BLANTERVIO103

Cara Memutar Lagu Lewat USB ke Speaker Mobil

Cara Memutar Lagu Lewat USB ke Speaker Mobil
Tuesday, August 16, 2022

Biasanya pada bagian head unit mobil sudah dilengkapi dengan port USB. Port tersebut dapat digunakan untuk menghubungkan USB apabila hendak mendengarkan lagu. Cara memutar lagu lewat USB ke speaker mobil ini cukup mudah untuk dilakukan.


Selain melalui USB drive bisa juga menggunakan hp yang dihubungkan dengan kabel USB. Cara ini dapat digunakan sebagai alternatif lain apabila tidak dapat memutar musik melalui koneksi bluetooth. Untuk mengetahui cara melakukannya, simak ulasan berikut ini:


Cara Memutar Lagu di Speaker Mobil Lewat USB Drive

Memutar lagu di mobil dapat digunakan untuk menemani perjalanan. Pada bagian head unit mobil terdapat port USB untuk menyambungkan USB drive atau flashdisk yang dimiliki ke mobil. Dengan demikian lagu yang tersimpan di dalam USB dapat diputar melalui speaker mobil.

Agar lagu dapat diputar maka pastikan bahwa format lagu yang disimpan dapat terbaca oleh mobil. Beberapa format lagu yang umumnya dapat terbaca adalah mp3, Apple Aac. OGG, FLAC dan juga ALAC. Untuk mengetahui bagaimana cara memutar lagu lewat USB ke speaker mobil ini simak penjelasan berikut:

  • Pertama perlu disiapkan flashdisk yang sudah terisi dengan lagu.
  • Setelah itu pasang flashdisk pada port USB yang tersedia.
  • Apabila port yang ada di mobil tidak sesuai dengan flashdisk yang digunakan maka bisa memasangkan adapter.
  • Setelah adapter terpasang di mobil pasang juga flashdisk ke adapter yang digunakan.
  • Kemudian tunggu hingga mobil membaca isi dari flashdisk tersebut.
  • Apabila isi flashdisk sudah terbaca di mobil pada tampilan monitor di headunit mobil akan menampilkan list lagu yang tersimpan.
  • Gunakan navigator untuk memilih lagu yang ingin diputar.
  • Setelah itu atur volume dan lagu sudah berhasil di putar di speaker mobil.


Cara Memutar Lagu Dari Hp ke Speaker Mobil Dengan USB

Selain USB drive seperti flashdisk, port USB di headunit mobil juga dapat digunakan untuk menyalakan lagu dari hp. Cara memutar lagu lewat USB ke speaker dari hp memerlukan kabel USB. Apabila tidak memiliki kabel USB maka bisa menggunakan kabel charger.

Cara menyalakan lagu dari hp ke speaker mobil ini mudah. Untuk melakukannya sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Untuk mengetahui caranya simak ulasan di bawah ini:

  • Sebelum menghubungkan hp ke port USB mobil, pindahkan lagu-lagu yang ingin diputar ke penyimpanan memori sd. Sebab biasanya head unit mobil tidak bisa membaca data yang tersimpan di dalam penyimpanan ponsel.
  • Setelah itu sambungkan hp ke port USB dengan menggunakan kabel USB.
  • Setelah list lagu yang tersimpan di memori sd sudah muncul, pilih lagu yang ingin dimainkan.
  • Atur volume dan lagu sudah dapat dinikmati dari speaker mobil.


Bagaimana Jika Lagu di USB Drive dan Hp Tidak Terbaca?

Pada beberapa kasus, lagu yang disimpan pada USB drive atau hp tidak dapat dibaca oleh head unit mobil. Padahal perangkat yang digunakan tersebut sudah terpasang dengan sempurna pada port USB. Untuk mengetahui kemungkinan penyebab hal ini terjadi simak penjelasan berikut:

  • Head unit mobil gagal membaca format lagu. Untuk itu pastikan lagu yang tersimpan menggunakan format lagu yang dapat dibaca oleh head unit mobil.
  • Lokasi file tidak diketahui. Tidak semua head unit mobil mampu memindai USB drive atau hp secara menyeluruh. Dengan demikian menyebabkan lagu tidak dapat terbaca di headunit mobil. Oleh sebab itu untuk mengatasinya, buat folder yang spesifik untuk menyimpan lagu-lagu tersebut.


Itu tadi adalah cara memutar lagu lewat USB ke speaker mobil. Untuk memutar lagu ke mobil ini pastikan bahwa format lagu yang akan diputar dapat terbaca oleh head unit mobil. Selain itu pastikan juga file lagu tersimpan pada file direktori yang spesifik dan dapat dipindai oleh headunit mobil.



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821