BLANTERVIO103

Ini Dia 6 Fungsi Dari Microsoft Office Excel Yang Perlu Diketahui

Ini Dia 6 Fungsi Dari Microsoft Office Excel Yang Perlu Diketahui
Friday, November 25, 2022

Dalam aktivitas perkantoran, microsoft excel ini tentu sangat berperan. Salah satu fungsinya adalah sebagai program pengolah data. Namun, tidak hanya itu, aplikasi ini memiliki banyak fungsi lainnya yang belum banyak diketahui. Berikut fungsi dari microsoft office excel, antara lain :

1. Fungsi Administrasi

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk proses akuntan maupun administrasi yang dilakukan oleh seorang pekerja akuntan. Namun sebenarnya tidak hanya pada pekerja akuntan, namun setiap pegawai kantor tentu membutuhkan aplikasi ini untuk memudahkan pekerjaan.


Contoh dari penerapan secara nyata adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Seorang admin yang memiliki jobdesk tersebut akan membuat laporan dan mencatat terkait hal tersebut menggunakan bantuan microsoft excel. Terdapat banyak fitur yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaannya.


2. Pengolahan Data Manajemen Suatu Perusahaan

Fungsi dari microsoft office excel selanjutnya adalah mengolah data yang berhubungan dengan manajemen perusahaan. Seorang karyawan perusahaan akan menggunakan excel untuk memecahkan permasalahan terkait jumlah, persentase maupun hal lainnya pada suatu data.

Contohnya yaitu seorang karyawan yang menghitung real stok barang yang keluar masuk dari perusahaan tersebut. Selain menghemat waktu, pekerjaan juga akan lebih rapi sehingga mudah untuk dipahami oleh siapapun yang membacanya.


3. Membuat Laporan Keuangan

Seperti yang diketahui bahwa semua fitur pada microsoft excel memiliki fungsi termasuk membantu perusahaan dalam membuat laporan keuangan secara detail dan terperinci. Meskipun canggih namun proses pembuatan data dan perhitungannya tentu membutuhkan waktu yang panjang dan cukup kompleks.

Tidak heran jika seorang administrasi atau posisi yang terkait harus menguasai microsoft excel. Ini tentu agar dapat mempermudah pekerjaannya. Setidaknya dengan menggunakan microsoft excel akan menghindarkan seorang akuntan dari kesalahan-kesalahan yang dapat berpengaruh akibat pembuatan laporan yang dilakukan secara manual.


4. Fungsi Pengolahan Data Tabel

Fungsi dari microsoft office excel lainnya adalah melakukan proses input dan pengolahan data yang memanfaatkan tabel. Microsoft excel sendiri memiliki kolom dan baris dalam jumlah yang sangat banyak sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengolah data.

Ini tentu akan memudahkan perusahaan di mana dapat dengan mudah melakukan pengolahan data tabel dengan jumlah data sangat banyak dan beragam apabila memanfaatkan excel. Contoh sederhana yaitu melakukan presentasi menggunakan data hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan dalam jumlah yang banyak.


5. Membuat Grafik Dari Data Tertentu

Microsoft excel juga memiliki fungsi untuk membuat grafik dari suatu data tertentu. Data yang sudah diinput tersebut merupakan suatu pemantauan dari variabel tertentu. Berkat fitur yang lengkap pada excel maka dapat membantu pekerjaan tersebut.

Semua pekerjaan yang berhubungan dengan grafik akan lebih mudah diselesaikan karena memanfaatkan microsoft excel. Contoh sederhananya yaitu untuk membuat grafik dari data yang diperoleh selama setahun terkait pelanggaran lalu lintas oleh pengendara bermotor.


6. Fungsi Pembuatan Data Statistik

Statistika sendiri adalah ilmu yang berhubungan dengan analisis, penyajian hingga kesimpulan terhadap data tertentu. Ini tentu sangat diperlukan perusahaan untuk membuktikan suatu hasil dari penelitian yang sudah dilakukan. Data tersebut disajikan dalam bentuk diagram batang maupun lingkaran.


Fungsi dari microsoft office excel di atas sangat berguna untuk memudahkan setiap pekerjaan. Tidak hanya yang berhubungan dengan administrasi namun juga untuk keperluan lain seperti analisis dan pembuatan grafik. Dengan banyaknya fungsi tersebut, tidak heran jika microsoft excel sangat diperlukan.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821