Monday, March 9, 2020

Knowledge Skill Menjadi Makelar Handal dan Sukses

Arenapublik.com - Makelar atau broker merupakan pekerjaan yang semua orang bisa lakukan, skill menjadi makelar/broker juga tidak terlalu susah. Kalian cukup memiliki kecakapan dalam bidang komunikasi tetapi jelas kalian harus memiliki pengetahuan yang luas untuk menjadil seorang makelar yang handal dan sukses. Pada artikel ini kami berusaha membahas bagaimana menjadi seorang makelar atau broker, pada prinsipnya seorang sales dan makelar tidak jauh berbeda.
 Skill Menjadi Makelar  
Gambar 1 Cover Skill Menjadi Makelar

Perbedaan antara sales dan makelar terletak pada perannya saja, karena mereka pada prinsipnya sama-sama menjual barang agar cepat closing. Tetapi peran makelar adalah sebagai seorang penghubung atau perantara atau mediator antara penjual dan pembeli.

Bisnis menjadi seorang makelar untuk saat ini sangat banyak kita jumpai, terlebih jika kita ada rekanan terdekat kita yang ingin menjual rumah atau propertinya, kendaraan, dan lain-lain. Kebanyakan mereka meminta bantuan untuk dijualkan barang yang mereka punya dengan persetujuan harga yang telah disepakati.

Baca Juga: Knowledge Skill Menjadi Sales

Skill Menjadi Makelar

Tips yang akan kami tulis mengenai skill menjadi makelar ini berdasarkan pengalaman pribadi yang sudah kami lewati dan alami sendiri, dalam arti bahwa kami membuat artikel ini berarti kami sudah pernah melakukannya dan sharing kepada pembaca setia dari arena publik.
 
  • Komunikasi: Cara kita berkomunikasi merupakan hal penting yang diperlukan untuk memulai menjadi seorang makelar dan ini merupakan skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang "calon" makelar untuk memulai bisnisnya. Komunikasi yang dimaksud adalah pada saat bertatap muka secara langsung maupun by phone, chat ataupun telfon.
  • Bahasa: Skill kedua yang harus dimiliki seorang makelar adalah bahasa, untuk menjadi seorang makelar yang handal, kita juga harus memiliki skill bahasa atau penguasaan bahasa yang baik juga. Terutama dalam penguasaan bahasa asing, karena targetkan pasar anda tidak hanya untuk pasar lokal saja, tapi targetkan pasar untuk pasar internasional juga.
  • Negosiasi: Kemampuan yang satu ini tidak boleh dilewatkan oleh seorang makelar, karena bagaimana kita akan menemui kata kesepakatan kalau kita tidak memiliki skill dalam negosiasi berikut ini. Negosisasi sangat diperlukan untuk dapat mencapai deal dengan harga yang sudah kita tentukan, dan pastinya kalian sudah mendapatkan untung yang cukup.
  • Menahan Diri: Terakhir yang akan kami sampaikan adalah kemampuan untuk menahan diri, karena kebanyakan dari seorang makelar atau broker mereka sering kali menawarkan harga yang jauh dari harga pasaran sehingga hal tersebut dapat merusak harga pasar, hal tersebut dilakukan dengan maksud untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.
Gambar 2 Proses Deal Menjadi Makelar 
(sumber: freepik)

Menjadi Makelar yang Handal

Demi mewujudkan menjadi seorang makelar yang handal dan juga sukses, kalian juga harus bisa memenuhi kebutuhan wajib yang harus dimiliki seorang makelar. Pada sub bab ini kami ingin mengulas apa saja yang kalian perlukan untuk menjadi seorang makelar, sehingga kalian dapat terlihat menjadi seorang makelar yang berkelas.
  • Badan atau Legalitas: Sebuah badan atau legalitas seperti CV atau PT merupakan hal yang wajib jika kalian ingin menjadi seorang makelar, karena nanti pada saat akan bertemu dengan calon customer kita akan ditanyakan asal instansi kita dari mana. Untuk memiliki tempat naungan atau instansi tersebut, kalian tidak perlu bingung. Cukup minta izin kepada orang yang ingin kita bantu menjualkan barangnya, mereka sangat berkenan karena mereka seolah mendapatkan pekerja "gratis" yang sangat potensial untuk membantu mengembangkan bisnis yang mereka punya.
Jika mereka yang ingin dibantu merupakan perseorangan, dan kita ingin menjual ke suatu instansi dan dibutuhkan surat jalan dalam penjualannya. Kalian memerlukan kenalan yang memiliki CV atau PT secara langsung dengan izin General Trading.
  • Relasi: Mempunyai relasi yang besar adalah langkah nyata untuk membuat kita menjadi seorang makelar yang handal, karena saat kita mempunyai relasi yang besar dan saat kita memiliki barang yang ingin kita jual, kita cukup menawarkan kepada relasi yang kita punya. Biasanya di jaman serba maju saat ini, relasi bisa terjalin melalui media sosial hingga group whatsapp messenger, dengan adanya relasi ini kita dapat memenuhi catatan yang ada di poin pertama untuk menjadi seorang "parasite" di instansi yang ingin kita bawa.
Gambar 3 Relasi Whatsapp Group  

Penutup

Skill menjadi seorang makelar dan bagaimana menjadi seorang makelar ini sangat penting dan dibutuhkan bagi banyak perusahaan, dan perlu juga kalian ketahui bahwa untuk menjadi seorang makelar kalian tidak diperlukan untuk mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Itu jika kalian mampu memiliki skill yang sudah kami tuliskan di atas dengan poin-poin yang sudah disebutkan.

Kunci utama juga untuk menjadi seorang makelar adalah kita tidak perlu untuk malu dan jangan khawatir, bisnis menjadi makelar adalah halal. Selama kita mengikuti aturan dalam jual beli dan tidak ada pihak yang dirugikan. Dalam arti bahwa kita sebelum eksekusi suatu barang atau menjual barang, diperlukan kesepakatan dengan penjual barang sehingga tidak terjadi miss komunikasi.

Semoga berhasil dan semoga dilancarkan rejekinya.

Arenapublik.com adalah media informasi terkini yang memberikan berbagai macam pengetahuan untuk masyarakat Indonesia dan memberikan berbagai macam tutorial secara gratis.

31 comments:

  1. Yang bikin takut kalo bisnis yang ditawarkan dari tangan ke tangan, jadi bukan tangan orang pertama atau sebagainya. Jadi untuk prosesnya agak panjang dan berbelit begitu, saya harap sih tidak seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, harus pinter.. karena itu jangan sampai kita merusak harga pasar :D hehe skill point ke 4 mas.

      Delete
    2. Wahhh itu mas, kadang harus bisa jaga harga pasar :D

      Delete

  2. Waahh kurang bakat gw jadi Makelar...Pernah ngalamin bisnis rumah doang kalla itu lumayan sih pendapatannya.

    Cuma sekali... kesananya jarang gold. Hingga jenuh akhirnya lebih milih jadi makelar Janda.🤣🤣🤣🤣🏃🏃🏃🏃

    ReplyDelete
  3. Makelar ni rupanya orang tengah antara pelanggan dan penjual.

    ReplyDelete
  4. Mungkin punya data kontak dan kegiatan target (pembeli) penting juga. Soalnya, kalau punya kedua2nya, komunikasi menjadi lancar dan mempermudah negosiasi.

    ReplyDelete
  5. Gracias por los consejos. Buena semana

    ReplyDelete
  6. Jadi makelar tanah yang paling basah penghasilannya, cuman ya harus perbanyak koneksinya

    ReplyDelete
  7. wajib dibaca buat temenku yang jadi makelar rumah nih biar goals terus hehee

    ReplyDelete
  8. Nice info. Kuncinya harus jago komunikasi & marketing

    ReplyDelete
  9. Makelar sekarang juga harus pintar-pintar cari celah dan kreatif ya. Sesuai perkembangan dan tuntutan zaman.

    ReplyDelete
  10. Disini ada temanku yang jadi makelar apa saja, baik makelar motor, hape, mobil, pokoknya apa saja yang dibutuhkan orang

    ReplyDelete
  11. Beda ya sama reseller?

    Brarti makelar orang ke tiga ya? Tapi dibutuhkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. reseller ya sama aja, banyak istilahnya mas :D

      Delete
  12. Kalau dalam bahasa Malaysianya, makelar itu apa ya?

    ReplyDelete
  13. salah seorang guru saya adalah broker. katanya, kalau mahu jadi sepertinya, perlu masuk exam tertentu. bila lulus baru layak jadi broker sebenar

    ReplyDelete
  14. jiwaku tidak dalam dunia marketing huhuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus jiwamu sukanya dunia apa Jeng..😊😊

      Jadi makelar enaknya tuh buat kerjaan sampingan. Tapi serius karena itu banyak memerlukan komunikasi pada orang banyak.😊😊

      Delete
    2. jiwa apa nih mba yang ada ? haha

      Delete
  15. Harus belajar negosiasi nih, biar jadi makelar yang mantul. Sebenernya seru jadi sales, belajar tetang manusia, intra dan interpersonal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mba yang dicari, bukan sekedar profitnya aja.

      Delete
  16. Wah, yang sudah tuh skill komunikasi dan negosiasi. Sepertinya aku gak bakat nih jadi makelar.😁

    ReplyDelete
  17. makelar ini memang sama dengan marketing sih ya kalau menurut saya, the power of punya skill menjual, melobi, dan memang kuncinya komunikasi,

    ReplyDelete
  18. Save dulu ah ilmunya, pingin deh jadi makelar, makelar tanah hehehe

    ReplyDelete
  19. berawal dari blogger jadi tahu tentang makelar, dan ternyata menyenangkan usaha modal skill, makelar saya kategorikan tenaga inti dalam pemasaran

    ReplyDelete
  20. Apapun nama pekerjaannya, segala yang terkait dengan marketing pasti memerlukan kemampuan komunikasi yang baik. Dan itu yang nggak semua orang bisa.

    ReplyDelete
  21. aku jadi programmer aja deh haha

    ReplyDelete