BLANTERVIO103

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Windows 10 dengan Mudah

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Windows 10 dengan Mudah
Thursday, February 16, 2023

Tidak hanya pada Hp saja yang memiliki spesifikasi, tetapi pada laptop pun sama. Hal itu sangat penting diketahui para pemilik. Sebab, spesifikasi pada laptop akan menentukan apakah perangkat dapat berfungsi dengan baik atau tidak.


Untuk mengetahui spesifikasi tentu harus dicek terlebih dahulu. Nah, berikut ada cara mengecek spesifikasi laptop windows 10 paling mudah dan simpel, yaitu:

1. Memanfaatkan Fitur About Your PC

Pertama untuk mengetahui spesifikasi laptop Windows 10 bisa dengan menggunakan fitur About Your PC. Fitur tersebut merupakan salah satu fitur di laptop yang bermanfaat dalam bidang pengecekan spesifikasi. Penggunaannya yang cukup mudah menjadi salah satu pilihan terbaik. Berikut cara pengecekan lewat fitur tersebut:

  • Pertama, buka dan nyalakan laptop Windows 10. Kemudian tekan menu start atau bisa juga tombol jendela di keyboard
  • Setelah itu, cari fitur About Your PC dengan mengetikkannya di kolom pencarian yang tersedia
  • Kemudian, akan muncul halaman yang menampilkan berbagai informasi terkait dengan spesifikasi pada laptop. Pada bagian Device specifications merangkumkan sejumlah informasi inti, seperti jenis PC, Processor, Jenis sistem, RAM dan lainnya.

Selain terdapat berbagai rangkuman informasi mengenai spesifikasi dari laptop, pemilik juga bisa merubah nama laptop dengan menekan menu Rename This PC. Rangkuman windows specification versi OS juga disertai tanggal saat pemasangan.


2. Menggunakan System Information

Selanjutnya cara mengecek spesifikasi laptop Windows 10 juga bisa menggunakan tool atau menu System Information. Menggunakan menu tersebut, pemilik dapat melihat spesifikasi dari laptop secara lebih rinci. Caranya yang digunakan pun cukup mudah, ikutilah langkah berikut:

  • Langkah pertama, bisa membuka dan jalankan laptop. Lalu, tekan menu start yang ada di bagian bawah layar desktop
  • Kemudian, carilah menu System Informasi dengan mengetikkannya pada kolom pencarian yang terdapat di menu start tadi. Lalu, tekan enter
  • Jika sudah, selanjutnya akan ada sebuah halaman yang menampilkan informasi mengenai laptop disertai dengan menu-menu. Terdapat menu System summary yang didalamnya ada informasi mengenai hardware resource, Components, dan juga Software environment.

Di dalam menu System information, pemilik juga bisa merangkum berbagai informasi yang tertampil. Serta dapat merubahnya menjadi sebuah file dengan format txt. Caranya dengan menekan menu file yang terdapat di bagian atas desktop, kemudian pilih opsi Export.


3. Menggunakan Command Prompt

Pada dasarnya fitur Command Prompt atau CMD ini merupakan sebuah sistem operasi di Windows, sebagai penerjemah perintah. Namun tidak hanya itu saja, menggunakan Command Prompt juga bisa untuk mengetahui spesifikasi pada laptop. Cara ini juga tidak kalah mudah dengan dua cara sebelumnya. Berikut beberapa langkah yang bisa diikuti:

  • Langkah pertama, tentu lakukan pencarian pada kolom yang tersedia pada menu start. Ketikkan keyword berupa Command Prompt
  • Setelah itu akan muncul halaman Command Prompt, kemudian klik kanan di halaman tersebut
  • Jika sudah, pilihlah opsi Run as administrator
  • Lalu, masukan perintah dengan kata systeminfo, kemudian tekan enter
  • Tunggu sesaat kemudian dan CMD akan menampilkan berbagai informasi spesifikasi pada laptop. Misalnya seperti, informasi sistem, RAM, Bios, Model Komputer dan masih banyak lagi.

Jika pemilik ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait spesifikasi bisa menuliskan perintah systeminfo. Disana akan tertampil informasi apa saja yang dapat dimasukkan dalam laptop. Informasi tersebut tertampil secara rinci dan memudahkan untuk dilihat.


Nah, itulah tadi beberapa cara mengecek spesifikasi laptop Windows 10 paling mudah. Setelah mengetahui informasi mengenai spesifikasi tersebut, tentu akan membuat pemilik lebih paham akan laptopnya. Tentunya akan lebih mudah untuk mengontrol setiap aktivitas yang dilakukan dengan laptop, bukan?



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821