BLANTERVIO103

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Drop

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Drop
Tuesday, August 3, 2021

Handphone atau hp adalah sebuah sarana komunikasi yang digunakan oleh hampir semua orang. Melalui hp, manusia bisa saling terhubung meski terpisah jarak yang jauh. Hp dapat berisi banyak aplikasi untuk mencapai tujuan tersebut, sekaligus untuk hal-hal lainnya seperti hiburan.

 


Meski demikian, pemakaian hp dalam jangka waktu lama dapat membuat baterainya berkurang drastis. Tentu hal ini dapat mengganggu karena pemilik hp tersebut akan kerepotan untuk mengisi dayanya kembali. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki baterai hp yang drop :

Melakukan Kalibrasi

Cara memperbaiki baterai hp yang drop yang efektif adalah dengan melakukan kalibrasi. Kalibrasi dilakukan untuk menyesuaikan kapasitas asli baterai dengan widget baterai. Hal ini dikarenakan terkadang baterai sudah terisi penuh dalam durasi yang lebih singkat daripada yang seharusnya.

Langkah pertama untuk melakukan kalibrasi adalah dengan terus menggunakan hp hingga baterainya habis dengan sendirinya.

Setelah itu, isi baterai dari hp yang telah mati tersebut hingga penuh, kemudian hp dihidupkan kembali. Selanjutnya charge baterai hp dalam kondisi menyala. Setelah menyelesaikan beberapa Langkah tersebut, hp kembali dicharge dalam keadaan mati. 

Hp kemudian akan bisa dipakai seperti biasa hingga baterainya kembali habis. Hp sudah terkalibrasi bila dicharge seperti biasa.


Tidak Meletakkan Handphone di Sembarang Tempat

Banyak orang yang sering lalai dan meletakkan hp miliknya sembarangan. Hp seringkali ditaruh di atas dashboard mobil, televisi, dan sebagainya secara asal. Padahal, tempat-tempat tersebut dapat mempengaruhi temperatur baterai hp sehingga cepat rusak dan drop. 

Karena itu, hp harus diletakkan di tempat yang wajar seperti meja agar suhu baterainya tidak berubah-ubah secara drastis. Penting pula untuk mengecek suhu hp dengan menggunakan aplikasi tertentu.


Tidak Mengisi Baterai Terlalu Lama

Kebiasaan buruk lain yang juga sering dilakukan banyak orang adalah tetap menyalakan hp saat baterainya diisi. Padahal, kebiasaan ini juga bisa merusak baterai, terlebih bila dilakukan terus-menerus. 

Karena itu hp sebaiknya dimatikan saat dicharge, dan ingatlah untuk langsung mencabut charger bila baterai sudah terisi penuh.


Mengurangi Notifikasi

Beragam aplikasi, seperti aplikasi media sosial, email dan chatting, sering memberikan notifikasi ke hp. Notifikasi tersebut akan muncul bila ada pesan masuk atau postingan baru. 

Pengguna aplikasi tersebut tentu akan merasa praktis karena terus mendapat informasi dan terhubung dengan aplikasi yang dipakainya.

Namun, ternyata notifikasi dapat memboroskan baterai hp. Salah satu cara memperbaiki baterai hp yang drop adalah dengan mematikan beberapa notifikasi tersebut. 

Notifikasi bisa dibatasi, sehingga hanya menyala untuk aplikasi-aplikasi yang penting saja, misalnya Whatsapp.


Menggunakan Casing Khusus

Dalam sehari, ada orang-orang yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat mengisi baterai hpnya. Mengisi baterai hp hingga penuh membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga tidak semua orang bisa menyisihkan waktunya untuk itu. 

Hal ini bisa diantisipasi dengan menggunakan sebuah casing khusus untuk hp.

Casing canggih ini memungkinkan untuk mengisi baterai saat dipakai di mana saja, sehingga terasa praktis. Pemilik hp tidak perlu menghabiskan waktu sekaligus kerepotan untuk mencari charger dan stop kontak untuk mengisi penuh hpnya. 

Tak hanya itu, model casing yang unik dan beragam juga dapat membuat penampilan hp lebih menarik.


Baterai merupakan salah satu komponen hp yang sangat penting. Bila baterai drop atau rusak, tentu akan sangat mempengaruhi kinerja hp yang dipakai sehari-hari. Karena itu, penting bagi para pemilik hp untuk menjaga baterai beserta komponen lainnya agar hp bisa berfungsi secara optimal dan berumur panjang.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821