BLANTERVIO103

Cara Membuat Multiple SKU Produk Dalam Woocommerce

Cara Membuat Multiple SKU Produk Dalam Woocommerce
Wednesday, September 9, 2020

Membuat Multiple SKU Produk di Woocommerce

Arenapublik.com - Woocommerce adalah salah satu plugin platform wordpress yang dibuat oleh WooTheme untuk membantu membangun situs jual beli online. Pembuatan situs jual beli online untuk saat ini memang menjadi trending, dikarenakan banyak masyarakat Indonesia yang mulai melek investasi dalam dunia digital. Harus diakui penghasilan dalam dunia digital bisa sangat besar sekali jika situs kita telah memiliki rating baik dalam mesin pencarian seperti google. 

Menurut pengalaman pribadi kami sendiri, belanja online bisa dua kali lipat lebih murah jika kita beli langsung di on the spot atau toko offline. Keunggulan toko online yang menyebabkan harga nya bisa lebih murah dibandingkan dengan toko offline adalah terletak pada pajak yang harus dibayarkan, listrik toko, hingga membayar pegawai langsung. Sedangkan toko online kita tidak perlu memiliki tempat, cukup publish produk yang ingin kita jual pada website toko online yang sudah kita build dengan plugin woocommerce.

Sedangkan untuk setting plugin tersebut sangat mudah, kalian cukup mengisi form yang telah disediakan untuk update produk yang ingin dijual. Tetapi sebelumnya, kalian harus melakukan install plugin tersebut. Dalam urusan install plugin tersebut kami anggap kalian sudah memahami bagaimana caranya, karena kita ingin fokus dengan membuat multiple SKU produk dengan woocommerce.


Setting Multiple SKU Woocommerce

Sebagai salah satu contoh, SKU adalah kode unik yang dimiliki dalam satu toko online. Kode tersebut digunakan untuk memudahkan kalian dalam melakukan pencarian produk yang ingin kalian beli, contohnya kami akan sertakan dalam bentuk tabel di bawah ini.

SKU

Nama Produk

Size

Harga

12D

Baju Bola

L

Rp. 50.000,-

23D

Celana

32

Rp. 100.000,-

34D

Jaket Parasut

XXL

Rp. 120.000,-

45D

Topi

-

Rp. 35.000,-


Selanjutnya adalah kita ingin melakukan update produk dalam toko online yang kita miliki, untuk caranya kalian bisa ikuti step by step di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Gmail Tanpa Nomor HP
  • Login wordpress kalian masing-masing lalu masuk kee menu woocommerce, terdapat tulisan produk data lalu pada sub menu variabel produk, lalu ada menu atribut.
  • Pada menu atribut berikut ini, kalian bisa memilih pada sub menu yaitu "custom product attribute" lalu isi form yang disedikan sesuai kebutuhan kalian masing-masing. Seperti tabel di atas, kolom value pada custom produk bisa kalian isi dengan size, harga, dan lain lain. Sebagai contoh kalian bisa memasukkan size seperti S, M, L, XL, XXL, dan seterusnya. Dan jangan lupa check list used for variation ya. Atau untuk lebih lengkapnya bisa melihat gambar di bawah ini.
Membuat Multiple SKU Produk Dalam Woocommerce
  • Jangan lupa untuk klik save attribut jika kalian telah selesai mengisi form pada menu attributes.
  • Setelah itu, klik menu variations dan isi form yang terdapat pada menu tersebut pilih sub menu "create variation from all attributes" lalu klik go. 
  • Selanjutnya kalian akan dihadapkan pada satu form yang dapat kalian isi sesuai kebutuhan kalian masing-masing. Seperti yang sudah kita isi sebelumnya pada menu attribute dengan ukuran M, L, XL, XXL. Maka pada sub menu default form value juga berisi ukuran yang telah kita tuliskan sebelumnya. Hal ini disebabkan pada menu variation, kita telah memilih menu create variation from all attributes. Sehingga atas perintah tersebut, memanggil value dari apa yang kita isi. Jika kita mengisi dengan variasi harga, maka default variasi yang keluar berdasarkan harga. Untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini.
Membuat multiple SKU woocommerce

  • Silahkan ikuti isian form di atas sesuai yang sudah kami arahkan ya teman-teman. Lalu langkah selanjutnya adalah klik save. 
Lihat hasil atau perubahan yang sudah kalian lakukan, maka dalam satu produk bisa menampilkan beberapa SKU yang ada. Karena kita telah melakukan deklarasi produk berdasarkan ukuran saja, dari ukuran M hingga XXL. Jika masih menemui beberapa kendala mengenai cara membuat multi SKU dalam satu produk di woocommerce, kalian bisa meninggalkan jejak di komentar.

Semoga berhasil dalam menerapkan tutorial sederhana yang telah kami berikan, jika terdapat keterangan yang kurang jelas kami sebagai tim mohon maaf. Karena kami memiliki niat baik untuk selalu mengudakasi pembaca setia dari arenapublik. Terimakasih
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821