BLANTERVIO103

Ternyata Ini Alasan Kenapa Wifi Lemot di Handphone

Ternyata Ini Alasan Kenapa Wifi Lemot di Handphone
Friday, December 9, 2022

Lambatnya jaringan Wifi di Handphone maupun di laptop sudah pasti menganggu kegiatan pada dunia online. Umumnya menggunakan Wifi di kafe, kampus, milik sendiri dirumah, kantor, dan masih banyak lagi. Penyebabnya apa ya yang membuat Wifi menjadi lemot? Itulah yang perlu kalian cari tahu informasinya. 

Agar kalian bisa tahu juga bagaimana cara mengatasi jaringan Wifi yang lambat di Handphone maupun di laptop. Alasan Wifi menjadi lambat ini dibagi menjadi dua golongan, yaitu ada eksternal dan juga internal. 


Secara internal merupakan gangguan sinyal Wifi yang terjadi akibat dari dalam perangkat tersebut. Misalnya dari penyebab internal ialah pemilihan paket, pembatasan limit pemakaian, kabel LAN yang terhubung dengan pancaran sinyal, adanya kerusakan pada Router. Dan juga laptop yang sedang update, Router yang terputus, dan lain-lain.

Sementara untuk penyebab eksternal merupakan gangguan yang terjadi akibat dari luar perangkat atau bisa dibilang juga karena kendali dari manusia. Contoh penyebab eksternal ialah lingkungan rumah yang memiliki banyak pohon yang besar, terjadi hujan yang lebat, adanya bangunan tinggi, ataupun sudah banyak yang memasang Wifi. 


Pemicu Wifi Menjadi Lambat di Handphone dan di Laptop 
  • Cek pilihan paket internet

Yang pertama, sebelum kalian membeli paket ceklah dengan benar dan teliti. Karena, saat ini sudah banyak jasa internet atau provider internet yang lainnya yang lebih menarik dengan paket unlimited.

Akan tetapi, disayangkan paket itu ada keunggulannya dan kelemahannya. Keunggulannya bisa digunakan tanpa adanya batas hanya dengan diberi jangka waktu bukan batas kuotanya. Selain itu, kelemahannya sudah pasti ada batas dari kecepatannya. 

Misalnya seperti yang dilansir pada laman Metro Lampung, apabila membeli kuota internet yang unlimited ada yang namanya kuota internet utama yaitu sebesar 10 Gb. Jika kuota internet itu sudah habis, memang benar internet masih bisa digunakan. Tetapi, kecepatan internet tersebut akan melambat. 

  • Jauhkan alat ini dari sekitar Router

Barang yang paling penting untuk memperlancar jaringan Wifi ialah Router. Oleh karena itu, alat itu mengirimkan kuota internet lewat jaringan. Agar internet tetap cepat alias tidak lambat, ada baiknya jauhkan benda-benda yang bersifat logam, besi, magnet, dan antena TV. Dan juga benda-benda elektronik yang lainnya.

Kemudian, letakkan tepat pada posisi yang strategis yang tidak memiliki batas tembok-tembok kantor maupun rumah. 

  • Terlalu banyak yang memakai

Banyaknya jumlah pengguna Wifi ini sudah pasti membuat jaringan Wifi menjadi lambat internetnya. Walaupun sinyal Wifinya sudah penuh. Penyebab itu bisa saja diatasi sendiri dengan cara membatasi pengguna Wifi tersebut.

Bisa juga pengguna rutin untuk mengganti kata sandi Wifi tersebut agar tidak ada lagi pengguna gelap yang menggunakan Wifi tanpa seizin pemiliknya. 

  • Provider internet atau penyedia internet sedang terjadi gangguan

Penyebab ini di luar kuasa para pelanggan untuk mengatasinya. Karena yang bisa memperbaiki Wifi menjadi lambat akibat gangguan dari pusat ialah orang teknisi mereka sendiri.

Pemicunya, karena adanya kerusakan tower terputus, terbakar, dan penyebab yang lainnya. Sebagai pengguna hanya bisa bersabar. Akan tetapi, pengguna bisa bertanya di call center provider internet atau penyedia jaringannya.

  • Cek Handphone dan laptop

Selanjutnya cek Handphone ataupun laptop yang dipakai untuk menggunakan internet. Hal-hal yang perlu dicek ialah bersihkan cache. Tidak hanya itu saja, matikan juga update otomatis pada Handphone ataupun laptop. Umumnya berada di Windows, Playstore, Google Photos, dan masih banyak lagi.



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821