BLANTERVIO103

Manfaat Google Sites? Pengetahuan Baru Untuk Pengguna Google

Manfaat Google Sites? Pengetahuan Baru Untuk Pengguna Google
Monday, September 26, 2022

Google dikenal sebagai perusahaan yang memiliki banyak cabang berdasarkan manfaatnya. Misalnya, ada Google Maps sebagai penunjuk jalan, Google Dokumen untuk bekerja, dan ada juga Google Sites. Beberapa awam masih tidak mengerti apa manfaat Google Sites agar bisa digunakan.

Google Sites dan Pengertiannya

Seperti yang diketahui, Google Sites adalah sebuah cabang Google yang memiliki fungsi untuk membuat situs. Singkatnya, Google Sites merupakan semacam pelayanan Web Hosting yang disediakan secara cuma cuma oleh Google. Biasanya, Google Sites digunakan untuk kegiatan E-Learning.


Google Sites dapat dikelola secara mudah bahkan untuk pemula situs sekalipun. Itulah mengapa Google Sites sangat direkomendasikan untuk kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Misalnya kegiatan belajar, kegiatan organisasi, kegiatan kantor, dan lain lain.


Manfaat yang Bisa Dirasakan Dari Penggunaan Google Sites

Oleh karena Google Sites digunakan untuk berbagai macam kegiatan, maka manfaatnya juga dibagi menjadi beberapa jenis. Daftar di bawah merupakan manfaat umum yang bisa diambil dari macam macam kegiatan tadi. Langsung saja, inilah manfaat Google Sites yang bisa dirasakan:

1. Mengunggah Sebuah Informasi

Membagikan sebuah informasi dapat dilakukan langsung di Google Sites. Apabila Google Sites digunakan di dunia E-Learning maka informasi yang diunggah berupa materi belajar yang akan dibagikan kepada siswa. Lain jika Google Sites digunakan oleh pekerja kantor, info yang diunggah bisa jadi merupakan modul kerja atau sejenisnya.

Semakin canggihnya teknologi akan semakin memudahkan pekerjaan. Informasi materi tidak perlu lagi dibagikan menggunakan flashdisk atau email. Menggunakan Google Sites dapat memberikan informasi kepada banyak orang dalam sekali jalan.

2. Menyimpan Materi dalam Situs

Ini biasanya berguna di dunia pendidikan. Sudah sewajarnya seorang guru memiliki modul atau bahasan materi yang akan diberikan pada pertemuan berikutnya. Dengan Google Sites, siswa juga akan terbantu untuk mengetahui bahan ajar yang akan dipelajari pada kelas berikutnya.

Menyimpan materi atau silabus ini bisa dilakukan dengan cara membuat link. Guru akan menyimpan materi dalam suatu website, kemudian akan langsung membagikan link tautan di Google Sites. Murid tidak akan kesusahan mencari materi setelah melihat link yang diberikan.

3. Memberikan Materi dan Penugasan dalam E-Learning

Masih berasal dari dunia belajar online, materi dan penugasan bisa juga diberikan melalui Google Sites. Sistem ini berkaitan dengan kurikulum belajar yang mengharuskan siswa mencari materi secara mandiri. Biasanya, materi atau tugas akan di pin di halaman website Google Sites.

Link tersebut bisa disimpan meskipun akan ada link baru yang ditempel. Link lama yang berisikan materi lain jadi masih bisa ditemukan. Ini merupakan sebuah keuntungan lain untuk siswa agar bisa kembali mengulas materi materi selanjutnya

4. Memantau Unggahan Situs Lain yang Ada di Dalam Naungan Satu Grup

Manfaat Google Sites tidak hanya bisa dirasakan oleh member grup. Namun, si host atau admin pun bisa merasakannya. Misalnya, dosen dapat memantau unggahan tugas dari setiap mahasiswa yang ada di grup yang sama. Begitu juga dengan guru atau seorang atasan yang bisa melihat hasil kerja karyawannya.

Link situs yang diunggah namun hanya bisa dilihat dari grup yang sama. Sebenarnya ini merupakan sebuah peraturan basic. Meskipun admin, tidak sembarang orang dapat melihat isi grup orang lain dan memantau unggahan situs yang ada di sana.

5. Menjadi Wadah Diskusi untuk Setiap Planning

Dalam Google Sites,ada sebuah fitur diskusi yang bisa dimanfaatkan untuk bertukar informasi. Konsepnya sama seperti kolom komentar di Telegram atau grup chat di Whatsapp. Dengan adanya fitur ini, pengguna Google Sites dapat mendiskusikan segala sesuatu atau planning kegiatan.

Percakapan akan ada di setiap comment section yang dibuka pada masing masing materi bahasan. Apabila ingin membuat diskusi baru maka admin dapat menambahkan tema baru. Lalu, buka sesi komen dan diskusi dapat dimulai kembali.


Jadi itulah manfaat Google Sites yang bisa dirasakan. Selama ini memang kebanyakan Google Sites digunakan pada proses belajar mengajar, sama seperti Google Classroom. Namun, bukan berarti pihak umum tidak dapat menggunakannya. Google Sites juga digunakan secara gratis tanpa tuntutan biaya.



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821