perlu diingat, format file yang diterima untuk bisa masuk cek skor CV ini harus ber ekstensi PDF atau DOC. Sebelum kalian mengirim lamaran kerja ke satu perusahaan yang dituju, pastikan dulu format file dan usahakan sudah melakukan pengecekan skor CV untuk menambah rasa percaya diri kalian.

Cara Cek Skor CV

Agar mudah untuk dipahami, silahkan kalian lihat dahulu cara membuat resume lamaran kerja pada artikel kami sebelumnya, supaya kalian bisa mengerti apa saja poin poin yang diperlukan dalam pembuatan CV. Sehingga pada saat masuk proses cek skor CV, kalian tidak terlalu banyak melakukan revisi. 

  • Jika kalian sudah menyiapkan CV original buatan kalian sendiri, silahkan save dan pastikan format PDF atau DOC. 
  • Kunjungi website resumeworded.com untuk cek skor CV secara online yang bisa kita gunakan secara gratis. 
Sebagai informasi: Cek skor CV ini dalam dunia HR dikenal dengan sebutan ATS atau Applicant Tracking System, yang berfungsi untuk mengetahui kualitas CV pelamar.

  • Silahkan untuk login terlebih dahulu, kalian bisa menggunakan akun facebook atau akun gmail untuk bisa mengakses website tersebut. 
  • Setelah berhasil login, kalian akan dihadapkan halaman depan dari resumeworded. Silahkan pilih menu "overall resume score" untuk memulai cek skor CV kalian. 
Cek Skor CV Secara Online
  • Jika kalian sudah memilih menu tersebut, selanjutnya kalian diminta untuk upload dokumen CV untuk memulai proses skoring.
  • Tunggu proses skoring CV hingga selesai, maka beberapa menit kemudian kalian akan menerima laporan hasil CV yang diterima.

Pada pembuatan artikel ini, kami juga ingin mencoba untuk mengetahui berapa skor dari CV dari salah satu penulis di arenapublik ini. Sebelumnya CV yang digunakan untuk cek skor ini sudah digunakan untuk melamar kerja melalui aplikasi jobstreet dan jobsdb. Mungkin artikel selanjutnya kami akan membahas aplikasi lowongan kerja yang bagus untuk dicoba.

Setelah kami pastikan format file sudah benar dengan ekstensi PDF, maka kami memberanikan diri untuk upload CV, agar hasil dari proses tersebut bisa diketahui dengan cepat. Hasil yang didapatkan juga tidak terlalu buruk, karena dari skor 1-100, skor CV yang diperoleh mencapai angka 66. Mungkin ini sudah cukup baik untuk orang yang baru pertama kali membuat CV dan masih sangat baru mengetahui sistem Applicant Tracking System ini.

cek skor cv online

Dari hasil yang didapatkan, terdapat 4 kategori penting dari skoring CV online yang digunakan, yaitu terdiri dari impact, brevity, style, dan skills. Pada kesempatan ini juga kami akan menjelaskan apa saja poin penting dari 4 kategori penilaian tersebut, karena jika poin 4 kategori tersebut bagus. Tidak heran jika skor CV kalian juga akan mendapatkan nilai yang tinggi.

  • Impact: Pada kolom ini, dijelaskan bahwa penilaian yang paling mendasar untuk mendapatkan skor impact besar adalah tidak adanya pengulangan kata secara berlebihan. Jadi, meskipun membuat CV, usahakan parafrase atau kosakata kalian diperbanyak, supaya hasil yang didapat juga maksimal.
  • Brevity: Selanjutnya pada kolom ini kalian diminta untuk menggunakan point jika ingin menjelaskan perihal sesuatu, seperti job experience. Nah, kalian bisa gunakan bullet point agar seluruh pengalaman kerja bisa dibaca oleh sistem skoring CV online tersebut.
  • Style: Pada kolom selanjutnya ini, lebih mengarah tata cara penulisan atau kata utama yang digunakan untuk deskripsi point by point. Contohnya, alamat email, penulisan job experience, dan lain sebagainya. 
  • Skills: Terakhir adalah poin skill, pada kolom ini kalian diminta untuk menulis skill apa yang kalian miliki lalu dijelaskan dengan deksripsi singkat apa itu skill yang dimiliki. Jika tidak menjelaskan poin per poin skill yang kita tulis, maka hasilnya akan sama seperti CV contoh di atas. 

Pada kesempatan pertama tersebut, hasil yang kami dapatkan diangka 66, memang tidak terlalu bagus. Karena standar skor untuk CV setidaknya memiliki skor 80. Berarti kami harus mengejar setidaknya 14 poin lagi untuk mendapatkan skor 80. 

Saran yang bisa kami berikan dari tulisan ini adalah, jangan terlalu bagus membuat CV. Buatlah CV dengan sederhana meskipun itu kosongan tanpa ada seni sama sekali. Berbeda jika kalian berasal dari latar belakang pendidikan seni, desain, dan sejenisnya. CV dan portofolio kalian harus terlihat unik dan menarik agar kualitas kalian bisa langsung dinilai dari CV yang dibuat.

Sebagai tambahan, gunakan bahasa inggris dalam membuat CV. Karena ini sangat membantu sistem untuk membaca kualitas dari CV yang sudah dikirimkan. Usahakan membuat dengan ejaan dan kosa kata baik, karena sistem skoring online ini tidak mengenal toleransi. Jika struktur penulisan bahasa inggris banyak salah, maka akan berpengaruh juga pada skor CV kita nanti. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan share artikel ini agar kami bisa terus berkembang. Terimakasih.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 comments:

  1. Wah berat kalo harus pakai bahasa Inggris agar skor CV nya bagus, karena saya tidak pintar bahasa Inggris. Tapi baru tahu kalo ada aplikasi untuk membuat skor CV, jadi dari ratusan lamaran bisa dipindai mana yang terbaik ya

    ReplyDelete
9127155806442794821