BLANTERVIO103

Cara Mudah Mengatasi AC yang Sering Mati Sendiri

Cara Mudah Mengatasi AC yang Sering Mati Sendiri
Monday, October 26, 2020

Mengatasi AC mati Sendiri


Arenapublik.com -  AC atau air conditioner adalah suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi sebagai penstabil suhu ruangan. Dalam perkembangan AC sekarang, sudah muncul teknologi AC yang memiliki inverter, di mana fungsi dari inverter tersebut menjaga arus selama pengoperasian agar AC yang sedang berjalan bisa lebih optimal dan tidak terkesan boros listrik. 


Tapi, dalam satu kondisi kita sering sekali menjumpai kasus AC yang sering mati sendiri, sedangkan AC tersebut masih belum menggunakan teknologi inverter untuk menjaga kondisi suhu tertentu. Bagi pengguna perangkat elektronik ini, jika AC sering mati sendiri dan kita hidupkan lagi secara manual melalui remote, justru sangat mengalami banyak kerugian. 


Hal utama yang menjadi kerugian adalah di mana saat power AC dihidupkan, arus atau beban listrik yang diangkat oleh AC sangat besar sebelum AC berjalan dengan steady. Kalau di rumah kalian memiliki perangkat elektronik tambahan berupa stavolt, atau alat elektronik yang digunakan untuk menyeimbangkan arus listrik atau biasa dikenal dengan soft start bisa sangat membantu, agar tidak terjadi lonjakan beban yang terlalu besar.


Mengatasi AC yang Mati Sendiri

Pada kesempatan ini, kami ingin berbagi pengalaman terkait bagaimana cara mengatasi AC mati sendiri yang mungkin bagi kebanyakan orang sangat mengganggu. 


1. Melakukan Cleaning AC

MENGATASI AC MATI SENDIRI

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menyadari bahawa AC yang kita miliki sudah sering mati sendiri adalah dengan melakukan cleaning AC. Gejala lain yang bisa diketahui saat AC mati sendiri adalah AC sering bocor, itu satu pertanda bahwa AC sudah mulai kotor dan perlu dilakukan cleaning.


Proses cleaning ini bisa dari filter udara AC hingga unit AC secara keseluruhan. Cara ini sangat perlu diterapkan pertama kali untuk menghindari dampak yang lebih jauh. 


Cara pembersihan nya pun sangat mudah, kalian bisa langsung membuka cover AC lalu menyemprotkan dengan kompresor angin dan bersihkan juga dengan kuas sebagai tambahan nya. Jika dirasa sudah selesai melakukan cleaning, silahkan pasang lagi cover AC dan lakukan tes, apakah masih terjadi mati sendiri atau tidak. 


2. Mengisi Ulang Freon AC

MENGATASI AC MATI SENDIRI

Selanjutnya adalah masalah yang sering kali terjadi karena AC mati sendiri adalah kehabisan freon, seringkali kita tidak menyadari hal tersebut karena masih merasa baik baik saja dan bisa memberikan suhu ruang yang masih bisa dimaklumi. Tetapi, kalian harus menyadari kalau AC kalian sudah mulai tidak dingin lagi atau tidak bisa memberikan suhu ruangan secara optimal yang mengakibatkan AC sering mati sendiri, segera lakukan pengisian freon. 


Dalam penerapan nya, kasus kehabisan freon ini sangat langka jika tidak jalur freon AC mengalami kebocoran. Tapi untuk unit AC, freon sangat rentan sekali mengalami kehabisan karena frekuensi pemakaian unit yang terus menerus digunakan. Jadi, saat kalian menemukan masalah yang sama, segera lakukan pengisian freon untuk mencegah kerusakan unit secara menyeluruh. 


3. Periksa Timer Pada Remote AC

MENGATASI AC MATI SENDIRI

Selanjutnya adalah cara mengatasi AC yang sering mati sendiri adalah dengan mengecek timer remote AC. Terkadang kita tidak menyadari penyebab AC sering mati sendiri karena permasalahan yang sangat sepele, kita lupa mematikan timer atau ada orang yang setting timer pada AC untuk hidup diwaktu tertentu atau dengan frekuensi waktu tertentu saja. 


Tujuan nya memang baik, untuk melakukan penghematan energi listrik yang dikeluarkan. Tetapi cara ini juga terkadang membuat kita lupa setting ulang terhadap AC untuk kembali ke kondisi normal. Ada baiknya kalian selalu cek remote untuk mengontrol AC yang kalian gunakan. 


4. Cek dan Perbaiki Thermostat

MENGATASI AC MATI SENDIRI

Terakhir adalah permasalahan yang sering kita jumpai adalah Thermostat yang sudah menurun kualitas pembacaan suhu. Faktor penyebab thermostat kehilangan kinerjanya bisa jadi diakibatkan batrei yang digunakan untuk supply sudah habis, sehingga pembacaan suhu pada AC seringkali error yang mengakibatkan AC sering mati sendiri.


Cara yang dilakukan adalah kalian harus melakukan cek terhadap unit thermostat, untuk memastikan sensor tersebut tidak bermasalah dan baterai yang digunakan masih aman. Jika memungkinkan, ganti sensor suhu dan baterai pada unit AC yang kalian miliki untuk menghindari penyebab AC sering mati sendiri. 


Penutup

Bagi kalian pengguna AC baik di rumah sendiri ataupun di kantor, pastikan remote AC juga dalam setting normal atau standar, lalu pada saat cleaning unit AC pastikan semuanya bersih dan kering. Tidak ada air yang masuk ke dalam AC, hal tersebut sangat berbahaya yang dapat menyebabkan short circuit terhadap unit AC. 


Lakukan checklist terhadap unit AC yang kalian miliki kalau bisa buat jadwal rutin untuk melakukan pengecekan agar unit AC bisa berjalan dengan baik.


Sekian artikel yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi AC mati sendiri, semoga artikel yang kami berikan dapat bermanfaat bagi para pembaca setia arenapublik. Jangan lupa untuk share artikel ini agar orang yang belum mengetahui cara mengatasi AC mati sendiri bisa mencoba tips yang kami tulis, terimakasih. 

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821