BLANTERVIO103

5 Tips Sebelum Membeli Mobil Listrik Untuk Pertama Kali

5 Tips Sebelum Membeli Mobil Listrik Untuk Pertama Kali
Monday, November 16, 2020

Tips Sebelum membeli mobil listrik


Arenapublik.com - Kehadiran mobil listrik semakin heboh dengan rilisnya mobil full electric dari Hyundai, ini merupakan salah satu langka maju dikarenakan pemain otomotif sudah mau turun gunung untuk memulai teknologi mobil listrik, oleh sebab itu kami akan memberikan berbagai tips bagi kalian sebelum membeli mobil listrik terlebih kalian yang pertama kali membelinya. Upaya ini kami lakukan agar kalian juga bisa merasakan feel dari mobil listrik tersebut, karena tidak terlalu buruk dan tidak terlalu mahal untuk teknologi yang kita beli.

Merubah kebiasaan baru dan mendapatkan pengalaman baru merupakan satu keunikan tersendiri tentunya bagi kita, Pemerintah juga sudah sepenuhnya mendukung pergerakan baru untuk mulai peralihan kendaraan konvensional ke listrik, demi mewujudkan go green dan mengurangi gas emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan. 

Pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa tips atau checklist bisa dikatakan demikian, agar kalian memahami faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil listrik. Bisa jadi secara financial kalian bisa tetap secara fasilitas tidak.


1. Melakukan Test Drive

Tips Sebelum membeli mobil listrik

Hal pertama kali yang wajib kalian lakukan sebelum membeli mobil listrik adalah dengan test drive, ini wajib kalian lakukan terlebih dahulu agar merasakan bagaimana "feel" dalam mengendarai mobil listrik sebenarnya. Kalian akan merasa kaget juga pastinya dan akan merasakan perbedaan yang lumayan signifikan, terlebih experiene dalam mengendarai kendaraan listriknya. 

Harus kalian ketahui, tarikan mobil listrik lebih ekstrim dibandingkan dengan mobil konvensional. Karena torsi dari motornya bisa sangat besar, jadi meskipun mobil yang kalian pakai kecil, bisa jadi tarikannya setara dengan mobil yang besar.

Saat melakukan test drive juga, disarankan agar kalian memahami setiap fitur yang ada di mobil listrik tersebut. Sebagai mobil yang akan kalian kendarai sehari hari, sangat wajar jika kalian harus bisa mengerti apa saja fungsi dari fitur mobilnya, dan apa saja yang tidak boleh dilakukan saat agar tidak terjadi fault. 


2. Menanyakan Garansi Mobil Listrik

Tips Sebelum membeli mobil listrik

Selanjutnya adalah saat kalian sudah melakukan test drive kendaraan, kalian bisa menanyakan bagaimana garansi dari mobil listrik tersebut, hal apa saja yang bisa dilakukan claim saat terjadi kerusakan. Hal yang paling riskan biasanya terletak pada baterai mobil listrik, dan garansinya pun diberikan jangka waktu yang sangat lama, bisa jadi lebih dari 5 tahun untuk garansi, selain itu perawatan dari mobil listrik sangat murah tidak memerlukan maintenance rutin.

Selanjutnya garansi yang penting ditanyakan adalah garansi dari motor listriknya, karena itu merupakan alat penggerak utama agar mobil bisa bergerak. Selain itu juga, bagaimana cara claim garansi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dari mobil listrik kita dan bekerja sama dengan instansi apa untuk proses claim asuransi.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Listrik yang Mati Total


3. Metode Pembayaran Mobil Listrik

Tips Sebelum membeli mobil listrik

Tips ketiga yang wajib kalian tanyakan adalah metode pembayaran dari pembelian mobil listrik, kita mengetahui bahwa harga yang ditwarkan mobil listrik sangat mahal. Contohnya seperti Tesla, kalian setidaknya harus menyediakan uang minimal 1 Miliyar rupiah, tetapi saat ini sudah ada mobil pesaing dari Tesla yang lebih murah, yaitu Hyundai Ioniq yang dijual dengan harga 600 jutaan saja, bisa dikatakan 50% lebih murah dari harga Tesla.

Kita harus sadari, orang yang membeli mobil listrik berarti bukan untuk dijadikan sebagai kendaraan utama. Jadi, kelas ekonomi yang mampur membeli mobil listrik bisa dikategorikan menengah ke atas. Kalau kalian ingin membeli dengan harga cash itu sangat bagus, dan jika ingin membeli secara kredit juga tidak apa, yang penting kondisi ekonomi dan keuangan kalian tidak terganggu dengan membeli mobil listrik baru.


4. Ketersediaan Public Charging

Tips Sebelum membeli mobil listrik

Poin selanjutnya adalah dengan memikirkan berapa banyak stasiun pengisian kendaraan listrik yang ada di kota kalian masing masing, jika dirasa masih belum banyak tersedia public charging, kalian mungkin hanya bisa menggunakan mobil listrik tersebut untuk keperluan di sekitaran kota kalian saja. Harus kita akui, infrastruktur pengisian baterai listrik masih belum banyak di Indonesia. 

Jadi, cukup riskan jika kalian membawa mobil listrik ke luar kota untuk keperluan bisnis atau jalan jalan bersama keluarga. Proses charging dari mobil listrik juga tidak sebentar, setidaknya membutuhkan waktu 5 jam minimal agar baterai bisa terisi cukup untuk memulai perjalanan lagi.


5. Membuat Charging Station di Rumah

Tips Sebelum membeli mobil listrik

Terakhir, setelah kalian sudah memtuskan untuk membeli mobil listrik, yang perlu kalian lakukan adalah membuat charging station di rumah kalian. Upaya ini sangat perlu dilakukan mengingat waktu yang dibutuhkan charge baterai cukup lama dan kalian bisa melakukan charge mobil saat waktu malam hari, jadi saat kalian hendak beraktifitas kembali mobil listrik sudah siap untuk dipakai. 

Menjadi catatan penting bagi kalian yang ingin membuat rumah menjadi charging station untuk mobil listrik, pastikan daya atau watt dari rumah sudah cukup. Setidaknya memiliki daya sebesar 2200 watt, itu angka minimal. Bisa lebih dari 2200 watt sangat bagus, karena pengisian baterai akan bisa lebih cepat.


Penutup dan Kesimpulan

Mobil listrik memang kendaraan masa depan, tapi kita harus menerima kenyataan jika mobil listrik yang kita miliki masih bisa digunakan di kota kota besar saja yang ada di Indonesia. Butuh waktu sekitar 5 sampai 10 tahun untuk masyrakat Indonesia bisa beradaptasi dengan kendaraan canggih dari mobil listrik. 

Permasalahan utama yang pasti menjadi perhatian publik adalah pengisian baterai mobil listrik, karena masih diasumsikan sangat lama dan terkesan tidak fleksibel jika harus menunggu waktu sangat lama terlebih jika seorang pemilik mobil listrik memiliki tingkat mobilitas yang sangat padat. Tetapi apapun itu, kita harus selalu mendukung upaya perkembangan dan mengikuti jaman.

Sudah tertarik untuk membeli mobil listrik? Jangan lupa untuk share artikel ini, agar kita bisa saling berbagi pengetahuan kepada sesama dan artikel kami tentang 5 tips sebelum membeli mobil listrik dapat bermanfaat bagi orang banyak, terimakasih.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 13 comments:

  1. Di Indonesia,di kota mana yaa mas yg bisa jadi tempat nge-cas mobilnya? Dan apakah itu gratis atau berbayar yaa?

    ReplyDelete
  2. Mahal amat ya harga mobil listrik mencapai 600 juta dari hyundai. Udah gitu waktu ngecas nya lama lagi 5 jam. Itu gimana kalo buru-buru. Belum lagi harga sparepart utamanya baterainya mahal lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal tapi cukup worth it dengan teknologi yang ditawarkan mas hehe

      Delete
  3. Keren inovasinya dan harganya bersaing dengan mobil keluaran terbaru lainnya.
    Cuma, gimana ya seandainya listrik mengalami pemadaman seharian dari PLN dan ngga punya disel..., besoknya mobil ngga bisa digunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinjam baterai senter punya tetangga. 🏃‍♂️🏃‍♂️

      Delete
  4. Beberapa hari lalu aku lihat di TV tapi gak ingat banget sih beritanya kayaknya sekarang semakin mudah deh, harga mobilnya murah ada bonus beberapa baterai dan nge-cargernya juga mudah tapi entahlah aku ingat2 lupa 🤣 🙏

    ReplyDelete
  5. Wahhh baru aktif lagi ya mas, udah lama gak jumpa hihi

    ReplyDelete
  6. boleh di coba nih tipsnya, sangat bermanfaat untuk orang indonesia yang ingin membeli mobil listrik, mengingat jumlah pengguna mobil listrik yang masih sedikit serta minimnya info tentang mobil listrik

    ReplyDelete
  7. Kalo gitu bagian pertama harus ada fasilitas chargingnya lah ya Mas, kayak fasilitas charging publik dan alat charging di rumah, baru enak beli mobil listrik

    ReplyDelete
  8. no 4 dan 5 penting sekali mas arena publik

    secara kalau mobil mandeg ga nemu 2 hal itu yang ada bakal berabe

    ReplyDelete
  9. Banyak juga yaa aturan yang hsrus diperhatikan saat membeli mobil listrik..🤷‍♀️

    ReplyDelete
  10. Wah, mobil listrik sudah masuk Indonesia ya, mas 😆? Wah baru tau aku. Tapi sepertinya kalau di kotaku masih belum siap nih, kalau ada mobil listrik. Soalnya belum ada public charging di sini..

    ReplyDelete
9127155806442794821