BLANTERVIO103

Road Trip: Solusi Liburan Hemat di Masa Pandemi

Road Trip: Solusi Liburan Hemat di Masa Pandemi
Thursday, October 1, 2020

 

Road trip hemat


Arenapublik.com - Masa pandemi yang masih belum diketahui hingga kapan akhirnya memaksa sebagian masyarakat untuk terus berada di rumah aja dan tidak bisa bepergian kemana-mana. Perjalanan lintas kota hingga provinsi pun diperketat dengan diharuskan ada surat rekomendasi sehat dari puskemas atau lembaga kesehatan terkait, tentunya itu akan merogoh kocek lebih dalam lagi jika kita ingin merencanakan liburan bersama keluarga atau ingin berkunjung ke rumah saudara dengan alasan tertentu. 

Hampir seluruh kegiatan kita dalam bersosial masih dibatasi hingga waktu yang belum ditentukan, hal ini juga yang dapat membuat sebagian masyarakat merasa jenuh, stress, dan membutuhkan sedikit refreshing untuk melepas semua penat dari kerjaan ataupun hanya sekedar ingin menghirup udara bebas. 

Nah, pada artikel ini kami ingin memberikan solusi dan informasi menarik untuk kalian bagaimana caranya bisa mengatasi hal tersebut di masa pandemi seperti sekarang ini. Informasi yang kami dapatkan melalui teman sejawat yang sudah pernah melakukannya, ternyata Road Trip adalah solusinya. 


Perjalanan Road Trip Antar Kota

Jika kalian ingin berlibur ke luar kota dan ingin mengunjungi berbagai kota lainnya, memang pilihan terbaik adalah Road Trip, kita tinggal memesan hotel disetiap kota yang ingin disinggahi dan buat jadwal sebaik mungkin agar pemesanan hotel bisa tepat waktu. 

Sebelumnya, untuk memenuhi protokol kesehatan selama di jalan, kalian bisa menggunakan masker juga ya, kalau bisa juga sediakan hand sanitizer. Langkah ini bertujuan agar terhindar dari oprasi protokol kesehatan dan disisi lain juga agar kita bisa saling menjaga kesehatan satu dengan yang lainnya. 

Road trip ini ternyata sudah banyak yang merekomendasikan selama masa pandemi dan ternyata salah satu aplikasi travel online di Indonesia, yaitu Traveloka mendukung kegiatan road trip dengan memberikan diskon menarik untuk setiap destinasi kota yang dikunjungi. Mulai dari Surabaya, Malang, Bali, dan lain lain untuk Indonesia arah timur, atau kalian ingin berlibur ke arah barat juga tersedia promo heboh road trip tersebut. 

Sudah saatnya untuk kita memanjakan diri untuk melihat pemandangan alam yang indah, memanjakan lidah dengan masakan khas setiap daerah, dan mempelajari setiap budaya yang kita kunjungi.


Tips Saat Melakukan Road Trip

Agar perjalanan kalian dan waktu bersama keluarga bisa berjalan dengan baik, kami juga ingin memberikan sedikit tips agar perjalanan road trip kalian lebih menyenangkan, antara lain sebagai berikut.

  • Tentukan destinasi kota: Sudah menjadi sewajarnya saat ingin memulai perjalanan, kita harus menentukan kota mana yang ingin kita tuju. Jangan sampai kalian tidak memiliki arah dan tujuan ya saat melangsungkan road trip. Kalian bisa melakukan rundingan dengan anggota keluarga untuk memilih kota mana saja yang ingin dikunjungi hingga menemui kata setuju.
  • Menyiapkan uang lebih untuk kondisi darurat: langkah ini wajib kalian persiapkan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ditengah jalan. Sebagai contoh bisa saja kita telah mempersiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah, tetapi saat ditengah jalan kalian tidak menyadari beberapa makanan sudah mulai menipis. Nah, dana darurat tersebut bisa digunakan agar bisa bermanfaat.
  • Memeriksa kondisi kendaraan: untuk menjaga faktor keamanan, kalian wajib melakukan cek kendaraan yang akan digunakan road trip. Mulai dari memeriksa kondisi ban, lalu kondisi suara mesin, oli, bensin, hingga surat menyurat kendaraan. Langkah ini sangat penting dilakukan agar kita bisa bepergian dengan aman dan nyaman. 
  • Persiapkan kondisi kesehatan: terakhir adalah kalian harus mempersiapkan kondisi kesehatan dengan baik, karena selama perjalanan kita juga harus dituntut untuk fokus dalam berkendara. Jangan memaksakan jika kondisi badan kalian sudah capek, pergi ke rest area dan beristirahat sejenak. Atau jika kalian ingin mengejar waktu, kalian bisa bertukar posisi siapa yang mengendarai kendaraan tersebut. Tapi kami anjurkan untuk beristirahat, karena keamanan adalah segalanya.


Untuk melakukan road trip tersebut, kita tidak diharuskan mempunyai surat hasil rapid tes atau sejenisnya. Cukup menggunakan masker dan membawa berbagai alat kesehatan sebagai prosedur kesehatan. Jadi, kesehatan mental itu juga sangat penting, tunggu apalagi? Segera siapkan jadwal road trip bersama keluarga dan orang terdekat. 

Selalu perhatikan protokol kesehatan dan menjaga kesehatan selama perjalanan demi kebaikan bersama. Selamat berlibur teman teman, semoga bermanfaat artikel mengenai Road Trip: Solusi Liburan Hemat di Masa Pandemi, terimakasih. 

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 5 comments:

  1. saya sebaiknya di rumah saja di masa pandemi
    biar aman

    ReplyDelete
  2. Kalau trik aku selama ini ya cukup hunting lokasi penginapan yang bersih & murah buat travelling.
    Belum ada niat pakai ambil promo2an dari suatu situs, hahaha

    ReplyDelete
  3. Mantab mas, kusave dulu tips tipsnya, siapa tahu suatu ketika ada agenda perjalanan panjang jadi benar benar harus memperhatikan do n don't nya supaya bisa terhindar dari penyebaran pandemi yang masih terjadi di indonesia

    ReplyDelete
  4. Seru sih roadtrip, apalagi jadi bisa ngunjungi banyak tempat dalam sekali perjalanan.

    Tapi sayangnya di masa pandemi ini pun banyak objek wisata yang masih ditutup Mas, takutnya udah datang jauh-jauh, malah gagal.

    ReplyDelete
  5. kalau road trip sih memang cara traveling kesukaan saya bgt.. tapi skrg2 sih ditahan2 dulu aja. kecuali piknik yg deket2 aja..

    ReplyDelete
9127155806442794821