BLANTERVIO103

Langkah Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator dengan Mudah

Langkah Cara Membuat Logo di Adobe Illustrator dengan Mudah
Sunday, November 28, 2021

Kebutuhan saat ini tidak lepas dari logo. Logo memberikan identitas yang khas untuk setiap orang, kelompok, usaha bisnis bahkan suatu Lembaga baik pemerintahan maupun non-pemerintahan. Dibawah ini adalah langkah cara membuat logo di adobe illustrator dengan mudah yang bisa dipraktekan dimana saja:

1. Buat Projek Baru

Langkah pertama adalah buka adobe illustrator terlebih dahulu. Setelah itu, buka project baru dengan tekan new atau pilih keyboard CTRL+N. Pilih ukuran square untuk canvas kerja. Bentuknya dengan perbandingan 1:1. Bisa pilih dengan bentuk 15:15, 20:20 atau ukuran lainnya.


Selanjutnya, pilih canvas dengan latar belakang putih. Jangan buat background transparan karena akan membuat bingung saat pengeditan. Adobe illustrator akan membuka projek yang telah disiapkan sebelumnya. Kini berlanjut menyiapkan langkah berikutnya.


2. Pilih Jenis Logo

Sebelum mulai membuat logo, pahami apa saja jenis-jenis logo. Logo umumnya terdiri atas tiga jenis yaitu logo type, logo imagetype dan logo maskot. Logo type berisi huruf-huruf dalam desainnya, logo imagetype terdiri atas gambar bentuk dan huruf, sedangkan logo maskot hanya berisi bentuk gambar yang menjadi ciri brandnya.

Seperti contoh, pada logo type biasa dipakai pada brand Lembaga BUMN. Dimana logo tersebut hanya terdiri atas huruf dengan kombinasi warna biru yang berbeda. Selain itu, contoh imagetype dipakai oleh kemasan-kemasan makanan dan minuman, di dalamnya terdapat bentuk gambar dan huruf. Lalu yang terakhir adalah logo maskot, ini bisa dilihat di brand sepatu nike, brand iphone apple dan lain-lain.


3. Siapkan Elemen Logo

Jika sudah memilih jenis logo yang dirasa cocok, siapkan elemen tersebut. Seperti font, shape, warna dan pastikan tools di adobe illustrator bisa digunakan semuanya. Biasanya tools yang sering dipakai adalah select tool, pen tool, brush tool, dan pen magic untuk menghapus background pada elemen desain.

Download variasi font di web yang tersedia seperti dafont.com san 1001fonts.com. Ada juga platform untuk bentuk-bentuk seperti di Freepik dan Flaticon. Dengan menyiapkan elemen tersebut maka akan memudahkan untuk prosesnya.


4. Buat Desain di Canvas yang Dipilih Sebelumnya

Setelah semua siap maka mulailah mendesain. Gunakan tools yang dibutuhkan seperti select tools untuK memilih dan memindahkan, pen tool untuk menggambar, crop untuk memotong dan lainnya. Jangan lupa untuk memperbesar dan memperkecil canvas dengan ctrl+ scroll pada mouse.

Buat desain semenarik mungkin sesuai keinginan. Bisa juga sambil melihat referensi di internet untuk merangsang ide baru yang lebih unik dan cocok. Pastikan tetap sabar dalam membuatnya karena tangan yang membuat desain sering kali salah menempatkan sesuatu.


5. Finishing Proses Hingga Menjadi Logo yang Menarik

Di langkah terakhir ini hanya tinggal finishing. Finishing adalah pengecekan akhir pada desain logo tersebut. Apakah ada yang salah, kurang pas, atau bahkan kurang dalam bentuknya. Finishing adalah langkah yang harus dilakukan, jangan sampai malas karena kualitas logo ditentukan saat-saat terakhir. Bisa saja seorang desainer mengganti ulang dari awal untuk membuat logo yang dirasa lebih bagus.

Perbaiki sampai menjadi logo yang bagus. Langkah cara membuat logo di adobe illustrator ini tergolong mudah karena dibuat untuk logo yang sederhana bagi pemula. Pastikan memang memiliki kemauan untuk membuatnya


Itu tadi adalah langkah cara membuat logo di adobe illustrator. Langkah cara yang mudah dan sederhana. Latihlah kemampuan membuat logo ini secara terus-menerus, maka akan menjadi lebih terampil di kemudian hari, bahkan bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821