BLANTERVIO103

Cara Bikin Link Zoom Di Handphone Secara Reguler dan Terjadwal

Cara Bikin Link Zoom Di Handphone Secara Reguler dan Terjadwal
Wednesday, March 2, 2022

Selain melalui laptop, Zoom juga bisa digunakan di handphone. Bagi yang ingin memulai pertemuan Zoom di handphone, maka perlu mengetahui cara membuat link masuk terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk mempermudah orang lain bergabung ke aplikasi satu ini. Cara bikin link Zoom di handphone berikut bisa digunakan untuk pertemuan reguler maupun terjadwal.



Cara Bikin Link Zoom Reguler di Handphone

Cara ini dilakukan jika ingin membuat link Zoom secara reguler atau biasa. Jika ada pertemuan dadakan, cara ini juga bisa menjadi alternatif karena pertemuan akan langsung dimulai begitu link Zoom selesai dibuat. Cara untuk bikin link Zoom reguler di handphone adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan pasang aplikasi Zoom di Play Store atau App Store
  • Buka Zoom lalu masuk ke akun Zoom yang dimiliki. Apabila belum memiliki akun, silahkan mendaftar terlebih dahulu menggunakan email
  • Jika sudah berhasil masuk, selanjutnya tekan tombol “New Meeting”
  • Di halaman baru yang muncul, silahkan atur bagian “Use Personal Meeting ID (PMI)” dan “Video On” sesuai keinginan
  • Setelah itu tekan tombol “Start a Meeting” untuk memulai pertemuan
  • Di bagian bawah layar Zoom, tekan opsi “Participants”. Jika opsi ini tidak terlihat, silahkan menekan layar Zoom sekali untuk menampilkannya
  • Setelah itu tekan tombol “Invite” di bagian paling bawah “Participants”
  • Pilih “Copy Invite Link” untuk mendapatkan link
  • Link Zoom sudah berhasil dibikin dan bisa dibagikan kepada orang lain


Cara Bikin Link Zoom Terjadwal di Handphone

Jika pertemuan Zoom telah ditentukan jadwalnya, maka link Zoom bisa dibikin tanpa harus memulai pertemuan lebih dulu seperti cara sebelumnya. Cara bikin link Zoom di handphone untuk pertemuan terjadwal adalah sebagai berikut:

1. Unduh dan Pasang Aplikasi Zoom

Sistem operasi handphone yang bisa digunakan untuk Zoom minimal Android 5 (Lollipop) atau lebih dan iOS 8 atau lebih. Jadi, pastikan handphone telah memenuhi sistem operasi tersebut. Pastikan juga penyimpanan handphone masih cukup untuk mengunduh Zoom. Jika telah terpenuhi, unduh dan pasang aplikasi Zoom melalui Play Store atau App Store.

2. Masuk ke Akun Zoom

Selanjutnya buka aplikasi Zoom kemudian masuk ke akun dengan cara menyentuh tombol “Sign In” lalu masukkan email dan password. Masuk ke akun Zoom juga bisa menggunakan akun SSO, Google, dan Facebook. Apabila belum memiliki akun, sentuh tombol “Sign Up” untuk mendaftar. Pendaftaran akun memerlukan email, nama lengkap, dan tanggal lahir.

3. Atur Pertemuan Pada Bagian “Schedule”

Setelah Zoom berhasil terbuka, di halaman awal terdapat tombol “Schedule”. Silahkan sentuh tombol tersebut lalu atur pertemuan Zoom yang diinginkan. Nama pertemuan, tanggal, jam mulai dan jam berakhir bisa diatur sesuai keinginan.Pengaturan lainnya bisa diabaikan atau disesuaikan jika ingin. Apabila sudah selesai mengatur, sentuh tombol “Done” di bagian atas.

4. Tekan Tombol “Send Invitation”

Setelah mengatur waktu pertemuan, selanjutnya kembali ke halaman awal Zoom lalu sentuh tombol “Meetings” di bagian bawah. Di sana akan ditampilkan jadwal pertemuan Zoom yang telah diatur sebelumnya.Selanjutnya sentuh tombol “Send Invitation” lalu pilih “Copy to Clipboard”. Setelah itu link Zoom berhasil dibikin dan bisa dibagikan kepada orang lain.


Itulah cara bikin link Zoom di Handphone secara reguler dan terjadwal. Setelah link Zoom berhasil dibikin, link tersebut bisa dibagikan melalui email maupun media sosial. Namun pastikan untuk tidak membagikan link Zoom tersebut secara sembarangan kepada orang tidak dikenal agar tidak disalahgunakan.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821