BLANTERVIO103

Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses Pada Android

Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses Pada Android
Saturday, September 11, 2021

Sampai sekarang, internet sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Tidak hanya untuk komunikasi saja, internet juga dimanfaatkan sebagai media belajar hingga hiburan. Orang-orang menggunakan WiFi sebagai jaringan internet karena terbukti lebih murah. Hanya saja, sering timbul masalah lain salah satunya adalah WiFi menolak akses pada perangkat Android yang sedang dipakai.

Penyebab WiFi menolak akses tidak jauh-jauh dari 2 hal. Pertama ada masalah dengan router atau modemnya, dan kedua gangguan dari penyedia jaringan WiFi itu sendiri. Maka, ketika pengguna mendapati Android miliknya menolak akses WiFi tidak perlu panik dulu. Lakukan cara-cara di bawah ini, supaya WiFi bisa diakses kembali pada Android :

1. Restart Perangkat Router Atau Modem

Cara pertama supaya WiFi tidak lagi menolak akses Android adalah restart dulu perangkat router atau modemnya. Restart router sangat mudah sekali, pengguna tinggal matikan saja perangkat tersebut sampai posisi off. Tunggu beberapa saat sekitar 5 menit baru nyalakan kembali. Sudah banyak yang mencoba pakai cara ini dan terbukti berhasil.

Bahkan, cara ini tidak hanya bisa dipakai untuk perangkat Android saja. Saat pengguna mengalami masalah yang sama pada perangkat lain seperti laptop atau PC pun bisa dicoba cara ini. Selain itu, cara ini juga tidak mengharuskan pengguna untuk memanggil teknisi. Semua langkahnya bisa dilakukan sendiri karena relatif aman.


2. Restart Android

Pengguna Android juga bisa langsung melakukan restart saat mendapati kondisi WiFi tidak mau terkoneksi. Apakah cara ini cukup bisa jadi solusi terbaik? Beberapa pengguna sudah mencoba cara ini dan terbukti berhasil juga. Faktanya, secara logika saat perangkat Android selesai di restart, biasanya beberapa error yang terjadi akan kembali normal bukan?

Setelah restart, data yang sebelumnya crash bisa dimuat ulang. Sistem yang awalnya berjalan tidak semestinya juga dapat bekerja lebih optimal kembali. Jika seandainya Android setelah restart masih menolak WiFi, pengguna bisa matikan perangkat lagi. Lalu dilanjutkan dengan melepas SIM serta kartu memori. Tunggu dulu sejenak lalu kemudian pasang serta hidupkan perangkat seperti biasa.


3. Aktifkan Mode Pesawat

Ketika perangkat Android tidak mau terkoneksi dengan jaringan WiFi, pengguna juga bisa coba dengan mengaktifkan mode pesawat. Aktifnya mode pesawat tersebut, membuat koneksi jaringan seluler maupun WiFi yang tersedia akan diputus secara paksa.

Setelah menunggu beberapa saat, silahkan matikan mode pesawat pada Android. Biasanya, setelah dinyalakan ulang koneksi-koneksi yang bermasalah akan berjalan normal kembali. Jadi, tidak ada salahnya mencoba cara ini jika WiFi menolak akses pada Android.


4. Paksikan Memasukkan Kombinasi Password Dengan Tepat

Penyebab lain WiFi tidak mau terhubung dengan Android kemungkinan karena pengguna salah memasukkan password. Hal ini sangat sering terjadi, terutama pada password dengan kombinasi yang rumit. 

Entah itu salah huruf kecil, tidak pakai huruf besar, kurang memasukkan angka, dan masih banyak lagi. Sepele sebetulnya, tapi cukup berpengaruh pada kelancaran WiFi supaya terhubung pada perangkat. Maka, pastikan menuliskan password WiFi dengan tepat sesuai pengaturan router yang tersedia.


5. Ganti Alamat IP WiFi

Terakhir, pengguna Android bisa mengganti IP jaringan WiFi yang tidak mau terhubung. Kemungkinan besar hal ini diakibatkan oleh IP Android pengguna sama dengan perangkat lain dan semua sedang terhubung dengan satu WiFi. Mengganti IP WiFi Android juga cukup mudah.

Pergi saja ke pengaturan WiFi lalu klik “Preferensi WiFi” dan pilih “alamat IP”. Ganti alamat IP yang tertulis dengan yang baru. Harus diingat jika antara Android satu dengan yang lain kemungkinan punya perbedaan cara. Jadi, ada baiknya disesuaikan saja.


Ternyata kondisi WiFi menolak akses pada perangkat Android bisa dikatakan cukup wajar. Masalah tersebut bisa terjadi karena gangguan dari router atau penyedia jaringan WiFi itu sendiri. Pengguna Android bisa mencoba menghubungkan kembali WiFi pada perangkatnya dengan cara-cara di atas.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821