BLANTERVIO103

Gunakan 2 Cara Mengetik Dengan Suara Di Microsoft Word!

Gunakan 2 Cara Mengetik Dengan Suara Di Microsoft Word!
Tuesday, October 11, 2022

Terobosan canggih untuk membantu kerja ketikan banyak adalah dengan suara. Tidak perlu keluar usaha banyak untuk dikte per abjad. Namun cukup hanya mengeluarkan suara kata telah terketik sendiri. Ada dua cara yang utama yakni lewat word dan google docs. Inilah cara mengetik dengan suara di microsoft word:


Cara Mengetik dengan Suara di Microsoft Word Melalui Control Panel PC

Pilihan bagi pengguna pc bisa memanfaatkan fitur bawaan. Cukup dengan mengatur di control panel ketikan bisa melalui suara. Bukan menggunakan aplikasi bantuan supaya ketikan di word bisa tidak secara manual. Lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini:

1. Bukalah Setting Control Panel

Pertama yang harus dilakukan adalah fitur di pc diaktifkan. Caranya dengan membuka control panel di menu pencarian. Posisinya terletak di bawah bagian kiri pc. Saat membuka tampilannya adalah category. Maka, ubahlah ke large icon.

2. Pilih Speech Recognition

Lakukan dengan klik bagian kanan atas pojok pada ikon view by. Pastikan tampilan large icon sudah berubah. Langkah berikutnya ialah mengaktifkan fitur mikrofon. Caranya dengan klik pada ikon speech recognition. Mulai dengan start dan ikuti petunjuknya lalu Next.

3. Pilih Opsi Headset Microphone

Mikrofon sudah diaktifkan berarti mulai bisa digunakan. Namun masih ada tahapan yang harus diselesaikan. Saat mengklik next akan menjumpai pertanyaan what type microphone is Realtek Audio. Maka pilih opsi yang headset dan next. Cobalah dengan bersuara keras untuk periksa ketikan.

4. Klik Ikon Perintah Sampai Selesai

Setelah mencoba ketik dengan suara untuk mendeteksi sudah bisa atau belum. Proses berikutnya adalah pada halaman improve speech recognition accuracy pengguna memilih ikon yang enable document review. Kemudian use manual activation mode dan next sampai selesai.

5. Muncul Simbol Mikrofon Bentuk Kecil

Akhir dari proses tersebut adalah muncul bentukan kecil dari mikrofon. Langkah berikutnya adalah membuka aplikasi word di pc. Lalu klik pada mikrofon itu dan katakan apa yang mau diketik di word. Apa yang dikatakan otomatis terketik di dokumen yang ditampilkan.


Cara Mengetik dengan Suara di Microsoft Word Lewat Google Docs

Apabila cara pertama dengan control panel. Berbeda dengan cara kedua yang bisa yang harus terhubung internet. Alasannya menggunakan bantuan halaman berupa google docs di search engine. Pengguna bisa menemukan di layanan google melalui pc. Berikut ini tahapan untuk caranya:

1. Akses Laman Docs Google

Langkah yang pertama kali dilakukan adalah membuka akses google docs di mesin pencari. Caranya ketikkan saja google docs maka klik saja hingga muncul tanda dokumen warna biru. Pastikan pc terkoneksi dengan internet.

2. Masukkan Akun Google

Selanjutnya bagi pengguna yang belum akses ke akun google maka login saja. Caranya dengan memasukkan email dan kata sandi yang digunakan saat daftar akun. Apabila sudah masuk akun maka halaman dokumen bisa dibuka.

3. Klik Create New Document

Saat baru pertama kali menggunakan google docs. Maka harus membuat dulu halaman dokumen untuk ketikan dengan suara. Pilih ikon buat dokumen baru untuk aksesnya. Apabila sudah maka muncul lembar halaman kosong berikut menu.

4. Mulai Ketik dengan Suara

Setelah dokumen baru dibuka, maka langkah selanjutnya adalah memulai ketik suara. Caranya pilih pada menu yang tools lalu ikon voice typing. Sebelum itu pengguna memilih bahasa yang akan dipakai dengan klik atas mikrofon yakni tombol bahasa.

5. Istilah Dokumen Kosong

Setelah mengklik pada ikon tombol bahasa akan muncul kalimat use your microphone. Maka langsung saja tekan tombol allow tersebut. Maka izin untuk menggunakan suara dalam mengetik telah berhasil. Gunakan saja untuk mulai ketik dengan klik mikrofon.


Begitulah cara mengetik dengan suara di microsoft word. Cara pertama memiliki kelebihan tidak harus terhubung internet. Sedangkan cara kedua bisa digunakan dalam bahasa indonesia. Terlepas dari kelebihan cara tadi cukup membantu untuk atasi capek mengetik manual.



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821