BLANTERVIO103

Habibie Masa Kini, Chaerul Hadir Dengan Pesawat Ultralight

Habibie Masa Kini, Chaerul Hadir Dengan Pesawat Ultralight
Tuesday, January 21, 2020
Arenapublik.com - Nama Chaerul saat ini semakin booming dan viral di negara Indonesia, betapa mengejutkan pria yang tidak tamat mengenyam bangku pendidikan tingkat dasar mampu merakit pesawat terbang tipe ultralight berkat upaya dan kerja kerasnya yang telah ia lakukan selama belasan tahun belakangan ini. Berasal dari provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Pinrang. Tidak salah jika kami menyebutnya "Habibie Masa Kini" karena Alm. Habibie dan Chaerul sama-sama berasal dari Sulawesi Selatan. 

Habibie Masa Kini, Chaerul Hadir Dengan Pesawat Ultralight
Gambar 1 Cover Chaerul Si Perakit Pesawat

Awal Mula Merakit Pesawat

Sebagai informasi tambahan, seorang Chaerul telah memulai pembuatan atau perakitan pesawat pada tahun 2002, tetapi Chaerul menemui kendala sehingga pesawat rakitannya tersebut tidak bisa terbang sama sekali. 

Hal itu tidak membuatnya berkecil hati, setelah 17 tahun berlalu tepatnya 2019 tahun kemarin. Chaerul berusaha untuk mencobanya kembali dengan mengadopsi mesin kawasaki 150 CC ia perlahan untuk merakit pesawat ultralight nya tersebut. 

Bermodalkan Youtube, pria asal Pinrang, Sulawesi Selatan tersebut terus mengasah ilmunya untuk dapat merealisasikan impiannya untuk merakit sebuah pesawat terbang.

Sempat mengalami kegagalan terbang sebanyak 5x tetapi Chaerul berusaha untuk mencoba lagi.

Fakta Menarik Pesawat Rakitan Chaerul

Pesawat tipe ultralight yang berhasil dirakit Chaerul ternyata telah menghabiskan biaya sekitar 30 juta rupiah dan hebatnya dana sebesar itu merupakan dana pribadi yang dimiliki oleh Chaerul sendiri tanpa mengikuti crowdfunding sedikit pun. 

Pesawat rakitan Chaerul mampu terbang pada ketinggian 10 hingga 12 meter. Ketinggian tersebut sudah cukup bagi kita untuk menghindari macet perkotaan bukan. 

Akibat viralnya video pesawat rakitan yang diciptakan Chaerul, kini Chaerul menjadi orang sibuk yang mendapat undangan dari pihak birokrasi hingga angkatan bersenjata TNI AU sebagai tamu khusus untuk melihat-lihat kondisi pesawat yang ada.

Chaerul Hadir Dengan Pesawat Ultralight
Gambar 2 Uji Coba Pesawat Chaerul
(sumber: kompas)

Penutup

Tidak salah jika kami berani menyandingkan sosok Chaerul sebagai Habibie masa kini, karena semangat yang dimiliki oleh Chaerul pantang menyerah untuk mendapatkan suatu tujuan dan dapat merakit pesawat sendiri, inilah pemuda kebanggaan bangsa yang mampu secara pribadi merakit pesawat, meskipun tidak seperti Alm. Habibie yang merakit pesawat Transpor Sipil. 

Perlu kita apresiasi setinggi-tingginya atas capaian yang diraih oleh Chaerul, dan kabarnya Chaerul kini telah menerima orderan pesawat rakitannya sendiri dengan mesin motor yang up 150 CC. Semoga berjaya Chaerul! 
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 comments:

  1. Wah, salut banget sama Pak Chaerul ini. Membuktikan bahwa dengan kerja keras dan pantang menyerah, keinginan atau cita-cita pasti dapat dicapai. Dan mungkin saja negara perlu mensupport kerja keras Pak Chaerul ini, siapa tahu bisa jadi ahli pesawat betulan di masa depan.

    ReplyDelete
  2. Semoga semakin banyak lagi bermunculan pemuda-pemuda bangsa seperti ini, yakin deh kalau Indonesia selalu melahirkan banyak penerus pak Habibie :)

    ReplyDelete
9127155806442794821