BLANTERVIO103

Tips Lulus Psikotes Untuk Level Manager

Tips Lulus Psikotes Untuk Level Manager
Thursday, October 22, 2020

Lulus Psikotes level manager

Arenapublik.com - Dalam bekerja, peningkatan karir memang sangat dibutuhkan terlebih bagi kalian yang saat ini sudah loyal terhadap perusahaan di tempat anda bekerja sekarang selama lebih dari belasan tahun. Tentunya kenaikan pangkat juga akan sangat berarti demi kehidupan yang lebih baik dan fasilitas tambahan yang didapatkan dari perusahaan. Tetapi, sebelum kalian naik pangkat dari level staff ke officer atau dari level supervisor ke manager, pasti kalian akan melewati tahapan tes psikotes terlebih dahulu.

Dalam kesempatan ini, kami akan membahas terkait tips lulus psikotes untuk level manager saja berdasarkan pengalaman pribadi dari salah satu narasumber.

Peningkatan karir sama dengan meningkatnya beban tanggung jawab yang akan kalian pikul dalam dunia kerja, tetapi semakin besar tanggung jawab itu juga yang membuat kalian akan semakin dihargai untuk mendapatkan kenaikan gaji. Meskipun tanggung jawab meningkat dan gajipun ikut meningkat, harus diingat beban moral yang kalian pikul juga tidak enteng. Kita dituntut untuk menjadi leader yang baik dan harus memberikan contoh terbaik juga terhadap rekan kerja.

Oleh karena itu, tujuan dilakukannya tes psikotes untuk setiap kenaikan pangkat. Hal tersebut digunakan untuk menggambarkan personal kalian, apakah cocok untuk menjadi seorang leader atau tidak. Berikut tips yang kami berikan berdasarkan rangkuman dari narasumber yang telah berhasil lulus dari tes psikotes untuk level manajer di salah satu perusahaan otomotif.


1. Percaya Diri Akan Potensi yang Dimiliki

Sebagai calon leader atau calon manager, kalian harus memiliki sifat percaya diri terlebih dahulu. Ini merupakan hal yang sangat mutlak untuk dimiliki. Karena saat kita sudah berada di level manager, tidak hanya satu dua orang saja yang menjadi rekan kerja kita, melainkan puluhann. Pada posisi ini juga kalian dituntut untuk bisa berbicara di depan banyak orang dan memberikan arahan kerja dengan baik.

Bagaimana bisa kalian memberikan arahan atau suatu briefing jika kalian sendiri tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup. Bisa bisa kalian akan gugup saat berbicara di depan orang banyak dan akan mendapatkan penilaian buruk.

Jadi, pada salah satu tes psikotes level  manager akan ada soal soal yang berisi tentang rasa kepercayaan diri kalian akan potensi yang dimiliki. Jika kalian adalah orang yang percaya diri, bukan menjadi peroalan susah untuk menjawab soal tersebut. Perlu diingat, untuk menjawab soal psikotes ini memang ada waktunya tetapi ada juga yang tidak memiliki waktu. Jadi, kalian harus jawab dengan teliti ya.


2. Memiliki Daya Ingat yang Baik

Selain harus percaya diri, daya ingat harus kalian miliki dengan baik agar bisa lulus tahap psikotes untuk level manager up, kami pun sempat heran kenapa daya ingat menjadi salah satu faktor penting dalam tes psikotes ini. Sedangkan disisi lain sifat alami seorang manusia adalah pelupa, tapi dalam tes ini kalian akan diberikan waktu beberapa menit saja untuk menghafal suatu nama dari setiap golongan, seperti hewan, tumbuhan, dan lain lain.

Tips yang dapat kami berikan untuk urusan ini adalah, kalian cukup tenang terlebih dahulu. Karena soal yang harus dijawab juga tidak sedikit, gunakan metode apapun untuk bisa menghafal. Tapi jangan difoto ya, karena itu dapat ketahuan dan mengurangi penilaian tentunya jika ketahuan.

Dalam tahap ini juga, tingkat intelegensi yang kalian miliki diuji. Harus diakui, seorang leader tentunya harus memiliki tingkat kecakapan dalam daya ingat juga untuk bisa memanage jadwalnya sendiri untuk ketemu dengan client ataupun yang lainnya.


3. Memiliki Kemampuan Berhitung yang Cepat dan Tepat

Berpikir taktis dengan banyak perhitungan yang cepat dan tepat, sehingga setiap keputusan yang kalian ambil tentunya bisa sangat baik dan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Begitu juga serangkaian tes psioktes level manager, soal yang diberikan untuk menjawab hitungan tidaklah sedikit. Dan kenapa harus cepat dalam menjawab, dikarenakan kalian akan diberikan waktu beberapa menit saja untuk bisa menyelesaikan soal soal tersebut.

Cara baiknya adalah, kalian boleh untuk tidak mengisi secara keseluruhan. Cukup dibutuhkan konsistensi dalam jawaban yang kalian berikan, atau setidaknya ada grafik naik turun dari setiap soal soal yang diberikan. Salah satu contoh dari tes berhitung cepat ini adalah tes koran, di mana kita diminta untuk menghitung angka angka yang ada dan menuliskan jawaban dengan tepat. Cukup jawab dengan level yang konstan dan jangan menjawab terlalu banyak.

Usahakan kalian tidak memberikan coretan dari setiap jawaban, jika kalian mendapatkan brief diperbolehkannya ada coretan untuk mengganti jawaban yang benar itu tidak apa. Tetapi biasanya sedikit kasus, jadi manfaatkan tes psikotes dalam hitungan ini dengan baik.


4. Memiliki Daya Pikir Imajinatif  

Pada poin ini mungkin terdengar tidak biasa, biasanya dalam tes psikotes jarang menemukan soal yang berisi imajinatif. Tetapi standar untuk bisa lulus tes psikotes untuk level manager ternyata ada, menurut kami untuk menjawab soal imajinatif itu cukup mudah. Karena pada dasarnya tidak ada jawaban yang salah dalam tes psikotes tahap ini.

Gunakan waktu sebaik mungkin, karena tahapan tes ini pastinya kalian diberikan waktu yang sangat sedikit. Usahakan kalian bisa menjawab seluruh soalnya, karena jumlah soal yang diberikan tidak terlalu banyak.

Tips dalam menjawab dalam tahapan ini adalah, perhatikan benda yang diminta untuk dibayangkan dengan baik, lihat pola yang telah tersedia, cukup mengikuti pola saja, dan menurut kami untuk soal ini tidak terlalu sulit. Kuncinya jangan terlalu pusing untuk menjawabnya, tetap fokus.

Tidak hanya soal soal saja, imjanatif yang harus dimiliki juga berpengaruh untuk tes menggambar. Kalian akan disodorkan 16 kotak kosong dengan garis garis yang random, lalu kalian diminta menggambar objek atau benda dan deskripsikan benda apa yang kalian gambar. Dalam tes gambar ini, perhatikan instruksi yang diberikan. Tidak ada gambar yang benar ataupun salah, tes ini menurut kami adalah untuk mengetahui sifat dari diri kalian apakah bisa mendengarkan instruksi dengan baik atau tidak.


5. Mampu Berpikir Secara Logis

Tips terakhir yang dapat kami berikan adalah untuk lulus tes psikotes level manager adalah, kalian akan dihadapkan ratusan soal di mana soal tersebut cukup dijawab dengan pikiran logis kita saja. Jika jawaban tidak masuk akal, tidak perlu kita jawab. Pastikan konsistensi dari jawaban pertama hingga akhir, karena banyak sekali jebakan dalam soal ini.

Oleh karena itu kami menamakan tahap ini mampu berpikir secara logis. Tes ini bertujuan untuk melihat karakter kalian sebagai pemimpin, bagaimana cara kalian mengambil keputusan, bergaul dengan komintas baru, menyelesaikan permasalahan dengan cepat, dan lain sebagainya.

Tenang, dalam soal ini kalian tidak akan dikejar waktu. Jadi posisikan diri kalian senyaman mungkin untuk bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar dan konsisten. Kunci dari setiap jawaban adalah konsisten, jika kalian diawal menjawab pernyataan A untuk kondisi tertentu, berarti seterusnya harus jawab A.

Pada dasarnya, untuk bisa lulus psikotes untuk level apapun kalian cukup jujur dengan diri sendiri dan harus mempersiapkan diri dengan baik. Terutama kondisi kesehatan, karena tes yang berlangsung tidak sebentar. Setidaknya 4 jam untuk menjawab ratusan soal yang diberikan.

Masih banyak lagi tips yang akan kami berikan bagaiman terkait penglaman kerja. Karena kami juga memiliki narasumber yang pernah mengalami dan bersedia berbagi pengalaman secara cuma cuma, selanjutnya kami akan menuliskan bagaimana cara melamar kerja untuk level manager tetapi kita belum memiliki pengalaman untuk posisi tersebut.

Jangan lupa untuk share artikel ini, agar orang lain bisa mendapatkan manfaat seperti kalian yang sudah membaca artikel ini sampai akhir. Terimakasih.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821