BLANTERVIO103

Penyebab Gambar CCTV Tidak Tampil di Monitor, Harus Tahu!

Penyebab Gambar CCTV Tidak Tampil di Monitor, Harus Tahu!
Monday, January 23, 2023

Semakin ke sini memang semakin banyak yang memanfaatkan bantuan dari CCTV demi menjaga bangunan yang dimiliki. Namun terkadang ada beberapa hal yang menjadi penyebab gambar CCTV tidak tampil di monitor sehingga memunculkan rasa khawatir bagi para pengguna.


Sebenarnya ada beberapa penyebab yang benar-benar membuat CCTV tidak berjalan dengan baik. Apalagi jika permasalahan yang sedang terjadi berkaitan erat dengan keberadaan gambar yang tidak muncul. Untuk beberapa penyebabnya, simak uraian ini:

1. Kamera CCTV Mati

Aspek yang menyebabkan CCTV tidak dapat berjalan dengan baik seperti biasanya termasuk gambar tidak muncul adalah karena masalah pada kameranya. Biasanya ada beberapa CCTV yang memang memiliki kamera yang rusak atau mati sehingga perlu segera diperbaiki di tempat service nantinya.

Meskipun begitu, ada juga beberapa CCTV yang masih baru sehingga bisa memanfaatkan saja bantuan dari garansi yang tentu saja sudah ada. Selama proses perbaikan yang dilakukan tersebut, coba untuk memeriksa juga bagian yang lainnya sehingga nanti CCTV dapat bekerja dengan optimal.


2. Adaptor yang Bermasalah

Untuk penyebab yang kedua ini secara sederhana bisa dikatakan sebagai permasalahan yang banyak diabaikan pengguna sehingga juga tidak diperbaiki segera. Padahal sama seperti beberapa alat yang lainnya, penggunaan CCTV dengan adaptor yang salah atau tidak sesuai juga berdampak negatif nantinya.

Setiap pemilik CCTV ini bisa mencoba untuk memeriksa bagian adaptor dengan hati-hati terlebih dahulu terutama jika ternyata mati sejak lama. Namun jika masih ragu dengan keadaan dari adaptor untuk CCTV yang dipakai, maka bisa memanfaatkan bantuan dari alat seperti avometer.

Selain solusi yang direkomendasikan tersebut, ada juga solusi yang lainnya terutama bagi yang ingin menggunakan saja adaptor yang lebih baru. Coba lepas dahulu adaptor yang saat ini sedang dipakai dan segera ganti dengan yang baru dan tentu saja lebih berkualitas.


3. Kabel CCTV Putus

Sementara itu, untuk penyebab gambar CCTV tidak tampil di monitor yang ketiga ini mungkin tidak mengejutkan bagi beberapa pengguna alatnya. Apalagi memang banyak situasi yang menunjukan adanya kabel yang terputus karena gigitan tikus atau lainnya sehingga CCTV menjadi bermasalah digunakan.

Jika ternyata menghadapi permasalahan yang seperti ini, maka coba saja dengan menyambungkan terlebih dahulu kabel yang digunakan jika memang memungkinkan. Namun jika ternyata kerusakan pada kabel yang terjadi lebih parah, maka coba saja melepasnya langsung dan membeli kabel yang baru.


4. Port Connector Rusak

Ada juga sebuah faktor yang lainnya yang mungkin banyak tidak dikenali misalnya saja dengan adanya Port Connector yang rusak dipakai. Apalagi jenis faktor ini masih banyak diabaikan oleh beberapa pengguna padahal jika dibiarkan saja nantinya memunculkan masalah yang lebih parah.

Untuk mengatasi hal ini, memang lebih baik langsung saja mengganti dengan yang baru atau diperiksa dahulu untuk memastikan kesalahan penggunaannya. Pemeriksaannya pun bisa dikatakan jauh lebih mudah hanya dengan mengambil bagian tersebut dan meletakkannya di Port lain dan lihat hasilnya.


5. DVR yang Error

Bahkan untuk permasalahan seperti gambar yang tidak bisa muncul di CCTV sangat berkaitan erat dengan bagian DVR yang ternyata sedang eror. Kali ini, hanya saja, setiap pengguna lebih disarankan untuk mengecek dahulu di tempat service yang ada sehingga tidak buru-buru membeli.

Jika ternyata ditemukan masalah yang serius, maka coba saja ganti dengan yang baru. Namun jika masih memiliki bantuan berupa garansi, maka lebih baik gunakan keuntungan dari garansi tersebut.


Beberapa penyebab gambar CCTV tidak tampil di monitor tersebut harus dikenali sejak awal oleh para pengguna sehingga lebih aman. Apalagi ternyata ada banyak faktor yang sebenarnya malah diabaikan pengguna sehingga nantinya memunculkan masalah baru yang berdampak pada perbaikan lainnya.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821