BLANTERVIO103

Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Laptop Pakai Adobe Acrobat

Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Laptop Pakai Adobe Acrobat
Friday, March 11, 2022

Cara mengecilkan ukuran PDF di laptop kadang perlu dilakukan untuk berbagai tujuan. Bisa untuk memperkecil ruang simpan di laptop, atau mungkin untuk memenuhi persyaratan ukuran data yang diinginkan. Banyak orang pun memanfaatkan jaringan internet untuk mengecilkan ukuran PDF melalui laptop.


Padahal, ada langkah yang lebih simpel bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran PDF. Untuk melakukannya, tidak perlu akses internet sama sekali. Para pemilik laptop hanya memerlukan software yang memang sudah terpasang di laptop seperti Adobe Acrobat. Software ini bisa dimanfaatkan untuk mengedit PDF, berikut adalah caranya:

1. Buka File PDF dengan Adobe Acrobat

Untuk mengecilkan ukuran PDF memanfaatkan fitur dari Adobe Acrobat, tentu saja para pemilik laptop harus membuka software terlebih dahulu. Setelah itu, buka file PDF yang ingin dikecilkan dengan tampilan Adobe Acrobat ini.

Caranya dengan memilih opsi Open pada pilihan menu bar yang ada di bagian atas. Kemudian, masuk ke folder tempat file PDF yang akan dikecilkan disimpan. Buka file PDF dengan menggunakan Adobe Acrobat.


2. Tekan Opsi Tools yang Ada pada Bagian Atas

Setelah file yang ingin dikecilkan sudah dibuka pada tampilan Adobe Acrobat. Kembali pilih salah satu opsi yang ada di menu bar bagian atas. Opsi yang dipilih kali ini adalah menu Tools, akan ada banyak sub menu yang muncul setelah opsi ini diklik.

Dari banyaknya menu yang muncul, pilih opsi Optimize PDF untuk menuju fitur mengedit ukuran PDF. Setelah diklik, akan muncul jendela PDF Optimize untuk mengatur ukuran PDF sesuai dengan yang diinginkan.


3. Pilih Fitur Reduce Size pada Optimize PDF

Cara mengecilkan ukuran PDF di laptop berikutnya adalah memilih fitur Reduce Size pada jendela pengaturan ukuran PDF. Fitur Reduce Size ini merupakan fitur untuk mengurangi ukuran PDF secara praktis.

Namun, jika para pemilik laptop memiliki ukuran tertentu yang diinginkan dari file PDF yang dikecilkan. Maka lebih baik tidak memilih fitur ini dan beralih ke fitur Advanced Optimization.


4. Edit Lebih Lanjut Pada Opsi Advanced Optimization

Pada fitur Advance Optimization ini, para pemilik laptop bisa dengan bebas mengatur ukuran PDF yang diinginkan. Para pengguna tinggal mengisi ukuran yang diinginkan pada kolom-kolom yang disediakan.

Ukuran yang dimasukkan tidak harus menjadi lebih kecil dari ukuran yang sebelumnya. Para pengguna juga bisa memanfaatkan fitur lanjutan ini, untuk membuat ukuran PDF yang diedit menjadi lebih besar.

Namun, ketika mengubah ukuran file PDF ini, lebih baik dipikirkan juga tampilan dan perubahan yang terjadi pada file PDF. Apakah konten di dalam file cukup kompatibel dan bisa mengikuti perubahan ukuran yang dilakukan.


5. Simpan PDF yang Sudah Dikecilkan Ukurannya

Setelah perubahan ukuran pada file PDF sudah ditetapkan, berikutnya para pengguna tinggal menyimpan perubahan ukuran yang sudah dilakukan. Para pengguna bisa menyimpan file PDF ini sebagai file baru, sehingga file lama dengan ukuran lama masih bisa tersimpan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan fitur Save As.

Namun, apabila para pengguna tidak masalah jika file PDF dengan ukuran lama menghilang. Maka, para pengguna langsung bisa mengklik opsi Save. Nantinya file akan tersimpan kembali dengan ukuran yang baru.


Itulah cara mengecilkan ukuran PDF di laptop dengan memanfaatkan software Adobe Acrobat. Tidak perlu repot-repot lagi mencari editor PDF online dengan jaringan internet. Pasalnya memperkecil file PDF bisa dilakukan secara offline dan tentunya begitu mudah.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821