BLANTERVIO103

Penyebab Terjadinya Rumah Terbakar di Kampung Padat Penduduk

Penyebab Terjadinya Rumah Terbakar di Kampung Padat Penduduk
Friday, December 4, 2020

Penyebab Terjadinya Rumah Terbakar di Kampung Padat Penduduk

Arenapublik.com - Banyak dari kita masih mempertanyakan penyebab terjadinya insiden kebakaran di rumah meskipun sudah terpasang alat pengaman arus tinggi, hal ini masih menjadi momok yang sangat berbahaya jika kita sebagai pemilik rumah tidak melakukan pengecekan terhadap instalasi rumah yang kita punya. Meskipun sudah terpasang mini circuit breaker (MCB) sebagai pengaman jika arus yang dilewati oleh kabel melebihi dari spesifikasinya. 

Perlu diketahui, jika kita hanya menggunakan alat pengaman satu saja masih dirasa belum cukup. Penyebab utama terjadinya kebakaran karena disebabkan short circuit dari peralatan rumah tangga, atau bisa jadi listrik rumah yang tidak stabil, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu, kami ingin memberikan edukasi terkait cara mengatasi dan melakukan inspeksi terhadap instalasi listrik rumah kalian untuk menghindari insiden berbahaya tersebut. 

Memang peristiwa tersebut tidak diharapkan terjadi dan jalur instalasi listrik yang sudah kita lakukan tidak perlu dilakukan uji coba apakah sudah berjalan baik atau tidak, cukup menjalankan sesuai standar yang ada untuk listrik rumahan agar terhindari dari short ciruit. Karena yang merugi tidak hanya kalian sendiri jika terjadi kebakaran, bisa jadi tetangga rumah juga ikut menjadi korban, dan harta di rumah bisa raib seketika jika rumah tidak memiliki jaminan asuransi beserta isinya. 


Alasan Terjadinya Kebakaran Rumah

Alasan utama yang menyebabkan terjadinya kebakaran rumah terjadi khususnya di daerah perkampungan padat penduduk.

  • Spesifikasi dari MCB tidak sesuai dengan daya listrik yang dimiliki. Sebagai contohnya jika listrik rumah kalian hanya memiliki daya 900 watt berarti arus yang mampu dilewati oleh listrik rumahan sebesar 4 amper, jadi untuk memilih MCB nya kalian tidak harus memilih dengan spesifikasi 10 amper atau bahkan 12 amper, cukup memilih MCB dengan spesifikasi 6 amper saja. Jika terlalu jauh rate MCB dengan daya listrik, maka listrik rumah terlanjur gosong terlebih dahulu sebelum MCB bisa bekerja untuk memutuskan aliran listrik.

  • Peralatan elektronik yang rusak, bisa jadi seperti TV yang kabelnya sudah sobek lalu mendapatkan arus melebihi dari standar kabel TV. Kemudian kita tidak mendeteksi adanya sesuatu yang gosong, sehingga lama kelamaan api yang kecil bisa menjadi besar.

  • Alasan terakhir yang bisa kami berikan dikarenakan instalasi listrik rumah tidak terpasang kabel grounding, jadi ini adalah yang paling penting harus kalian kroscek disetiap instalasi listrik rumah tepatnya di panel listrik rumah. Perika, apakah ada grounding yang menancap ke tanah atau tidak, jika masih belum ada kalian bisa menanam sendiri dengan menyediakan pasak besi yang dililitkan kabel, kemudian disambung ke panel listrik rumah. Perlu diingat, kedalaman grounding setidaknya 1 meter lebih di dalam permukaan bumi.

Jika kalian telah memastikan tidak ada kenaehan dari setiap instalasi rumah dan seluruh perangkat elektronik rumah berfungsi dengan baik saja. Kalian sudah tidak perlu khawatir lagi, kalaupun terjadi keanehan yang tidak kalian kehendaki, segera hubungi pihak PLN terdekat untuk mengatasi masalah yang kecil agar tidak menjadi besar. 

Rumah merupakan aset berharga untuk kita, karena sebagai tempat bernaung. Rumah juga menyimpan surat surat berharga seperti ijazah, akte kelahiran, kartu keluarga, dan lain lain. Belum lagi tabungan yang ada di rumah kalian, jika terjadi kebakaran di rumah itu merupakan kejadian yang sangat memukul, terlebih itu disebabkan oleh kesalahan pribadi. 

Sekian artikel yang dapat kami berikan mengenai penyebab terjadinya kebakaran di perkampungan padat penduduk, semoga kalian bisa memahami isi dari artikel sederhana ini. Jangan lupa share artikel ini ke teman terdekat agar mereka bisa mengamankan rumah mereka dari konsleting listrik, terimakasih.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 4 comments:

  1. Nah baru aja beberapa bulan lalu mcb tempat saya ada kerusakan terbakar bagian dalam mas, pantaslah listrik tempat kami sering jeglek, tapi semuanya berlhasil terkendali setelah saya telepon pihak pln buat menanganinya, hari minggu pun oke mereka siap membantu

    Kalau kebakaran memang di pemukiman padat penduduk sering bangat, dulu aja saya ngekos daerah tanabang ampun uda berapa kali terdengar damkar bunyiin sirine pertanda bagian kampungnya ada si jago merah

    ReplyDelete
  2. bener banget sih, kalau di sini sering banget ada kejadian kebakaran tapi di komplek pasar bang, katanya sih karena konsleting listrik

    ReplyDelete
  3. Terima kasih informasinya. Dengan info ini kita bisa mengantisipasi kemungkinan terjadi kebakaran. Soal listrik ada baiknya dalam proses instalasi harus melibatkan mereka yang benar-benar paham...

    ReplyDelete
  4. Duh, semua orang harus tau info ini, nih. Soalnya banyak juga yang gak tau tentang ini. Padahal mencegah terjadinya kebakaran di rumah penting banget. Thanks banget infonya, mas.😄

    ReplyDelete
9127155806442794821