BLANTERVIO103

Begini Cara Mencari Sinyal TV Digital Yang Hilang Tiba-tiba

Begini Cara Mencari Sinyal TV Digital Yang Hilang Tiba-tiba
Saturday, September 24, 2022

Saat ini tersedia banyak cara mencari sinyal TV digital yang hilang secara tiba-tiba. Kondisi hilang sinyal pada sebuah TV digital tentu saja membuat pengguna merasa kesal. Apalagi jika keadaan tersebut terjadi saat sedang menikmati salah satu acara kesayangan.


TV digital memiliki berbagai penawaran yang dinilai lebih memuaskan dibandingkan TV analog. Misalnya saja dari segi kualitas gambar yang ditawarkan lebih menarik dan jelas untuk ditonton. Berikut sejumlah cara yang bisa digunakan apabila sinyal TV digital menghilang:

1. Mengubah Posisi Antena

Cara mencari sinyal TV digital yang hilang pertama adalah dengan mengubah posisi sebuah antena. Biasanya posisi antena yang tidak tepat jadi penyebab utama sebuah siaran TV digital menghilang atau tidak jelas. Kondisi yang demikian menyebabkan layar televisi memiliki tampilan buram.

Biasanya ada berbagai penyebab mengapa posisi antena bisa berubah sewaktu-waktu. Contohnya saja dapat disebabkan karena adanya cuaca yang kurang baik di daerah tersebut. Atau juga bisa mengalami pergeseran karena adanya burung yang bertengger.


2. Memeriksa Bagian Kabel Antena

Cara mencari sinyal TV digital yang hilang berikutnya adalah dengan memeriksa kabel antena. Hal ini juga merupakan suatu masalah umum selain dari posisi antena yang berubah. Kabel yang mengalami permasalahan tentu tidak mampu mentransfer gambar menjadi lebih baik.

Misalnya saja berupa kabel yang putus tanpa diketahui penyebabnya. Hal ini menyebabkan gambar tersebut hilang serta menyebabkan juga sinyal terganggu pada sebuah siaran. Maka dari itu pengguna harus menggunakan sebuah kabel antena khusus yang tentunya harus lebih berkualitas.


3. Periksa Jack Penghubung

Cara mencari sinyal TV digital yang hilang selanjutnya adalah dengan memeriksa bagian jack penghubung antena. Ini berkaitan langsung dengan kabel yang menghubungkan dari Jack antena ke tuner TV. Bisa dikatakan jika bagian ini termasuk hal penting untuk siaran dan sinyal.

Biasanya Jack penghubung mengalami permasalahan apabila telah termakan usia alias berkarat. Akibatnya Jack penghubung ini justru tidak mampu untuk menghubungkan langsung ke bagian tuner TV. Maka dapat menghilangan siaran.


4. Gunakan Booster Antena

Permasalahan hilang sinyal bisa diatasi dengan menggunakan booster antena. Jika diartikan booster antena merupakan alat yang berfungsi sebagai penguat sinyal antena. Karena alat ini sengaja di desain agar mampu meningkatkan sinyal sebuah perangkat dan juga untuk menerima gelombang tv.

Alat tersebut sangat bermanfaat bagi pengguna yang memiliki tempat tinggal di daerah pelosok. Karena dengan adanya alat ini mampu menangkap saluran tv yang lebih jernih dari pemancar sinyal. Dengan kekuatannya untuk menangkap sinyal inilah mampu membuat berbagai siaran digital muncul.


5. Gunakan Pencarian di Remot TV

Pilihan terakhir permasalahan hilang sinyal digital ini adalah dengan bantuan remote TV. Tidak melupakan bantuan dari kotak konverter atau set top box digital. Fungsi dari STB ialah untuk merubah sebuah siaran digital menjadi TV analog atau sebaliknya, seperti berikut ini.

  • Pertama menekan menu yang terdapat di remote TV pada bagian saluran lalu klik enter.
  • Kedua lakukan pemindai saluran dan prosesnya akan berjalan untuk memindai semua channel digital.
  • Terakhir pilihlah jenis saluran yang diinginkan bisa berupa digital maupun semua saluran sampai ditemukan dan klik ok.


Itulah sejumlah penjelasan lengkap mengenai cara mencari sinyal TV digital yang hilang. Semua langkah ini bisa dilakukan dengan mudah tapi kenali dulu penyebabnya. Jadi pengguna tidak akan lagi khawatir apabila terjadi masalah secara mendadak.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821