BLANTERVIO103

Cara Mengatasi Laptop Asus Lemot Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Laptop Asus Lemot Tanpa Ribet
Friday, November 26, 2021

Laptop Asus sering lemot? Pasti sangat menjengkelkan. Padahal ada pekerjaan yang harus selesai saat itu juga. Solusi yang paling umum untuk masalah ini yaitu mengganti laptop dengan yang baru. Padahal harga laptop tidaklah murah. Berikut merupakan cara mengatasi laptop Asus lemot yang bisa dipraktekkan langsung tanpa harus ganti laptop lagi:


Hapus Aplikasi yang Berat

Cara mengatasi laptop Asus lemot yang paling umum dan yang paling mudah yaitu dengan menghapus aplikasi pada laptop yang dirasa berat. Terlalu banyak aplikasi berat pada laptop bisa membuat penyimpanan menjadi penuh dan sistem bekerja terlalu lama. Hal ini bisa membuat laptop menjadi cepat lemot.


Pilih beberapa aplikasi yang tidak penting atau jarang dipakai. Juga gunakan aplikasi sesuai kebutuhan saja. Lalu hapus data dan uninstall aplikasi tersebut. Dengan begini laptop tidak akan menjadi cepat penuh dan membuat kinerja laptop menjadi lebih cepat dan lebih ringan.


Pakai Antivirus

Alasan umum laptop Asus menjadi lemot yaitu karena serangan virus dan malware. Virus ini bekerja seperti penyakit pada tubuh komputer, yang membuat kinerja laptop menjadi menurun terus menerus. Virus yang tidak terdeteksi juga bisa membuat file di laptop jadi hilang!

Untuk mengatasi hal ini, pasangkan program antivirus yang paling bagus pada laptop. Lalu jalankan, sehingga virus bisa dihilangkan. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara rutin agar tidak ada virus atau malware yang masuk lagi ke laptop. Dengan begini laptop tidak hanya menjadi lebih cepat tapi juga terbebas dari virus berbahaya.


Pakai Aplikasi yang Sesuai Spesifikasi Laptop

Spesifikasi pada laptop akan membantu dalam mengetahui program atau aplikasi saja yang mungkin bisa dijalankan tanpa lemot. Jika menginstall aplikasi yang tidak sesuai maka laptop akan berkurang kecepatannya. Selalu pilih aplikasi yang sesuai, agar tidak membebani laptop.

Menggunakan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi akan seperti memaksakan kerja laptop, sehingga bisa saja membuat laptop tidak hanya lemot tapi juga rusak. Carilah aplikasi dengan spesifikasi lebih rendah untuk mengatasi hal ini.


Tambah RAM Laptop

Selain dengan cara gratis, mengatasi laptop lemot juga bisa dengan cara yang lebih mahal seperti dengan menambah kapasitas RAM. Dengan menambah kapasitas RAM, maka laptop akan bekerja dengan lebih cepat dan penyimpanan di laptop pun lebih lega.

Jika laptop memiliki RAM 4 GB, maka dengan menambah RAM 8 GB atau 16 GB akan membuat kerja laptop lebih kencang. Tapi, perlu diingat bahwa untuk mengganti RAM harus diperhatikan juga spesifikasi RAM di laptop. Juga perhatikan apakah laptop bisa ditambah RAM nya atau tidak.


Ganti Harddisk dengan SSD

Laptop dengan penyimpanan harddisk biasanya bekerja lebih lama dibanding dengan laptop yang menggunakan SSD sebagai penyimpanannya. Jika laptop sudah terlanjur menggunakan HDD, bisa diganti dengan SSD agar kerja laptop jadi lebih cepat. Selain lebih cepat dalam bekerja, proses booting hingga akses data pun akan meningkat.

Untuk mengganti HDD dengan SSD memang tidak murah. Walau begitu, ada beberapa pilihan kapasitas SSD untuk laptop dari yang kecil hingga besar, dari yang lebih murah ke yang lebih mahal. Bisa dipilih sesuai kemampuan sehingga mengganti HDD laptop menjadi tidak terlalu berat.


Gunakan Cooling Pad

Selain cara di atas, memakai cooling pad juga bisa membantu. Cooling pada akan berguna sebagai kipas tambahan agar suhu laptop tidak panas. Karena suhu laptop yang panas akan bisa membuat kinerja menjadi lemot.

Cooling pad ini bisa ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan. Dari harga terjangkau sampai harga yang mahal. Cooling pad bisa jadi jawaban laptop lemot.


Itu dia beberapa cara mengatasi laptop Asus lemot yang pasti bisa dipraktekkan sekarang juga, sehingga tidak perlu ganti laptop baru yang mahal lagi. Cukup lakukan langkah di atas agar laptop bisa melaju kencang dan pekerjaan pun bisa cepat selesai. 

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821