BLANTERVIO103

7 Trik Fotografi Samrtphone, Dijamin Bikin Foto Makin Menarik

7 Trik Fotografi Samrtphone, Dijamin Bikin Foto Makin Menarik
Thursday, December 1, 2022

Ketika mengambil foto menggunakan smartphone, seringkali merasa bahwa hasil yang diperoleh kurang maksimal. Nah ini bisa dikarenakan belum menerapkan trik fotografi smartphone yang tepat dan benar. Simak triknya berikut ini :

1. Terapkan Rule Of Third

Pengguna dapat menerapkan trik yang satu ini untuk menciptakan foto yang bagus dan menarik. Biasanya satu foto akan terbagi menjadi 9 bagian dengan ukuran yang sama pada setiap frame-nya.


Fokus foto diletakkan di sepanjang garis maupun pertemuan garis yang akan menghasilkan foto lebih menarik. Untuk dapat menerapkannya, pengguna bisa mengaktifkan gridlines di smartphone pengguna. Mode ini akan membuat hasil foto lebih seimbang dan rata.


2. Usahakan Tangan Tidak Goyang

Karena ukurannya yang kecil, maka seringkali lebih riskan terhadap goncangan. Trik fotografi smartphone yang bisa diterapkan yaitu usahakan agar tangan tidak goyang ketika mengambil gambar.

Untuk mempertahankan posisi tangan steady atau tidak goyang yaitu dengan menghimpitkan kedua tangan dengan badan. Bukan justru meluruskan tangan ke depan maupun ke atas. Jika masih tetap kesulitan maka bisa menggunakan tripod khusus.


3. Memanfaatkan Pencahayaan Alami

Dalam hal pengaturan, umumnya smartphone tidak selengkap kamera mirrorless maupun DSLR, termasuk pengaturan pencahayaan. Oleh karena itulah, trik fotografi smartphone ini bisa coba dipraktikkan yaitu memanfaatkan pencahayaan alami.

Ambillah foto dari arah datangnya cahaya. Apabila mengambil foto dari arah sebaliknya maka hasil foto yang akan didapatkan yaitu backlight.


4. Perhatikan Fokus

Setiap smartphone tentu memiliki fitur auto fokus. Pengguna bisa mengatur fokus sesuai dengan keinginan sebelum akhirnya mengambil foto. Untuk caranya bisa dengan menyentuh layar smartphone di bagian yang ingin difokuskan.

Jika ingin mengambil foto sesuatu yang bergerak, maka bisa ketuk layar untuk mengatur fokus kamera ponsel. ketika ikon persegi maupun lingkaran muncul di layar kamera, geser fokus bidikan ke semua subjek di dalam foto tersebut.


5. Perhatikan Space

Trik fotografi smartphone selanjutnya adalah memperhatikan space atau ruang foto. Hindari untuk membuat fokus foto memenuhi satu frame. Sebaiknya berikan space yang cukup agar komposisi foto menjadi lebih menarik dan bagus.

Pengguna juga bisa membuat space yang luas untuk membuat fokus foto menjadi lebih menonjol. Dengan demikian hasil foto akan tampak lebih bagus.


6. Ambil Angle Yang Tidak Biasa

Pengguna bisa mengambil angle atau sudut pandang foto yang tidak biasa untuk menghasilkan foto yang lebih menarik. Jika biasanya mengambil foto dari depan objek, maka kini bisa mencoba mengambil foto dengan angle ekstrim yaitu dari atas maupun bawah.

Selain menjadi pengalaman baru, tentu akan memberikan hasil foto yang berbeda dari biasanya. Pengguna juga bisa mencoba angle-angle tidak biasa lainnya sesuai dengan objek yang sedang difoto.


7. Hindari Memperbesar Foto

Ketika mengambil foto jarak jauh, tentu banyak pengguna yang tergoda untuk memperbesar objek tersebut. Namun perlu diketahui bahwa sebenarnya memperbesar foto bukanlah hal yang direkomendasikan karena dapat membuat kualitas foto tidak bagus bahkan buram.

Cobalah untuk lebih dekat dengan subjek foto. Dengan demikian tidak akan mengurangi kualitas dan tentu saja lebih mudah untuk mengatur gambar yang diinginkan.


Itu beberapa trik fotografi smartphone yang bisa diterapkan untuk menghasilkan foto dengan hasil yang terbaik. Pengguna bisa memilih salah satu dari 7 trik di atas untuk memperoleh foto dengan kualitas maksimal. Selamat mencoba!


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821