BLANTERVIO103

5 Cara Pasang Wifi Dirumah Tanpa Kabel Telepon, Mudah!

5 Cara Pasang Wifi Dirumah Tanpa Kabel Telepon, Mudah!
Thursday, December 8, 2022

Saat ini kebutuhan akan adanya akses atau jaringan internet sangatlah krusial. Banyak kegiatan yang berlangsung secara daring semenjak adanya pandemi sehingga kebutuhan internet melonjak. Untuk itu, adanya Wifi sangat dibutuhkan. Namun, wifi dengan kabel telepon sangat merepotkan. Untuk itu, inilah beberapa cara pasang wifi dirumah tanpa kabel telepon yang bisa dilakukan:

1. Memakai Mifi Mobile

Wifi merupakan router tanpa kabel yang kerap digunakan sebagai hotspot Wifi. Memang biasanya Mifi ini menggunakan jaringan seluler seperti jaringan 3G maupun 4G. Meskipun begitu, kelebihannya yakni Mifi dapat menjangkau perangkat hingga mencapai sepuluh perangkat. Mifi ini dapat digunakan hanya dengan memakai kartu sim seluler saja.


Untuk masalah baterai biasanya hanya perlu discharge seperti baterai ponsel pada umumnya. Cara menggunakannya yakni dengan menekan tombol power selama beberapa saat. Biasanya ketika Mifi dinyalakan, alat tersebut akan menyalakan hotspot secara otomatis. Mifi akan segera menambatkan Wifi apabila terdapat perangkat yang tersedia.


2. Menggunakan Ponsel

Alternatif lainnya untuk cara pasang wifi dirumah tanpa kabel telepon bisa dilakukan menggunakan ponsel. Zaman saat ini kinerja ponsel sudah semakin pintar, lantaran kepintarannya itu kini banyak tugas yang bisa diselesaikan dengan ponsel. Salah satunya yakni dalam hal penyediaan Wifi. Kini telah banyak ponsel pintar yang dilengkapi dengan fitur ini terlebih untuk ponsel-ponsel pintar keluaran terbaru.

Untuk dapat menggunakannya pengguna hanya perlu menuju menu pengaturan. Kemudian pilih bagian nirkabel dan jaringan lalu klik selengkapnya. Jika sudah, carilah pilihan hotspot portable. Namun, ada juga beberapa pilihan lainnya seperti hotspot Wifi. Pilih aktifkan hotspot Wifi dan Wifi telah siap untuk digunakan.


3. Menggunakan Wireless Router

Solusi lainnya yakni bisa menggunakan Wireless router. Router ini mempunyai prinsip kerja layaknya router biasanya, tapi dapat beroperasi tanpa menggunakan bantuan kabel. Sebetulnya Wireless Router ini bisa memiliki fungsi ganda yakni sebagai LAN nirkabel, LAN kabel atau bahkan keduanya. Cara penggunaannya yakni dengan menyambungkan Wireless Router dengan modem ataupun komputer.

Untuk melakukan konfigurasi awal, bukalah dan lakukan login pada menu admin router di komputer. Input segala jenis data yang berhubungan dengan konektivitas. Jangan lupa untuk memperbarui MAC router dan nama jaringan SSID. Jika sudah, router telah siap untuk digunakan.


4. Menggunakan Router USB

Router USB ini mempunyai fungsi yang sama dengan Mifi. Namun, router USB ini bisa digunakan pada berbagai jenis operator seluler. Router USB ini memang merupakan perangkat ketiga, sehingga dibutuhkan pula modem USB sebagai salah satu sumber penyedia internet. Router USB ini dapat digunakan dalam berbagai modem USB.

Cara pengaplikasiannya cukup sederhana yakni hanya dengan memasang USB modem pada router USB saja. Kemudian, nyalakan router USB dan tunggu saja beberapa saat. Biasanya penambatan akan berlangsung secara otomatis.


5. Pasang Wifi dari Penyedia Layanan Internet

Alternatif terakhir jika ingin memasang wifi tanpa jaringan telepon bisa dilakukan dengan meminta bantuan jasa layanan penyedia internet seperti Indihome, BizNet dan semacamnya. Menggunakan BizNet pengguna tidak memerlukan jaringan atau sambungan telepon untuk mendapatkan akses internet.

Menggunakan jasa layanan internet ini bisa menjadi pilihan yang baik lantaran memiliki cakupan wilayah yang luas dan tidak pandang meski di daerah terpencil. Untuk bisa berlangganan biasanya pengguna perlu mendaftar dan menyiapkan berkas-berkas seperti KTP atau identitas yang serupa. Untuk layanan internet biasanya terdapat paket-paket yang bisa dipilih untuk setiap bulannya.


Itulah cara pasang wifi dirumah tanpa kabel telepon yang bisa menjadi pilihan. Kebutuhan internet kini memang semakin krusial. Jika memang untuk keperluan komunitas atau banyak orang lebih baik menggunakan jasa layanan penyedia internet. Jika hanya untuk kebutuhan pribadi lebih baik menggunakan pilihan yang lainnya.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821