BLANTERVIO103

Ilmuwan Kanada Merubah Cangkang Kepiting Menjadi Plastik

Ilmuwan Kanada Merubah Cangkang Kepiting Menjadi Plastik
Tuesday, February 25, 2020
Arenapublik.com - Ilmuwan di negara bagian Kanada kini sedang gencar mengembangkan inovasi dalam pembuatan plastik dari kulit kepiting. Para ilmuwan berencana membuat cangkang kepiting hijau menjadi beragam macam bahan plastik, seperti gelas dan lain sebagainya. Proyek pengembangan ini juga didukung oleh pakar kimia dari McGill University, Audrey Moores.
Merubah Cangkang Kepiting Menjadi Plastik
Gambar 1 Cover Merubah Cangkang Kepiting Menjadi Plastik
(sumber: Natgeo)


Alasan Dijadikan Pengganti Gelas Plastik

Kepiting hijau dikalangan luar sana dianggap sebagai hama, karena jumlah reproduksi dari kepiting hijau ini sangat besar. Menurut Fisheries & Oceans di Kanada bahwa untuk satu induk kepiting hijau dapat menghasilkan 170 ribu telur lebih selama hidupnya, hal ini yang mendorong ilmuwan dari negara Kanada berniat menciptakan gelas plastik dari kulit kepiting. 

Proyek pembuatan gelas plastik hingga peralatan lainnya dari kulit kepiting disisi lain dapat membantu daerah pesisir pantai Taman Nasional Kejimkujik dari limbah plastik, sehingga dengan adanya inovasi tersebut penggunaan gelas plastik dapat lebih "eco" dengan digantinya dari cangkang kepiting.

Fakta Menarik Plastik Dari Cangkang Kepiting

Dalam sejarah, ini pertama kalinya pembuatan bahan plastik seperti gelas dengan tidak adanya campuran bahan berbahaya. Karena proses pembuatan dari gelas plastik tersebut dengan mengumpulkan cangkang kepiting menjadi satu lalu ditumbuk menjadi serbuk halus yang kemudian dipadatkan, sehingga dapat berbentuk gelas plastik. 

Sejauh perkembangan proyek pembuatan gelas plastik dari cangkang kepiting ini, Audrey Moores berhasil mendapatkan struktur yang kuat seperti kaca. Sangat hebat sekali bukan. 

"Jika kita bisa membuat produk untuk mengatasi polusi dari bahan spesies yang invasif, saya rasa itu akan menjadi inovasi yang sangat bagus" - Audrey Moores

Saat ini negara maju seperti Kanada sudah sangat baik dalam pengolahan sumber daya alam menjadi produk yang bisa mengatasi permasalahan polusi, alasan negara tersebut dapat memikirkan hal yang sering tidak kita jama karena negara tersebut Menghargai para peneliti. 

Disisi lain, kepiting hijau dengan jumlah yang besar tersebut sangat tidak diinginkan bagi warga negara Kanada karena dianggap sebagai "HAMA". Sedangkan kalau di negara kita bisa laris dijual sepertinya dengan harga mahal, karena kepiting hijau bisa dikonsumsi.

Semoga artikel arenapublik.com dapat memberikan pencerahan bagi kita semua, terimakasih. 
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Saya baru tahu mengenai kepiting hijau. Tidak dijelaskan dalam artikel itu apakah kepitingnya bisa dimakan'. Mengapa kepiting hijau dianggap hama.

Balas

apakah nggak mengancam populasi kepiting itu sendiri kalo cangkangnya dijadikan plastik..

Balas

bagus juga idenya, cuma kasihan kepitingnya di jadikan pelastik, dia kan juga mahluk hidup :D

Balas

Hebat juga orang2 Amerika Utara merubah cangkang kepiting jadi cangkir dan sejenisnya.😊😊

Ketimbang jadi sampah yang tak berguna memang begitu sih seharusnya. Populasinya kepiting disana juga seabrek2.🤣🤣

Balas

kalau kepiting biasa saya hapal mas, Nah kalau kepiting hijau saya mlh baru tahu sekarang hehe.. Kalau di negara kita saja bisa di konsumsi kenapa di Kanada dianggap hama yah,,

Balas

Saya pernah dengar atau baca ya kalau nggak salah, ada jenis kepiting yang nggak boleh dimakan karena jadinya beracun gitu.

Dan memang juga isinya nggak banyak, beda kayak kepiting biasa yang di makan sih :D

Balas

Kalo di kita udah pasti di jadiin kepiting saos tiram ato kepiting saos padang 😁,tapi idenya boleh juga tuh buat gelas, mengganti bahan dari kaca, apalgi bahannya murni dr kepiting,

Balas

pinter juga tu ilmuwan.. cangkang kepiting biar ga mubadzir ya kang

Balas

Waduh, disana malah dianggap hama dan mau dijadikan bahan gelas menggantikan plastik atau kaca. Tapi bagus tuh, produk itu untuk mengatasi polusi dari bahan alami, saya rasa itu akan menjadi inovasi yang sangat bagus.

Kalo di Indonesia, kepiting malah dijadikan makanan, mana mahal lagi

Balas

setelah saya baca sih, dan dari referensi yang ada katanya bisa dimakan mba hehe

Balas

karena kelebihan populasi mas hehe mangkanya dibuat inovasi

Balas

karna jumlah populasinya yang kebanyakan mas hehe

Balas

Inovasinya bagus banget, mudah2an segera dibuat plastik dari cangkang yg ramah lingkungan

Balas

wah mantap tu ya, tapi kacian juga tu si kepiting hehehe

Balas

Bagus nih, sudah waktunya kita mengurangi ketergantungan pada barang-barang tambang yang semakin lama semakin habis.

Balas

Kalo di sini banyak kepiting, orang-orang langsung buka lapak di pinggir-pinggir jalan

Balas

Ini yang dimaksud kerang hijau yang suka dijual di pinggir-pinggir jalan itu bukan? Bagus ya inovasinya. Cangkang kerang dan kepiting kan emang keras, jadi cocok kalau dibuat gelas.

Pernah dengar tentang kantong plastik dari kentang yang ramah lingkungan. Nah, mungkin ini nanti jadi gelas ramah lingkungan.

Balas

Di sini malah mahal banget tuh harga kepiting hijau.

Balas

Kalau berhasil, negara kita bisa belajar nih. Jadi bisa ikut menghemat plastik nih

Balas
9127155806442794821