BLANTERVIO103

Kenali Macam-Macam Kabel USB yang Umum Digunakan Serta Kegunaannya

Kenali Macam-Macam Kabel USB yang Umum Digunakan Serta Kegunaannya
Friday, October 14, 2022

Ada banyak macam macam kabel usb yang beda bentuk dan beda juga fungsinya. Ada banyak juga tipe usb yang digunakan, tiap jenis ponsel, ataupun gadget pasti memiliki bentukan kabel yang berbeda. Terkadang membeli kabel usb yang dilihat adalah kepala bentuk usb nya, bukan bentuk kabelnya. Untuk mengenal lebih detail, simak penjelasan berikut:

Mengenali Macam-Macam Kepala USB

Ketika mencari dan membeli charge smartphone pasti sebut kabel usb tetapi yang ditanya bentukan kepala usb nya, bukan ukuran atau bentuk kabelnya. Maka dari itu berikut penjelasan dari macam-macam kepala usb nya:

1. Micro USB

Kepala usb satu ini umum digunakan pada perangkat smartphone untuk versi bawah, kamera digital dan pada perangkat lainnya. Jenis ini muncul pada tahun 2008 dan hadir dengan 2 jenis, jenis micro usb bertipe B dan micro usb bertipe A.


Bentukan tipe micro usb A ini berbentuk pipih dan lebar dan memiliki ujung besi yang lurus di kedua sisinya. Untuk tipe B micro, sedikit melengkung. Untuk perihal kecepatan pengisian data atau transfer data sama cepat.

2. USB Type-A

Model usb type A ini banyak ditemukan pada perangkat elektronik serta gadget. Namun pada konsol game, atau perangkat elektronik juga banyak ditemukan. Banyak yang menggunakan tipe ini karena bentuknya yang lebih lebar dengan ukuran usb 1.1, usb 2.0, bahkan ukuran port usb 3.0. sekarang tipe A ini banyak ditemukan ukuran mini dan micro nya.

3. USB Type-B

Kabel data jenis berikutnya tidak sepopuler tipe A, C dan juga micro usb. Bentukan kepala usb ini banyak ditemui pada hard disk eksternal, scanner maupun printer. Tipe B ini memiliki 3 ukuran yaitu ada ukuran standar, macro versi 2.0 dan juga 3.0, serta ukuran mini.

4. USB Type-C

Kabel tipe ini paling banyak digunakan karena memiliki tegangan yang cepat sehingga mengisi daya dengan cepat. Tipe ini hampir sama banyak penggunanya seperti tipe A. karena zaman sekarang smartphone sudah beralih ke tipe c ini.


Mengenali Kabel USB

Setelah tadi sudah membahas mengenai kepala kabel usb, selanjutnya ialah mengenal macam-macam kabel usb. Ada banyak perdebatan mengenai kabel usb, maka dari itu kali ini membahas khusus perihal kabel usb nya juga. Ternyata ada banyak macam kabel usb dengan fungsinya tersendiri. Berikut adalah macam-macamnya:

1. Remax Type-C RC-044a

Model kabel yang pertama ini yang paling banyak ditemui di konter pulsa, maupun konter hp. Karena model kabel ini memiliki desain yang unik berbentuk flat, pipih dengan macam warna. Selain itu juga panjang sampai 100 cm, serta mampu mengisi daya smartphone dengan cepat, makanya banyak dijualnya.

2. USB Type-C Aukey CB-CD3

Model berikutnya yaitu aukey cb-cd3. Sama seperti modelan pertama, kabel ini mampu melakukan pengisian daya yang cepat. Terbuat dari bahan nilon A-C, dan juga dengan aluminium alloy yang awet. Panjang kabel ini bisa mencapai 2 meter panjangnya. Kabel ini mendukung pengisian daya untuk smartphone Samsung Galaxy S8 Plus/Galaxy S8/Note 8, LG V20/G6, dan jenis kompatibel perangkat lainnya.

3. Data Cable Type-C Mcdodo Auto Disconnect

Macam macam kabel usb berikutnya yaitu type c Mcdodo auto disconnect. Model kabel ini lebih tipis, kecil seperti bentukan kabel headset pada umumnya. Sama juga seperti model sebelumnya ini yaitu mampu melakukan fast charging. Terbuat dari bahan alloy, nylon fabric, Zinc dan soft nilon, dengan kualitas terbaik sehingga kabel lebih tahan lama.

4. Cable Data Type-C Hippo Caby

Model kabel ini hampir sama seperti modelan pada penjelasan pertama. Tapi ini inovasi lebih terbaru karena charging nya lebih cepat dari yang pertama. Bahan kabel juga lebih lentur, tidak mudah patah serta kuat terhadap sinar UV. Panjang kabel ini juga bisa sepanjang sampai 2 meter.

5. Cable Data USB Type-C Baseus Charger

Kabel ini bisa digunakan untuk jenis kepala usb adaptor lightning atau port type C. kabel jenis ini lebih awet, kuat dan tahan oksidasi. Bahannya juga tidak cepat rusak, dan juga arus listrik pengisian dayanya kuat. Bahan kabelnya dari armor wire dan juga aluminium shell.


Baiklah itulah tadi macam macam kabel usb yang umum digunakan dan perlu untuk dikenali. Pahami dari bentuknya serta masing-masing dari kegunaannya. Sebenarnya masih ada banyak macam lagi untuk kepala usb, tetapi cukup 4 macam saja yang perlu dikenali.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821