BLANTERVIO103

9 Fitur ADAS: Advance Driving Assist System Hyundai Kona EV Beserta Penjelasannya

9 Fitur ADAS: Advance Driving Assist System Hyundai Kona EV Beserta Penjelasannya
Friday, January 22, 2021

Advance Driving Assist System Hyundai Kona EV

Arenapublik.com - Advance Driving Assist System Hyundai Kona EV memiliki beberapa fitur baru tamabahan di tahun 2021 ini, dianggap dari versi upgrade untuk unit Hyundai Kona EV sebelumnya. Tahun ini pihak Hyundai akan memberikan sajian istimewa untuk penggemar kendaraan listrik dengan memberikan fitur mewah pada unit terbarunya nanti.

Menurut info resmi dari Hyundai, seluruh unit Kona EV tahun 2020 sudah berhasil sold out tanpa sisa. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpulan minat warga Indonesia akan kendaraan listrik dan mulai sadarnya masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan tidak membuang gas emisi karbon melalui kendaraan pribadi.

Tahun 2021 merupakan tahun yang banyak ditunggu oleh para pelanggan Hyundai, mereka sudah bisa memesan unit terbaru dengan beberapa upgrade fitur dari Kona sebelumnya. Namun untk harga juga terjadi upgrade tentunya, diinfokan untuk OTR akan lebih dari 700 juta rupiah. 

Oleh sebab itu, pabrikan asal Kore tersebut tidak main-main dalam menempatkan teknologi mutakhir demi kenyamanan pengemudi, yaitu Advance Driving Assist System Hyundai Kona EV atau disingkat dengan ADAS Hyundai Kona EV.

Berikut Fitur Advance Driving Assist System Hyundai Kona EV

Pada sub bab ini, kami ingin memberikan penjelasan terkait 9 fitur ADAS: Advance Driving Assist System Hyundai yang sudah tersematkan dalam unit Kona EV di tahun 2021, sebagai berikut:

Advance Driving Assist System Hyundai Kona EV


1. FCA: Forward Collison-Avoidance Assist

Salah satu fitur yang terdapat pada bagian depan sensor mobil, berfungsi untuk memberikan peringatan resiko benturan terhadap kendaraan lain di depannya. Tidak hanya kendaraan saja, bisa juga pejalan kaki, hewan, dan benda lain selama terdeteksi oleh sensor. 

Proses pencegahannya pun sangat smart, karena mobil akan memberikan daya pengereman secara otomatis, agar pengemudi bisa menyadari kondisi di depan mobil nya.

2. LKA: Line Keeping Assist

Fitur unik dan sangat membantu dari Hyundai Kona EV, yaitu dengan menjaga posisi kendaraan untuk tetap berada disekitaran marka jalan, melalui kontrol steering yang terdapat pada Kona EV. Pendeteksi line keeping assist tersebut dibantu oleh kamera depan yang terdapat pada unit kendaraan.

3. LFA: Line Following Assist

Sistem ini hampir sama dengan LKA sebelumnya, bedanya hanya terdapat dalam posisi kenyamanan pengendara saja saat berada di jalan raya. Karena mobil akan mengatur posisi kendaraan untuk tetap berada di tengah jalan melalui sensor kamera depan yang ada di mobil.

4. RCCA: Rear Cross-Traffic Collison-Avoidance Assist

Fitur safety tambahan dari unit electric ini juga terdapat pada RCCA, karena bisa membantu kita sebagai pengendara untuk menghindari terjadinya benturan atau tabrakan silang. Saat terdeteksi akan terjadi benturan, maka mobil akan memperhitungkan dari kecepatan 0-60 km/jam akan melakukan pengereman. Sangat membantu bagi Anda yang baru belajar memarkirkan mobil secara mundur.

5. BCA: Blind-Spot Collison-Avoidance Assist

Tak kalah dengan fitur lain, fitur blind spot juga akan membantu pengendara agar tetap aman dari benturan belakang mobil. Cara kerjanya adalah mengontrol pengereman, pada saat mobil hendak memotong jalan atau hendak melakukan parkir paralel, fitur BCA akan sangat membantu.

6. ROA: Rear-seat Occupant Alert

Fitur safety lainnya juga terdapat pada ROA, sistem akan langsung mendeteksi mobil bila pengendara sudah meninggalkan ruang kemudi. Apalabila terlupa anak masih tertinggal di kursi belakang, fitur ini dapat langsung memberikan peringatan berupa bunyinya klakson kendaraan agar mengecek mobil apakah ada sesuatu yang tertinggal atau tidak.


7. SEW: Safety Exit Warning

Selanjutnya adalah fitur saat pengemudi hendak keluar dari kendaraan, sistem akan membaca terlebih dahulu kondisi belakang mobil, apakah terdapat kendaraan lain atau tidak. Jika terdapat kendaraan lain, pintu akan otomatis terkunci dan bisa dibuka kembali setelah kondisi belakang mobil sudah aman.

8. DAW: Driver Attention Warning

Fitur ini sangat membantu untuk pengendara jika tidak terjadinya konsistensi dalam memainkan pedal gas, maka pada cluster mobil akan muncul satu peringatan bahwa untuk mengecek kondisi kesehatan Anda, jika dalam kondisi mengantuk, bisa melakukan istirahat sejenak.

9. RVM: Rear View Monitor

Berfungsi untuk melihat kondisi di belakang mobil dengan cara melihat dari layar atau monitor pada dashboard mobil. Monitor ini berfungsi untuk proses parkir atau melihat kondisi mobil di belakang pada saat berkendara. 

Sekian artikel kami mengenai advance driving assist system Hyundai Kona EV, semoga dari 9 penjelasan di atas dapat banyak membantu Anda untuk menentukan pilihan kepada Hyundai Kona EV. Karena mobil listrik untuk saat ini akan menjadi kendaraan masa depan, mobil bebas polusi, mobil ramah lingkungan demi anak cucu kita nanti. 
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821