BLANTERVIO103

Begini Panduan Cara Menggunakan Open Broadcaster Software, Mudah Banget

Begini Panduan Cara Menggunakan Open Broadcaster Software, Mudah Banget
Thursday, October 20, 2022

Saat ini tersedia banyak cara agar bisa merekam layar saat memakai sebuah komputer atau perangkat elektronik. Misalnya saja menggunakan bantuan aplikasi open broadcaster software atau obs. Maka banyak juga yang menanyakan bagaimana terkait cara menggunakan Open Broadcaster Software ini.


Biasanya pengguna membutuhkan aplikasi untuk melakukan perekaman layar guna merekam berbagai kegiatan penting. Contohnya saja saat melakukan pertemuan secara online maupun saat bermain game dan tutor video. Tak perlu pusing lagi karena simak penjelasan berikut ini agar lebih memahami cara menggunakannya.

1. Menginstal Aplikasi

Cara menggunakan Open Broadcaster Software pertama adalah tentunya dengan menginstal aplikasi. Biar bagaimanapun tanpa adanya perangkat atau aplikasi yang telah terinstall pengguna tidak akan bisa memakainya. Saat ini pengguna bisa melakukan instalasi dari aplikasi tersebut dengan mudah di mana saja.

Serta software dari aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis. Misalnya saja dengan melakukan penginstalan lewat Play Store serta sejumlah penyedia gratis lain. Ataupun membeli softwarenya di berbagai situs.


2. Mempersiapkan Perekaman

Berikutnya sebagai cara menggunakan Open Broadcaster Software adalah dengan mempersiapkan perekaman. Sebelum mulai untuk merekam layar, ada berbagai hal yang harus di cek oleh pengguna.

Misalnya saja pada menu setting untuk pengaturan obs studio yang terletak di menu file. Pengguna juga harus mengatur berbagai hal seperti format, serta penyimpanan video seperti berikut ini:

  • Pertama menentukan penyimpanan file rekaman, format video serta kualitas yang ada pada bagian output.
  • Apabila pengguna menyimpan dengan format mp4 dan mov, rentan rusak apabila terdapat kendala saat perekaman.
  • Bila ingin melakukan pengaturan kualitas dan jumlah sumber suara, bisa dipilih pada bagian audio.


3. Lakukan Pengaturan Perekaman Gambar

Selanjutnya masuk pada cara menggunakan Open broadcaster software untuk pengaturan gambar rekaman. Untuk memulai proses ini pengguna bisa langsung menekan pada bagian tombol + yang terdapat di bawah scene.

Tombol ini juga berfungsi untuk memberi nama sekaligus menambah rekaman baru. Agar lebih memahami apa pengguna bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama pilih scan atau tombol + yang terdapat diatas aktif.
  • Selanjutnya silahkan pilih pada bagian sumber gambar. Misalnya saja dari kamera ataupun dari layar.
  • Apabila pengguna ingin merekam secara keseluruhan tampilan sebuah layar maka pilih display capture.
  • Selanjutnya klik perintah Oke untuk memulai pilihan rekaman.


4. Memulai Perekaman Layar

Selanjutnya masuk pada bagian memulai proses perekaman pada jendela aplikasi. Yaitu memilih aplikasi apa yang sebenarnya ingin dilakukan perekaman layar dengan mengklik pada bagian start recording. Setelah menekan tombol tersebut pengguna bebas menentukan sampai berapa durasi waktu ingin merekam.

Ataupun juga bisa berpindah pada aplikasi lain apabila hendak mengganti rekaman. Karena secara umum kinerja dari sebuah aplikasi obs tersebut berdasarkan layar yang terdapat di sebuah perangkat. Layar apapun yang muncul itulah yang akan menjadi rekaman.


5. Pengaturan Suara

Apabila pengguna ingin menambahkan suara saat melakukan perekaman layar maka harus menambahkan pada audio input capture. Tanpa menggunakan fitur ini, sebuah video yang direkam tanpa suara. Maka dari itu langkah ini penting apabila pengguna ingin membuat video tutorial, seperti berikut:

  • Pertama klik pada bagian yang terdapat di fitur audio.
  • Kemudian pengguna harus mengklik Ok, pada bagian create source.
  • Setelahnya pengguna bisa menyesuaikan device audio yang sesuai bisa menggunakan microphone dari bawaan laptop.
  • Langkah terakhir klik ok dan suara bisa digunakan pada saat perekaman menggunakan aplikasi obs.


Itulah cara menggunakan Open Broadcaster Software yang sangat mudah. Keberadaan dari aplikasi ini tentu saja sangat membantu bagi siapapun yang selalu berhubungan dengan perekaman layar. Aplikasi mudah diakses dan digunakan kapan saja.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821