BLANTERVIO103

Apa Saja Perbedaan Smartphone dan Handphone_ Simak Penjelasannya

Apa Saja Perbedaan Smartphone dan Handphone_ Simak Penjelasannya
Sunday, October 23, 2022

Mungkin banyak orang belum menyadari ternyata smartphone dan handphone itu tidaklah sama. Tetapi masyarakat secara umumnya selalu beranggapan jika kedua istilah ini yang sama-sama digunakan untuk membicarakan mengenai telepon genggam. Padahal terdapat perbedaan smartphone dan handphone yang begitu nyata.


Walaupun secara umum kedua hal ini sama-sama mengacu pada perangkat genggam. Tetapi apabila diperhatikan lebih rinci ada sejumlah fitur yang dapat membedakan keduanya ini. Seperti berbagai perbedaan antar keduanya yang dapat dilihat dalam penjelasan berikut:


Mengenal Lebih Jauh Tentang Smartphone

Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan smartphone dan handphone, alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu. Kata smartphone lebih tepat merujuk pada sebuah perangkat seluler dengan berbagai fitur tambahan. Karena smartphone dibekali dengan sejumlah alat canggih menyerupai komputer untuk melakukan akses internet.

Contoh dari smartphone dalam kehidupan sehari-hari ini berupa iPhone dan juga ponsel Android. Penyebutan kata ini sengaja diciptakan khusus karena kedua benda tersebut memiliki fitur layaknya sebuah komputer. Simak sejumlah perbedaan berikut ini yang menjadi ciri khas sebuah smartphone:

1. Keyboard

Perbedaan smartphone dan handphone pertama adalah bisa dilihat dari segi keyboard yang digunakan. Pada perangkat smartphone biasanya menggunakan keyboard berbentuk virtual. Atau juga bisa dikatakan bahwa bentuk keyboard tersebut tidak tampak secara langsung di depan mata.

Karena biasanya layar yang digunakan berupa layar sentuh. Pembukaan ponsel atau smartphone 3 lebih licin dan halus. Juga sangat mendukung untuk keberadaan keyboard virtual itu sendiri.

2. Kualitas Kamera

Kelebihan berikutnya dari sebuah smartphone yang dapat dicerna adalah dari segi kualitas kamera. Smartphone memiliki kualitas kamera yang baik hingga sangat baik. Maka tidak mengherankan jika banyak pengguna tertarik untuk menggunakan smartphone.

Apalagi kini tersedia sejumlah produsen penghasil berbagai merek smartphone ternama. Contohnya saja seperti Iphone yang selalu berkembang di setiap tahun dengan series terbaru. Ataupun keberadaan sejumlah produk penghasil smartphone lainnya.

3. Mendukung Akses Internet dan Aplikasi

Kemudian yang tak kalah pentingnya dan menarik dari sebuah smartphone adalah akses internet dan aplikasi. Smartphone mendukung kedua komponen tersebut karena adanya ruang khusus yang disediakan untuk pengunduhan aplikasi. Melakukan akses internet dengan sebuah smartphone jauh lebih menyenangkan dan mudah.

Selain itu sistem jaringan yang tersedia untuk perangkat smartphone juga lebih bervariasi. Karena kini telah tersedia sampai sistem jaringan 5g di berbagai tempat. Pengguna juga bisa menurunkan kualitas jaringan berupa 4G atau 3G.


Mengenal Lebih Jauh Tentang Handphone

Handphone bisa dikatakan tidak sekompleks produk smartphone. Hal ini jugalah yang menjadi dasar perbedaan smartphone dan handphone agar lebih mudah dipahami. Perangkat handphone lebih sering disebut dengan ponsel atau telepon seluler oleh masyarakat.

Selain itu apabila berbicara dari segi fitur yang tersedia telepon seluler jauh lebih terbatas. Misalnya saja hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara atau berupa menerima pesan. Berikut sejumlah komponen yang tersedia pada telepon seluler atau handphone.

1. Keyboard Fisik

Pada handphone sengaja dirancang untuk menggunakan keyboard fisik. Hal ini dapat membuat sebuah pengguna melihat langsung keberadaan daripada keyboard tersebut. Pengguna tidak perlu menghidupkan ponsel agar bisa menyentuh keyboard seperti halnya pada smartphone.

Secara umum pada handphone lebih menggunakan keyboard dengan tool 9 angka. Selain itu layar yang tersedia untuk handphone jauh lebih kecil. Karena sebagian dari layar justru digunakan untuk keyboard fisik.

2. Akses Internet

Ciri khas berikutnya dari telepon seluler atau handphone adalah kurang mendukung untuk akses internet. Hal ini karena tidak adanya sistem teknologi canggih seperti smartphone yang digunakan pada sebuah telepon seluler. Begitupun dari segi sistem jaringan yang biasanya hanya mencapai 2G.

Pengguna juga tidak bisa bebas berselancar di Internet seperti halnya pada ponsel pintar. Secara umum telepon jenis ini tidak bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi. Karena hanya mendukung pada fitur berkirim pesan dan telepon suara.


Itulah berbagai perbedaan smartphone dan handphone yang harus dipahami. Apabila melihat fisik dari kedua ponsel ini pengguna akan dengan mudah membedakannya. Bila dibandingkan dari segi peminatan smartphone memiliki jumlah peminat yang lebih tinggi dibandingkan handphone.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821