BLANTERVIO103

Cara Melakukan Maintenance Electric Vehicle Secara Umum

Cara Melakukan Maintenance Electric Vehicle Secara Umum
Tuesday, November 3, 2020

Cara maintenance kendaraan listrik


Arenapublik.com - Pesatnya perkembangan teknologi pada bidang otomotif semakin membuat kita juga harus bisa cepat dalam beradaptasi terhadap perubahan tersebut. Pada beberapa tahun kedepan bukan tidak mungkin kendaraan listrik akan menjadi penguasa jalan raya untuk mendapatkan kualitas udara yang semakin baik tentunya. Electric vehicle masih menjadi satu hal yang tidak umum bagi kalangan masyarakat Indonesia dikarenakan beberapa faktor tertentu, contohnya saja seperti infrastruktur charging station, bengkel untuk service, dan lain sebagainya.


Perlu kalian ketahui, kendaraan listrik tidak memiliki gas buang sama sekali. Dengan demikian bahwa kendaraan futuristik ini bisa menjaga keseimbangan iklim bumi agar tidak mempercepat merusak lapisan ozon. Sebagai mana kita ketahui, kendaraan konvensional yang kita miliki memiliki gas buang CO yang sangat berbahaya bagi pernapasan.


Kembali ke dalam topik bahasan, mengenai cara maintenance electric vehicle secara umum. Pada artikel ini juga kami memiliki tujuan untuk mengedukasi terhadap pembaca setia blog arenapublik agar bisa satu langkah lebih maju dalam hal teknologi kendaraan listrik, jadi kami sangat senang hati bisa berbagai tips bagaimana cara melakukan perawatannya.


Sebagaimana kita memiliki tubuh, sudah pasti kita ingin selalu merawat tubuh kita untuk tetap sehat dan enak dipandang. Begitu juga pada kendaraan listrik, meskipun rasio service sangat jarang karena tidak membutuhkan ganti oli sama sekali. Oleh sebab itu, kami inign membahas secara ringkas mengenai proses maintenance.


1.Mengecek Kondisi Ban 

Hal utama yang paling terlihat kasat mata adalah melakukan pengecekan terhadap kondisi ban, pastikan ban masih dalam kondisi aman baik dari ketebalan dan tekanan bannya juga masih dalam kondisi standar. Tahapan ini sangat umum dilakukan oleh kebanyakan orang karena berlaku juga untuk kendaraan konvensional, tetapi pada kendaraan listrik masih menjadi perhatian lebih disebabkan torsi yang dihasilkan oleh electric vehicle sangat besar, jika tidak ditunjang dengan ban yang baik, bisa berdampak berbahaya bagi pengendara saat melakukan akselerasi tentunya.


2.Melakukan Pengecekan Sistem Rem

Poin kedua adalah dengan mengecek rem dari kendaraan tersebut, pastikan semua masih kondisi aman dan respon rem saat kendaraan berjalan juga cepat. Saat kita luput dalam melakukan pengecekan rem bisa sangat berdampak fatal bagi pengguna juga. Untuk setiap kendaraan jenis apapun, rem sangat wajib dalam kondisi bagus dan memiliki respon yang cepat pada saat melakukan proses pengereman.


3.Memastikan Gas Throttle Dalam Kondisi Baik

Selanjutnya pada poin ketiga hal umum yang harus kalian perhatikan saat hendak melakukan proses perawatan, selalu cek gas throttle pada kendaraan. Proses pengecekan juga sama seperti pengecekan sistem rem, pastikan respon gas juga dalam kondisi baik dan tidak menyangkut saat kita menginjak gas lebih dalam. Poin ini juga tidak kalah pentingnya pada tips sebelumnya di atas, jadi pastikan semuanya berjalan dengan aman dan sesuai perencanaan checklist.


4.Periksa Tegangan Baterai Kendaraan Listrik

Terakhir dari cara melakukan maintenance terhadap kendaraan listrik adalah dengan cara melihat dan kroscek tegangan setiap cell yang ada di kendaraan listrik. Jika kalian memiliki satu alat seperti CAN Bus atau Controller Area Network yang biasa digunakan sebagai jalur komunikasi khusus kendaraan, maka untuk proses pengecekan baterai bisa kalian lakukan yang sama untuk kendaraan listrik. Caranya dengan menghubungkan konektor battery management system kendaraan listrik ke laptop yang sudah ter install program dari kontroller baterai tersebut.


Jika terdapat beberapa cell yang memiliki nilai tegangan yang berbeda jauh dari cell lainnya, maka cell tersebut harus segera diganti dengan cell baterai yang baru atau melakukan pengecasan manual untuk bisa mengejar tegangan nominal pada baterai. Tetapi saran yang paling mungkin dilakukan adalah dengan mengganti cell baterai baru, agar susunan baterai yang lain tidak terimbas.


Penutup dan Kesimpulan


Untuk melakukan maintenance electric vehicle tidak jauh berbeda seperti perawatan mobil konvensional pada umumnya, yang menjadi pembeda adalah mesin penggerak dari kendaraan listrik tersebut memang sangat proper dan jarang menemui kerusakan kecuali langsung tercium bau gosong. Karena kita bermain dengan listrik, sudah pasti akan menemui masalah short circuit, tapi hal tersebut harus kita hindari.


Sebagai calon kendaraan yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang, electric vehicle merupakan satu ladang bisnis yang sangat menguntungkan bagi mereka yang sudah menyiapkan ancang ancang untuk berlari lebih awal dalam mem-vokali bengkel kendaraan listrik khususnya. Jadi, sebagai warga negara yang baik, kita juga harus bisa menerima perubahan yang sangat dinamis pada sektor otomotif.


Silahkan share artikel yang sudah kami buat ini agar lebih bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan umum tambahan bagi mereka yang belum mengetahuinya, terimakasih.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821