Thursday, February 13, 2020

Perisapan Calon Mahasiswa Teknik yang Wajib Diketahui

Arenapublik.com - Jadwal penerimaan masuk mahasiswa kini semakin dekat tertanggal 14 - 27 Februari 2020 untuk jadwal pendaftaran dan tanggal 4 April 2020 sebagai pengumuman hasil SNMPTN, bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah dan ingin masuk fakultas teknik, kami akan memberikan bagaimana persiapan bagi calon mahasiswa teknik untuk menjalankan perkuliahan dengan nyaman dan senang, terlebih bila berhasil masuk di perguruan tinggi negeri.

Persiapan Calon Mahasiswa Teknik
Gambar 1 Cover Persiapan Calon Mahasiswa Teknik

Bagi seseorang, masuk fakultas teknik menjadi suatu kebanggaan tersendiri mungkin karena dianggap keren, dianggap lulusannya dapat fleksibel kerja di mana saja, atau bahkan yang lainnya. Menrut kami itu merupakan perspektif masing-masing pihak menilainya bagaimana. Sebagai salah satu penulis blog arenapublik.com dan merupakan alumni mahasiswa teknik juga, kami ingin memberikan pandangan dan persiapan bagi calon mahasiswa teknik.

Persiapan Calon Mahasiswa Teknik

Sebagai calon mahasiwa teknik dan apabila sudah dinyatakan lulus di fakultas teknik untuk jurusan tertentu, ada baiknya kalian dapat memperhatikan beberapa faktor penting sebagai tahap persiapan sebelum memasuki dunia perkuliahan. 
  • Mental: Sebagai calon mahasiswa teknik, hal yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan teknik, kalian harus mempunyai mental baja untuk menghadapi segala macam problematika. Baik itu dihadapi oleh senior bahkan dosen, proses pengkaderan teknik yang dikenal "ekstra" mewajibkan kita harus memiliki mental yang kuat.
  • Fisik: Dalam hal ini, mahasiswa teknik khusunya yang baru masuk biasanya akan mendapatkan banyak penugasan dari para senior sebelum memasuki jadwal perkuliahan. Fisik yang harus dijaga adalah daya tahan tubuh, biasanya kalian akan kehilangan waktu istirahat normal di jam malam.
  • Pemikiran Taktis: Mahasiswa teknik dikenal dengan pemikiran yang taktis, mereka melakukan setiap kegiatan secara terstruktur bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dengan baik dan cepat. Jadi, bagi kalian yang belum terbiasa dengan ritme pemikiran tersebut lama kelamaan akan terbiasa seiring perjalanan perkuliahan.
  • Buku: Pastinya untuk yang satu ini jangan sampai dilewatkan, persiapan fisik dan mental boleh. Tetapi persiapan akademis jangan sampai dilewatkan juga, perbanyak buku-buku yang menyangkut perkuliahan teknik dan asah kembali pelajaran sekolah menengah atas untuk upgrade di dunia perkuliahan.
Ke empat poin di atas hanyalah gambaran sederhana, dibalik itu semua kita juga harus memiliki attitude yang bagus terhadap siapa saja kita berhadapan, termasuk terhadap dosen. Terapkan kehidupan disiplin, baik waktu ataupun penugasan. Tidak ada yang lebih baik dari sikap disiplin dan bisa saling mengharagi satu sama lain.

Prospek Lulusan Fakultas Teknik

Sebagai lulusan atau alumni fakultas teknik, kita pasti merasakan bahwa kita bisa melakukan segalanya. Bekal tersebut kita dapat dari masa perkuliahan kita dengan mengasah bagaimana cara berpikir taktis, jadi bagi kalian yang sudah mengarungi perkuliahan di fakultas teknik tidak perlu khawatir. 
Gambar 2 Ilustrasi Prospek Lulusan Teknik
(sumber: PNGmart)

Profesi yang bisa kita selami sangat banyak, dari posisi sales hingga masuk dalam top management. Memang sering kali kita mendengar bahwa kuliah di fakultas teknik merupakan perkuliahan yang murah, tetapi setelah lulus dari fakultas teknik kita bisa mendapatkan salary yang cukup baik bahkan lebih dari cukup. 

Penutup

Masuk fakultas teknik sudah jelas harus mempunyai jiwa teknik untuk bisa menyeimbangkan dengan passion yang kita miliki, sebagai calon mahasiswa fakultas teknik kita juga tidak boleh lupa bahwa dari fakultas teknik juga perkembangan teknologi dapat terjadi. Jadi manfaatkan masa-masa kuliah untuk dapat menciptakan suatu hal yang dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Dan jangan takut akan permasalahan yang terjadi termasuk bully

Semoga bisa menjadi agent of change yang baik! 

Arenapublik.com adalah media informasi terkini yang memberikan berbagai macam pengetahuan untuk masyarakat Indonesia dan memberikan berbagai macam tutorial secara gratis.

26 comments:

  1. kunjungan pertama lulusan teknik
    hehe

    ReplyDelete
  2. kalau sudah buat persediaan...

    maka lebih yakin untuk menjawab soalan dalam peperiksaan

    ReplyDelete
  3. betul sekali bang, selain persiapan yang udah di sampaikan, persiapan mental dan jiwa juga di perlukan :D

    ReplyDelete
  4. Saya gk pernah kuliah sih, jd langsung nguli aja, hsha

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat, dulu waktu semester 1, banyaakk banget teman sekelas, seiring waktu teman-teman, khususnya dari SMU pada kabur semua, masuk universitas ambil ekonomi or something.

    Kuliah di tehnik memang butuh banget mental yang kuat :)

    ReplyDelete
  6. Oke nih infonya kalau-kalau aku mau kuliah lagi. Siapa tau kali ini pengen masuk jurusan teknik, biar samaan sama suami. Supaya kalo doi curhat masalah kerjaan, aku jadi nyambung.:-D

    ReplyDelete
  7. jangan lupa banyak berdoa...kita sudah berusaha Allah jua yang akan memberi ganjarannya...

    ReplyDelete
  8. siap mental karena anak teknik tuh paling solider dan paling militan hehe

    ReplyDelete
  9. Iya tuh, harus kuat fisiknya itu betul.

    ReplyDelete
  10. Benar jg ya, apalagi klo ilmunya dah kepake di lingkungan kerja, memang jam nya jd kebalik, soang jd malam malam jd siang, otomatis kudu ada persiapan adaptasi untuk mempraktekkannya setelah kenyang akan teori, jujur sku ngerasa anak teknik itu keren #dulu pas jmnnya msh jd mahasiswa, cm aku keterimanya di ekonomi pembangunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha keliatannya aja Mbul, aselihnya ya biasa aja hahaha

      Delete
  11. Jd inget wkt persiapan kuliah... tp saya bkn ngambil teknik..

    ReplyDelete

  12. Intinya mengambil jurusan teknik kita harus tahan banting. Karena jika lulus nanti jika kita punya perfoma baik dalam belajar hasilnya tidak pernah mengecewakan.

    Sama kaya kita masuk jurusan hukum.😊

    ReplyDelete
  13. Aku pengin kuliah tehnik tapi apa daya hobinya malah nulis. Berarti ngga cocok ya kang.

    ReplyDelete
  14. wah..
    saya juga dulu masuk teknik.
    memang menyenangkan di teknik..

    ReplyDelete
  15. Kalau saya sih lebih ke persiapan Mental nya dulu mas

    ReplyDelete
  16. bukan anak teknik jadi cant relate, dulu sempet masuk teknik tapi cuma ikut kuliah sehari doang.. :D :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  17. Gw aja anak IPA males ambil teknik. Akhirnya lulus SMA ambil akuntansi.

    ReplyDelete
  18. Kalau saya kuliah jurusan hukum & manajemen, memang jarang kuliah lapangan, tapi hapalan harus kuat hehe... Tapi memang soft skill yang sering terlupakan, termasuk bersosialisasi dengan senior, dosen, alumni. Oh ya, sesuai request, artikel saya tentang nasib eks anggota NIIS berdasarkan perspektif hukum baru saya posting. Silakan dicek. Thx

    ReplyDelete
  19. Insya allah jafi anak teknik mah kepake di berbagai perusahaan.. insya allah gaji juga besar kak

    ReplyDelete
  20. doa dan usaha, poin pentingnya. hhh
    semoga dedek emesh yg mau daftar teknik dipermudah jalannya dan tetap semangaaattt

    ReplyDelete
  21. wah suami saya ini sih anak teknik. berat kuliahnya. hihi..
    betul banget tuh harus siap mental dan fisik

    ReplyDelete
  22. kalau di Malaysia...peluang pekerjaan dalam bidang teknikal sangat tinggi

    ReplyDelete
  23. Sebagai anak teknik bener banget ini, terutama persiapan mental sih.

    ReplyDelete