BLANTERVIO103

Menghitung Biaya Untuk Pembuatan Motor Listrik

Menghitung Biaya Untuk Pembuatan Motor Listrik
Friday, October 2, 2020

Menghitung biaya membuat motor listrik


Arenapublik.com - Belakangan ini, isu terkait kendaraan listrik semakin mencuat dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin maju, brand brand terkenal mulai dari Suzuki, Yamaha, Nissan, dan lain sebagainya saat ini sedang berlomba untuk menawarkan kualitas terbaik dari kendaraan listrik. Keingan masyarakat Indonesia untuk merakit hingga membuat motor listrik pun semakin banyak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan biaya minimal untuk pembuatan motor listrik atau merakit motor listrik hingga siap dikendarai. 

Harus digaris bawahi, pada artikel ini kami hanya membahas tentang biaya pembuatan motor listrik saja, dan tidak membahas untuk pembuatan mobil listrik. Karena kami ingin memberikan gambaran sederhana terkait kendaraan listrik dan pengenalan singkat. 

Informasi tambahan, produsen terkemuka motor listrik yang memiliki kualitas terbaik menurut tim kami saat ini masih jatuh pada Zero Motorcycle, produsen asal Amerika tersebut sudah memiliki kualitas motor yang sangat baik dan sangat layak untuk dikendarai jarak jauh atau dekat.


Biaya Membuat Motor Listrik

Sebelum masuk ke dalam inti pembahasan, hal yang harus kalian ketahui adalah komponen utama dalam membuat motor. Mulai dari casing/frame motor, body, aksesoris, hingga penggerak motor listriknya. Jika kita telah mengetahui apa saja yang ingin kita beli, lalu kita break down keseluruhan harga tersebut. 
  • Frame motor: Merupakan komponen utama untuk membuat motor, karena termasuk dalam bagian penting sebagai penopang motor. Dalam contoh yang kami berikan ini, untuk membuat 1 frame motor dengan material besi, setidaknya kalian menyiapkan uang sekitar 1.5jt minimal. Sudah termasuk pipa beso ukuran 2 inch dan jasa las tukang, dll.
  • Arm motor: Komponen yang terpasang di bagian roda belakang, sebagai penghubung frame dan roda motor. Untuk harganya, tidak terlalu mahal sekitar 200rb kalian sudah bisa memilikinya. 
  • Master rem motor: Perlengkapan penting lainnya adalah rem motor, tanpa rem kalian tidak akan berani mengendarai jenis motor apapun itu. Karena menyangkut faktor keamanan. Untuk memasang rem depan belakang dan sudah termasuk rem cakram depan belakang, biaya yang dibutuhkan sekitar 700rb saja. 
  • Ban motor: Selanjutnya adalah ban motor depan belakang, agar motor listrik yang telah kalian buat bisa berjalan dengan baik. Setidaknya kalian harus menyiapkan 350rb untuk membeli ban depan dan belakang.
  • Lampu motor: Perlengkapan terakhir untuk menyempurnakan motor listrik kalian adalah lampu, tanpa lampu memang masih bisa berjalan. Setidaknya kita berusaha untuk membuat motor sesuai standar tapi minimalis. Harga yang harus disiapkan sekitar 130rb saja. 
Total keseluruhan bagi kalian yang ingin membuat rangka motor listrik sebesar Rp. 2.880.000,- saja. Dan harga tersebut sudah sangat baik untuk jenis motor listrik custom. Ini masih belum termasuk komponen untuk merakit motor listriknya ya. Hal yang diperlukan untuk merakit motor listriknya bisa terdiri dari motor BLDC (Burshless Direct Current), ada controller motor, throttle, DC to DC converter, dan lain sebagainya. 

  • Motor BLDC: Merupakan komponen penggerak agar motor listrik yang kita rakit bisa berjalan dengan baik. Untuk itu, di sini kami memberikan rekomendasi untuk menggunakan motor dari golden motor yang sudah dipercaya kualitasnya. Harganya menyentuh $446 dengan spesifikasi 96V DC power 5kW.
  • Controller Motor: Komponen pendukung untuk menggerakkan motor BLDC, sama seperti inverter yang memiliki fungsi merubah sinyal DC menjadi AC 3 fasa, karena kita ketahui motor BLDC memiliki 3 fasa U, V, dan W. Untuk harganya dari golden motor sekitar $452 dengan spesifikasi menyesuaikan motor BLDC.
  • DC to DC: Digunakan untuk kontak pertama atau menghidupkan mesin motor listrik yang berfungsi memberikan tegangan 12V dari sumber power baterai. Harganya ini masih murah dan bisa dibeli di pasar lokal sekitar 200rb maksimal.
  • Wiring Support: Terakhir adalah serangkaian wiring, mulai dari koneksi controller keseluruh komponen motor lain, seperti throttle, brake, dan lian sebagainya. Pada dasarnya ini bisa dibuat sendiri dan beli komponen di pasar lokal, tetapi socket wiring harness mewajibkan beli dari luar. Dan harga yang dipatok sekitar $30-$50
Dengan komponen di atas, pada dasarnya kita sudah bisa merakit motor listrik sendiri. Harga tersebut belum kami sertakan dengan baterai juga ya. Untuk baterai bisa 2-5jt sendiri, karena ini memang sangat mahal dan juga belum termasuk perlengkapan untuk charge baterai dan controll charge baterainya. 

Silahkan kalian hitung sendiri biaya untuk merakit motor listrik hingga jadi yang menyesuaikan keingan kalian dalam merancang nya. Seluruh rancangan dalam biaya pembuatan ini bisa kalian reduce juga, kami mendapatkan info kalau di Indonesia khususnya Surabaya sudah ada badan usaha sendiri yang bisa support komponen listrik seperti motor BLDC dan controller motor beserta perlengkapannya. 

Catatan penting: sebagai media pembelajaran ada baiknya kalian memulai untuk membuat sepeda listrik terlebih dahulu, lalu kemudian upgrade untuk merakit motor listrik. 

Artikel selanjutnya kami ingin memberikan cara merakit motor listrik juga, supaya koneksi antar komponen bisa aman. Terimakasih dan jangan lupa untuk share artikel ini.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 comments:

  1. Ternyata nggak harganya lumayan juga ya Mas, tapi butuh ahlinya juga sih buat ngerakitnya, kalo nggak bisa gagal total.

    ReplyDelete
9127155806442794821