BLANTERVIO103

Begini Cara Membuat Intro YouTube di Android dengan Aplikasi Canva

Begini Cara Membuat Intro YouTube di Android dengan Aplikasi Canva
Sunday, January 8, 2023

Cara membuat intro YouTube di Android menggunakan Canva menjadi alternatif untuk seorang YouTuber pemula agar video yang dibuatnya lebih banyak dilihat. Bagaimana tidak, meski menggunakan aplikasi ini secara gratis memiliki beragam gambar dan video estetik dapat tercipta dengan cara mudah.


Hasil desain yang tercipta layaknya karya seorang profesional dengan fitur dan template yang ada. Tidak heran jika Canva banyak dijadikan pilihan ketika membuat desain untuk media sosial atau media promosi lainnya. Untuk membuat video pembuka di YouTube, pengguna Canva harus melakukan hal berikut:

1. Buka Aplikasi Canva

Mengunduh dan memasang aplikasi Canva di perangkat Android adalah langkah awal yang harus dilakukan. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store ataupun AppStore.

Namun, Canva juga memungkinkan diakses lewat situsnya tanpa harus mengunduh aplikasinya. Baik lewat aplikasi ataupun web, Canva tersedia dalam versi gratis dan premium dan berbayar.

Untuk pengguna baru akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu. Keuntungan memiliki akun Canva adalah semua desain yang telah dibuat ataupun sedang dibuat akan tersimpan. Hal ini membuat penggunanya dapat melihat, mengubah desain yang telah disimpan meskipun dari perangkat yang berbeda.


2. Temukan Template yang Sesuai

Memilih Canva sebagai cara membuat intro YouTube di Android menjadi pilihan yang tepat. Pembaruan terakhir aplikasi ini telah memiliki template untuk membuat intro video. Untuk menemukan template yang sesuai dengan isi video yang akan diunggah diperlukan kesabaran ekstra sebab jumlah template yang sangat banyak.

Untuk memudahkan ketika memilih template yang tepat, setidaknya pengguna telah memiliki bayangan video seperti apa yang diinginkannya. Mungkin tidak akan ditemukan yang benar-benar pas tetapi dengan menggunakan kata kunci pencarian akan mempersingkat waktu ketika memilih template.


3. Manfaatkan Fitur yang Tersedia

Ketika telah memilih template yang dianggap sesuai, pengguna akan dibawa ke halaman desain. Ubahlah tulisan atau gambar agar sesuai dengan video yang akan diunggah dengan mengurangi atau menambahkan elemen, film atau musik. Diperlukan latihan yang sering untuk dapat mengeksplorasi fitur-fitur yang ada.


4. Sesuaikan Desain yang Dibuat

Setelah melakukan penyesuaian pada template yang dipilih dengan menggunakan elemen-elemen yang ada, cobalah untuk memutar video yang telah dibuat tersebut. Apabila dirasa belum pas, maka sunting ulang.

Tahapan cara membuat intro YouTube di Android ini mungkin akan memerlukan waktu yang lama untuk yang belum terbiasa. Namun, ketika hasilnya sudah jadi akan tercipta karya yang estetis dan menarik.


5. Download Desain

Ketika hasil desain sudah memenuhi harapan, pengguna dapat mengunduhnya dengan menggunakan tanda unduh Dan video tersebut akan tersimpan secara otomatis di galeri perangkat. Selain itu hasil desain juga akan tersimpan di folder “your desain” bersama hasil desain yang telah dibuat sebelumnya.


6. Unggah di YouTube

Tahapan terakhir adalah mengunggahnya di YouTube. Hal ini dilakukan ketika video intro ini telah digabungkan dengan video isinya sehingga menjadi satu video yang lengkap intro dan isinya.

Untuk mengunggahnya di YouTube, harus masuk melalui YouTube Studio. Kemudian tekan channel baru lalu pilih video yang akan diunggah dari file perangkat Android yang digunakan.

Tuliskan judul dan deskripsi video tersebut dan tunggulah sampai beberapa saat. Setelah prosesnya selesai, video sudah muncul di akun YouTube yang dimiliki dan bisa ditonton oleh seluruh pengguna YouTube.


Demikianlah cara membuat intro YouTube di Android menggunakan aplikasi Canva dengan mudah. Memang masih banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat intro video YouTube, tapi cara ini yang paling mudah untuk seorang pemula. Hasilnya pun akan menarik seperti seorang profesional.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821