BLANTERVIO103

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Listrik yang Mati Total

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Listrik yang Mati Total
Sunday, November 15, 2020

Cara mengatasi mobil listrik mati total

Arenapublik.com - Mobil listrik sebagaimana mestinya pasti akan menemui yang namanya mati total, baik itu saat hendak pemakaian atau saat sedang di perjalanan. Biasanya sama seperti mobil konvensional pada umumnya, kelistrikan mobil mati total saat hendak memulai perjalanan. Jadi, ada kemungkinan juga untuk mobil listrik mengalami hal serupa meskipun dengan teknologi yang sangat canggih. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami ingin membahas apa saja faktor penyebab dan cara mengatasi mobil listrik yang tiba tiba mati total tidak bisa dikontak atau dihidupkan untuk berjalan.


Sebelum masuk ke dalam inti artikel, tahun depan merupakan sejarah bagi Indonesia karena Pemerintah pusat sudah bersiap menyambut pabrik mobil listrik pertamanya milik Hyundai. Selain itu isunya juga pabrikan mobil dari Amerika, yaitu Tesla juga akan bersiap diri membangun pabriknya di Indonesia. Dari kondisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa nantinya Indonesia akan menjadi salah satu kiblat perkembangan mobil listrik.


Apapun itu, kita juga harus mendukung dan sebagai warga Negara Indonesia sudah menjadi pemasalahan yang sangat umum terjadi jika kita merubah satu kebiasaan. Seperti merubah kebiasaan memakai kendaraan konvensional ke kendaraan listrik contohnya, berikut kami akan membahas penyebab terjadinya mobil listrik mati total.

Baca Juga: Cara Charge Mobil Listrik di Rumah

 

Penyebab Mobil Listrik Mati Total

Cara mengatasi mobil listrik mati total

Pengguna mobil listrik pasti akan merasakan keanehan jika mereka baru pertama kali menggunakan kendaraan tersebut, karena sudah pasti harus menjelajahi setiap fitur yang ada dan faktor keamanan apa yang harus dilakukan.

 

  • Kap mobil depan yang tidak tertutup rapat,biasanya hal tersebut sering terjadi juga saat kita sedang membersihkan mobil lalu lupa menutup rapat kap mobil. Karena kita berbicara masalah mobil listrik, jadi sudah dipastikan dengan terbukanya bagian pelindung mesin tersebut akan mengkonsumsi daya dari aki 12 volt nya tersebut. Biasanya tanda yang dapat kita lihat adanya indikator mobil yang menyala, seperti pada mobil listrik yang baru rilis saat ini, yaitu Hyundai Kona Electric dan Ioniq Electric.

  • Bagasi belakang mobil tidak tertutup dengan sempurna, sama seperti poin pertama. Untuk membuka bagasi belakang pada mobil biasanya untuk setiap mobil listrik pasti menggunakan sistem kelistrikan tegangan rendah 12 volt untuk menggerakkannya. Dikarenakan tidak tertutup dengan baik, bukan tidak mungkin penggunaan aki akan habis.

  • Terakhir adalah pintu mobil baik itu pintu depan atau belakang. Sama seperti penjelasan pada poin pertama dan kedua, karena seluruh sistem kelistrikan menjadi satu dan dihandle langsung oleh aki 12 volt yang terdapat pada mobil. Jadi sebagai pengguna kita harus selalu memastikan semua pintu sudah tertutup rapat.


Mungkin ke tiga poin di atas memang terlihat umum, karena pada dasarnya permasalahan mobil listrik saat aki 12 volt atau tegangan rendahnya tidak bisa berjalan dengan sempurna maka contactor yang terhubung dengan power utama mobil listrik tidak dapat hidup karena tidak adanya tegangan listrik yang memberikan trigger terhadap coil contactor.

Baca Juga: Cara Membagi Tegangan Listrik 3 Phase Menjadi 1 Phase

 

Mengatasi Mobil Listrik yang Mati Total

Pada sub bab ini, kami akan memberikan cara mengatasi mobil listrik juga didapati sudah mati total dan tidak bisa dikontak on. Bagi kalian pengguna mobil listrik, tidak perlu khwatir terlebih dahulu. Mobil listrik kalian tidak sepenuhnya rusak, cuma perlu dikejutkan sedikit.

 

  • Langkah yang paling cepat bisa kalian lakukan adalah dengan jumper aki, tidak harus jumper aki dengan sesama mobil listrik, tetapi mobil konvensional juga bisa kalian jumper akinya untuk bisa menghidupkan contactor agar terhubung dengan power utama. Jadi, meskipun aki nya berbeda tipe juga tidak masalah, yang penting tegangannya sama sama 12 volt.

  • Selanjutnya adalah kalian bisa melakukan charging terhadap aki 12 volt pada mobil listrik kalian, ini totally clear jangan takut akan terjadi ledakan atau bahaya lainnya. Karena saat charging aki pada mobil listrik langsung tidak akan memberikan pengaruh negatif, yang ada malah mobil listrik kalian akan segera hidup kembali.

  • Terakhir saran yang dapat kami berikan adalah dengan mengganti aki 12 volt pada kendaraan listrik. Jika kalian memiliki pikiran dengan mengganti aki akan mereset total setting awal dari mobil listrik, menurut kami itu tidak benar. Karena pada dasarnya suatu hal yang dapat mereset mobil listrik adalah saat kita mengganti perintah atau tuning pada controller nya secara langsung.


Nah, ketiga poin di atas merupakan hal yang tidak baru kalian temui seperti handle mobil konvensional pada umumnya. Dikarenakan mobil listrik merupakan teknologi yang baru, kami memaklumi jika ada beberapa user yang masih takut dan kebingungan bagaimana cara mengatasi permasalahan sepele tersebut. Mengingat harga mobil listrik yang masih sangat mahal, jika terjadi sesuatu pada mobilnya pun juga akan berdampak pada kantong kita.


Sekian artikel yang dapat kami berikan mengenai penyebab dan cara mengatasi mobil listrik yang mati total, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari jawaban akan permasalahan kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini agar orang lain dapat mengetahui juga cara handle mobil listrik, terimakasih.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 4 comments:

  1. mobil listrik ini memang lebih canggih sepertinya, ada yang belum tertutup rapi saja langsung enggak mau hidup mesinnya

    ReplyDelete
  2. Penting banget nih, buat yang punya mobil listrik, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba, berusaha edukasi kendaraan listrik hehe.

      Delete
9127155806442794821