BLANTERVIO103

Format Menulis Resume Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD

Format Menulis Resume Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD
Tuesday, March 24, 2020
Arenapublik.com - Membuat resume lamaran kerja bagi sebagian orang merupakan suatu kewajiban untuk memulai karir baru, baik itu seorang freshgraduate ataupun seorang pengalaman sekalipun. Untuk bisa masuk ke dalam suatu perusahaan kita diharuskan untuk melampirkan resume terlebih dahulu kepada pihak perusahaan, tepatnya kepada HRD. Terkadang kita bisa lengah karena ada suatu hal yang kurang menarik dalam membuat resumenya, pada artikel ini kami ingin membahas bagaimana format menulis resume lamaran kerja berdasarkan pengalaman pribadi.

Kunci utama untuk membuat suatu resume lamaran kerja adalah terstruktur, karena HRD juga akan merasa nyaman saat membaca resume yang kita kirimkan nanti. Dan yang menjadi faktor utama untuk bisa dilirik oleh HRD adalah kapasitas file yang rendah sekitar 2 MB untuk file resume yang kita kirimkan melalui e-mail perusahaan atau HRD tersebut.

Dengan berbagai macam faktor tersebut, kita tidak bisa asal membuat suatu resume. Bisa dikatakan resume merupakan pintu gerbang untuk memasuki perusahaan dan resume juga merupakan tolak ukur atau representatif dari diri kita, jadi HRD yang baik juga bisa melihat dari resume yang kita kirimkan.

Format Menulis Resume

Perlu diingat kembali, saat membicarakan format menulis resume. Seperti yang sudah kami tuliskan di atas bahwa struktur penulisan sangat berlaku, isilah resume yang sekiranya diperlukan untuk menunjang atau yang bisa menjadi pembeda diri kita sendiri dengan pelamar lainnya.

Pada sub bab ini, kami akan berusaha menjelaskan secara rinci versi arenapublik.com karena ini merupakan pengalaman pribadi salah satu penulis yang kebetulan mendapatkan panggilan lumayan banyak dari perusahaan, jadi kita bisa memilih perusahaan yang terdekat, bonafit, dan sesuai dengan bidang minat kita. Tentunya harus bertanggung jawab atas pilihan yang telah ditentukan.

Format Menulis Resume
  • Cover letter: sebagai pembuka dalam menulis suatu resume lamaran kerja, kita harus membuat suatu cover letter yang menceritakan tentang kepantasan diri anda untuk lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan tersebut, bisa juga sebagai kalimat pembuka yang menyatakan tentang lampiran file apa saja. Cover letter sangat dibutuhkan sebagai "salam" dalam pembuatan resume tersebut.
  • Membuat CV: hal penting yang perlu diperhatikan adalah membuat curriculum vitae atau CV. Informasi yang diberikan dalam membuat CV umum seperti apa adanya yang ada di Internet, kami menganggap bahwa selera dalam membuat CV tidak perlu diatur, karena dalam pembuatan CV merupakan ekspresi dari pelamar kerja. Dalam membuat CV, kalian bisa menggunakan software apa saja, bisa photoshop, corel draw, adobe ilustrator, bahkan microsoft office. Jelaskan informasi mengenai diri anda, riwayat pendidikan, prestasi, keahlian, dll.
  • Lampiran file pendukung: file yang dapat kalian lampirkan dalam bagian ini bisa berupa KTP atau identitas lainnya yang mendukung bahwa kalian adalah warga negara Indonesia, bisa juga file rekomendasi dari kecamatan setempat berupa surat keterangan sebagai pencari kerja, dan lain sebagainya. 
  • Lampiran ijazah terakhir: point ke 4 ini juga sangat penting, saat menulis CV kalian pasti menulis riwayat pendidikan. Nah dalam riwayat pendidikan tersebut kalian perlu melampirkan ijazah terakhir saja, jangan ijazah dari SD, SMP, SMA, Sarjana. Jika kalian lulusan sarjana, cukup lampirkan ijazah sarjana kalian saja yang menerangkan alumni dari salah satu universitas.
  • Sertifikat pendukung: terakhir adalah sertifikat pendukung, sudah jelas ini akan sangat menunjang kesempatan kalian untuk bisa dilirik oleh seorang HRD perusahaan. Jika kalian mempunyai sertifikat keahlian, pengalaman kerja, dll. Silahkan kalian lampirkan dalam resume yang dibuat, karena itu menjadi nilai plus bagi kalian. Terlebih perusahaan yang kalian daftar memang membutuhkan sertifikat penunjang tersebut.

Baca Juga: Menemukan Pekerjaan Impian yang Wajib Diketahui

Contoh Resume Lamaran Kerja

Sebagai seorang fresh graduate, tentunya kita akan membuat resume lamaran kerja fresh graduate. Dengan mengikuti anjuran yang telah diberikan di atas, hal pertama yang ingin segera dibuat adalah CV pastinya, karena akan menyita waktu yang lumayan panjang. Dalam contoh resume lamaran kerja fresh graduate ini, akan terlampir identitas resmi dari salah satu penulis blog ini dan lampiran resume tersebut hanya inti dari contoh resume yang dibuat.

Bila kita lihat dalam CV yang dibuat, untuk desain terlihat tidak terlalu kreatif seperti yang kita lihat dalam halaman google lainnya. Hal ini sama yang seperti kami jelaskan sebelumnya, bahwa dalam membuat CV adalah ekspresi dari seseorang tersebut. Seorang HRD mungkin bisa melihat dari tampilan yang sederhana, dan tergantung pada posisi apa yang ingin kita lamar pekerjaan nya. 
Pembuatan CV dengan menggunakan bahasa inggris atau bahasa indonesia juga tergantung selera masing-masing. Semua punya nilai plus dan minusnya, cukup percaya diri saja dan yakin rejeki tidak akan tertukar.

RESUME BY REQUEST YA TEMAN-TEMAN

Dari contoh resume di atas kalian dapat mengambil sisi positif nya saja, karena ada sebagian file yang tidak kami tampilkan secara sengaja. Hanya ingin menunjukkan sebagian besar isi dari resume adalah seperti file pdf di atas.

Penutup

Bekerja merupakan suatu usaha dalam melangsungkan kehidupan, dengan bekerja juga kita bisa membantu orang-orang sekitar yang membutuhkan bantuan kita. Temukan pengalaman dan perjalanan hidup kalian dengan bekerja di suatu perusahaan tertentu, hilangkan idealisme dan ego untuk sementara agar dapat membaur terhadap sesama pekerja.

Selebihnya, jika kalian ingin membangun usaha sendiri. Setidaknya kalian sudah bisa mengetahui bagaimana cara menghadapi orang-orang dalam dunia kerja, semangat mencari rejeki yang halal.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Ini kayaknya sangat bermanfaat khususnya buat adik2 kita fresh graduate ya kan,

klo aku berhubung dulunya bekerja di bidang yang ngopeni ngeliput profesional di beberapa macam perusahaan jd sedikit banyak dapat kiriman contoh2 cv mereka (buat tambahan ket pas aku tulis di media massa tempat kerjaku dulu), jd lumayan punya contoh2 cv dari jenjang karir level atas sampai bawah

Balas

wahh enak banget mba, bisa dapet contoh cv banyak hehe

Balas

Wahhh kalau gini bisa jadi referensi nih buat bikin resume untuk lamaran kerja, jadi tidak buat sembarangan. Ternyata ada poin poin pentingnya juga ya

Balas

Dulu saya membuatnya sangat sederhana sekali dengan aplikasi ms word. Kayak mirip bua surat biasanya.
saya lihat contonya kok jauh beda dengan yang saya buat.
Pantas jika tak ada yang mau menerima saya :D

Balas

ini menurut pengaalaman pribadi saya aja mas hehe

Balas

hehe saya buatnya pakai ms word juga kok om.. software seadanya aja

Balas

Info yang sangat bermanfaat. sayang saya ga pernah buat karena ga pernah lamar kerja karena cuma lulusan SD

Balas

cuma kebetulan saja mas hehe

Balas

yang penting kita bisa buka usaha sendiri dan bermanfaat utk org banyak mas hehe

Balas

menunjukkan kreatifitas formatnya, siapa tahu menjadi nilai tambah hingga akhirnya diterima kerja.

Balas

Wah terima kasih informasinya.. Sangat membantu teman-teman yang lagi cari kerja, mereka bisa mengikuti tata cara pembuatan CV di sini.. Tapi intinya harus kreatif ya..

Balas

hello my friend. just visit you. have a nice day

Balas

Info menarik 👍.
Panduan bikin CV keren buat fresh graduate.
Ngga kayak pengalamanku bikin CV tampilannya cuma ala kadarnya 🤭,tapi untungnya beberapakali bikin CV minimalis begitu, diterima kerja 😄

Balas

wuah terima kasih infonya
lengkap dengan infografisnya

Balas

Setelah ku simak emang benar sih begitu cara yang tepat. Tapi kalau pilih di lirik yaaa saya harap HRD-nya cewek gitu lho...

Balas

Terima kasih share. Boleh recommend pada yang memerlukan nanti

Balas

bermanfaat…
semoga dibaca oleh yang sedang nyari nyari kerja

Balas

CV lamaran kerja sekarang memang dituntut untuk kreatif ya biar yang membaca jadi tertarik, ini bisa jadi rujukan buat cv secara online

Balas

wah makasih mas infonya, kebetulalan gw juga lagi nyari kerjaan, moga aja ketrima setelah baca di arenapublik :D

Balas

Noted nih.. Bisa diaplikasikan kl mau daftar kerja

Balas

Kalau saya biasanya data pribadi aja, kalau untuk fortopolio itu dimasukkan semuanya atau yang berkaitan dengan job yang dilamar aja gak ya?

Balas

Harusnya sih disesuaikan dengan yang ingin dilamar, masa daftar programmer tapi portofolionya DKV kan nda masuk

Balas

holla.
great day and nice post my friend
Stay safe!

Balas

Mantap contohnya. Btw kok ada image ijazah orang mas? gpp tuh?

Balas

ternyata emang ada teknik nya ya nulis resume juga biar keterima.. makasi ka informasinya ya

Balas

Terima kasih buat info dan tipsnya, bermanfaat banget nih.

Balas

Sangat bermanfaat buat anak saya kelak...

Balas

Ada banyak cara buat naklukin hati hrd, salah satunya dengan membuat resume sebaik mungkin...hehe

Balas

jujur saya udah 8 tahun gak bikin resume lamaran kerja,
di 8 tahun ini pasti dijamin lebih keren yang sekarang

Balas

Waaaah, pasti bermanfaat banget nih buat yang lagi nyari pekerjaan baru

Balas

pengen pindah kerja... tapi kondisi lagi kaya gini, Ikut pns setelah 3 kali akhirnya lolos juga SKD juga ehh malah tahap selanjutnya diundur smpai batas waktu yang nggak ditentukan.. :(

Balas

Aku ngga berani melamar ke perusahaan karena hanya punya ijazah SD saja kang, pernah sih SMP tapi ngga lulus jadinya ngga ada ijazahnya.

Tapi Alhamdulillah masih bisa dapat pekerjaan biarpun cuma ijazah SD yaitu kuli...😊

Balas

wah.. bermanfaat banget ini. jadi ingat masa2 hunting job duluu.. membuat cv di desain sedemikian rupa, biar menariq..

Balas

nice info kak... semoga yg blm dapat kerja segera mendapatkan kerja ya

Balas

Sekarang pembuatan CV semakin kreatif ya, dulu waktu saya belajar melamar kerja masih pakai word. Itu pun templatenya sederhana hanya kolom-kolom, hehehe.

Balas

bermanfaat banget nih buat para job hunter

Balas

Świetny poradnik przyda się zwłaszcza teraz :)

Balas

Wah, jadi teringat zaman aku dulu bikin CV nih. Iya, setuju, membuat surat lamaran pekerjaan dan CV kudu bagus, terstruktur, jadi rapi enak bacanya ya. Thanks infonya sangat bermanfaat bagi yg membutuhkan :D

Balas

Membuat lamaran kerja, hal yang tidak diajarkan di bangku kuliah. Jadi pas sudah lulus dan ingin melamar pekerjaan, bingun bagaimana menulisnya. Akhir ke toko buku, mencari buku yang mengajarkan hal tersebut.

Itu kurang lebih pengalaman saya di akhir tahun 80-an saat baru lulus kuliah, Mas. Mungkin saja pengalaman saya itu terjadi juga pada yang lain.

Memang tidak ada format yang standar, tapi tetap harus memperhatikan informasi yang terstruktur dan bahasa yang baik.

Salam dari Sukabumi,

Balas

kayaknya punyaku perlu direfresh lagi CV nya, CV yang menarik biasanya pertama kali menarik "mata" si HRD, selanjutnya isi data juga tidak berbelit-belit, singkat. Noted

Balas

Jadinya keren begitu ya, dulu saya diketik biasa, hehe...

Balas

Hehehe zamanku dulu lamaran kerja ditulis pakai kertas folio garis dan harus tulis tangan pakai huruf latin. Lebih praktis sekarang ya. Teknologi dan perubahan zaman membuat semuanya makin simpel.

Balas

Salfok ke tahun2 yang tertulis, sepertinya kita satu generasi. Cuma aku lanjut kuliah lagi jd baru lulus awal tahun ini 😂😂😂
Hmmm aku ngerasa udah banyak ngikutin tips2 kaya gini (bikin resume yang bagus) entah udah berapa kali bikin. Tapi dari puluhan email lamaran kerjaan yg aku kirim sejak feb kemarin, belum ada satu pun yang manggil. Panggilan tetep ada, tapi bukan lamaran yg aku masukin lewat email. Kadang aku menghibur diri karena kondisi lagi pandemi gini. Entahlah semoga aku tetep semangat.

Balas
9127155806442794821