BLANTERVIO103

Tips Mengikuti Kerja Praktek Bagi Mahasiswa Akhir

Tips Mengikuti Kerja Praktek Bagi Mahasiswa Akhir
Monday, September 14, 2020

Tips Kerja Praktek

Sebagai mahasiswa tingkat akhir dalam program studi sarjana, pasti tidak asing lagi dengan mata kuliah wajib kerja praktek. Dimana mata kuliah tersebut mengharuskan mahasiswa untuk mencari pengalaman kerja selama satu sampai 3 bulan lamanya di perusahaan yang mereka minati. Program kerja praktek ini juga sebagai ajang bagi mereka untuk mengetahui secara umum gambaran dunia kerja yang sesuai dengan passion mereka itu akan seperti apa nantinya, agar mereka bisa survive pada saat memulai pekerjaan. 

Membuka wawasan kehidupan kampus itu perlu dilakukan, seperti apa yang dilakukan oleh kampoespedia dalam mengudakasi pembaca dalam kehidupan kuliah. Jadi kami juga ingin memberikan sebagian tips mengenai cara memanfaatkan momen kerja praktek agar kalian bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Cara Mengikuti Kerja Praktek

Untuk melakukan kerja praktek, seorang mahasiswa diwajibkan untuk membuat proposal pengajuan ke perusahaan dengan lampiran yang menyatakan bahwa mahasiswa tersebut berasal dari kampus tertentu. Sehingga perusahaan yang kalian tuju bisa mempercayakan kalau kalian sedang ada tugas dari kampus untuk melangsungkan kerja praktek atau magang dengan waktu tertentu. 

Biasanya, ada perusahaan yang tidak menerima mahasiswa kerja praktek dengan alasan tertentu, tetapi ada juga perusahaan yang sangat membutuhkan tenaga mahasiswa kerja praktek. Karena mereka bekerja seperti orang kantor pada umumnya tetapi mereka tidak mendapatkan bayaran dari perusahaan tersebut. Jika beruntung, kita bisa mendapatkan upah meskipun itu tidak banyak. 

Tetapi, ada poin plus juga dari kita mengikuti kerja praktek tersebut. Jika kita berhasil melangsungkan kerja praktek di salah satu perusahaan yang memang kita inginkan, bisa jadi itu merupakan batu loncatan bagi kalian untuk bisa bekerja sebagai karyawan tetap di sana. Karena ada juga perusahaan yang tidak ingin mencari karyawan nya lagi dengan susah, cukup melihat performa dari mahasiswa kerja praktek maka kalian setelah lulus kuliah bisa langsung bekerja di sana. Banyak contoh dari kasus ini dan memang itu merupakan rejeki yang tidak ternilai bagi mahasiswa. Karena tidak perlu susah payah lagi dalam melamar pekerjaan setelah lulus kuliah, melainkan sudah ada perusahaan yang menunggunya saat lulus kuliah.

Tips Mengikuti Kerja Praktek

Cara mengikuti kerja praktek sangat mudah. Beberapa langkah yang bisa kalian ikuti agar kalian mempunyai nilai plus dengan perusahaan tersebut adalah. 

  1. Ikuti aturan tata tertib perusahaan dengan baik, jangan suka bolos masuk kerja. Tunjukkan semangat kalian untuk bekerja agar bisa dilirik oleh pembimbing kalian di perusahaan tersebut. Kalau kalian memiliki etos kerja yang sangat baik. 
  2. Mengerjakan tugas yang diberikan semasa kerja praktek dengan baik dan benar. Memberikan hasil pekerjaan dengan baik bisa menjadi nilai plus dan bisa jadi perusahaan tersebut cocok dengan pekerjaan yang kalian kerjakan.
  3. Meminta nomor kontak pembimbing kalian dan bersosialisasi dengan karyawan di sana. Jangan takut dan cukup show off kalau kalian memang layak nantinya bekerja di sana. 
  4. Pada saat presentasi penutup yang menandakan telah selesainya program kerja praktek kalian di perusahaan tersebut. Jangan lupa utarakan ketertarikan kalian untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut, itu bisa menjadi poin plus yang bisa kalian dapatkan. 
Ke empat tips di atas merupakan cara agar kalian sebagai mahasiswa akhir tidak terlau bingung dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, melainkan perusahaan tersebut yang mencari kalian setelah lulus kuliah. Jadi, tidak ada salah nya untuk dicoba karena seluruh tips yang kami berikan tidak ada yang merugikan bagi kalian maupun perusahaan. 

Sebagai catatan penting yang harus kalian ketahui adalah, tidak semua perusahaan mau menerima eks mahasiswa magang atau kerja praktek di perusahaan nya meskipun kalian memiliki performa yang baik. Meskipun kalian tidak bisa bekerja di perusahaan impian kalian tempat di mana melangsungkan kerja praktek, bukan berarti kalian tidak baik. Bisa jadi rejeki yang kalian terima akan lebih baik dibandingkan tempat kerja praktek kalian sebelumnya.

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai tips kerja praktek bagi mahasiswa, semoga artikel yang kami berikan dapat menginspirasi khususnya para mahasiswa tingkat akhir yang sedang atau akan melangsungkan kerja praktek. Tetap semangat dan jaga kesehatan, terimakasih.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 comments:

  1. Such an awesome and useful tips!
    Para mahasiswa tua wajib baca nihh

    ReplyDelete
9127155806442794821