BLANTERVIO103

Kondisi Indonesia Akibat Virus Corona: Ayo Bangkit!

Kondisi Indonesia Akibat Virus Corona: Ayo Bangkit!
Monday, March 23, 2020
Arenapublik.com - Wabah virus corona yang terdampak bagi ibu pertiwi Indonesia saat ini semakin meningkat, sudah lebih dari 500 orang positif virus corona dan 49 orang diantaranya meninggal dunia. Kondisi Indonesia akibat virus corona ini juga bisa semakin buruk, terjadinya berbagai efek domino yang melanda Indonesia sehingga nilai tukar rupiah terhadap dollar untuk saat ini melemah.

Gambar 1 Kondisi Indonesia Akibat Virus Corona

Berawal dari negara Cina, tepatnya di kota Wuhan. Kini, virus corona sudah hampir menyelimuti atau menyebar keseluruh dunia. Virus corona ini sangat tidak memandang bulu dalam penyebarannya meskipun dianggap sebagai virus biasa yang menyebabkan gejala demam, hingga sesak pernafasan. Ternyata virus yang biasa tersebut berhasil membunuh ribuan umat manusia. 

Kondisi Rupiah Saat Ini

Kami tidak mengerti apa yang telah terjadi, akhir-akhir ini akibat mulai kencangnya pemberitaan media terhadap virus corona yang ada di Indonesia mengakibatkan nilai tukar rupiah terhadap dollar semakin melemah. Angka yang sudah tidak bisa dianggap remeh lagi, karena sudah mencapai lebih dari Rp. 15.000,- per dollar dalam nilai tukar rupiahnya. 1 bulan sebelum viralnya wabah corona, dapat terpantau Rp. 13.400,-.

Setelah dilakukan update lagi terkait nilai tukar rupiah terakhir ini terhadap dollar melonjak kembali sebesar Rp. 16.700,- per dollar. Tercata tanggal 23 Maret 2020. Sungguh luar biasa, nilai tukar rupiah ini mungkin menjadi nilai tukar terbesar sejak belasan tahun terakhir ini.
Gambar 2 Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar (23 Maret 2020)

Efek yang terjadi jika nilai tukar rupiah terhadap dollar melemah sudah pasti harga bahan pokok juga akan ikut naik, mungkin untuk sementara masih belum terasa. Jika angka tersebut bertahan hingga hitungan minggu, mungkin harga kebutuhan tersebut akan melonjak juga.

Info yang berhasil kami dapatkan adalah, berdasarkan sumber percakapan group whatsapp. Kondisi gula putih sangat sulit untuk didapatkan, kalaupun ada harganya pun sangat mahal.

Kondisi Logam Mulia Saat Ini

Berbanding lurus dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar, kondisi logam mulia untuk saat ini terpantau masih kosong. Akan terjadi update harga yang akan dilakukan jika nilai tukar rupiah terhadap dollar sudah stabil lagi. Tercatat sebelumnya harga logam mulia untuk keping 5gr mencapai Rp. 4.000.000,- per keping 5gr. Harga tersebut sangat jauh meningkat dibandingkan dengan 2 bulan terakhir, saat tim kami membeli dengan harga Rp.  3.600.000,- per keping 5gr. 

Gambar 3 Kondisi Logam Mulia Hari Ini

Jika kalian pelaku investasi logam mulia, mungkin saat ini kalian bisa melakukan penjualan terhadap emas-emas yang kalian punya. Tetapi disisi lain kondisi saat ini jika kita menjual emas batangan merupakan kondisi terburuk juga untuk nilai tukar rupiah terhadap dollar.


Anjuran Stay At Home

Pemerintah sudah dari beberapa hari belakangan menganjurkan masyarakatnya untuk mengisolasi diri atau berada di rumah saja sampai waktu yang belum ditentukan. Instansi pertama yang memberlakukan anjuran tersebut berawal dari instansi pendidikan hingga pemerintah, perusahaan swasta pun juga ikut melakukan anjuran tersebut dengan tag line yang kita kenal sebagai work from home. 

Sayangnya anjuran Pemerintah tersebut tidak terlalu diindahkan oleh sebagian masyarakat, masih banyakanya masyarakat Indonesia yang keluar dan hal tersebut dianggap sebagai "carrier" virus corona. 

Perlu kita ketahui secara detail, buffer kondisi ekonomi rumah tangga masyarakat Indonesia terjadi setiap hari dan jika mereka menghentikan aktifitas harian mereka bisa dikatakan mereka menghentikan sumber rejeki yang mereka cari.  
Hingga adanya anjuran untuk melakukan "lockdown" pun sempat terdengar. Saat terjadi lockdown otomatis masyarakat yang mengandalkan pencarian rejeki harian juga akan ter "lock" sumber pendapatannya. Terlebih Pemerintah pusat berani menanggung beban masyarakatnya dengan memberikan pemasukan pokok selama lockdown berlangsung.


Gambar 4 Lockdown Negara Eropa
(sumber: CNN Indonesia)

Salah satu contoh yang terjadi adalah Pemerintah wajib menanggung upah pokok bagi masyarakat yang dianjurkan untuk lockdown. Dan bagi masyarakat yang terpapar virus corona dan berstatus karyawan perusahaan, perusahaan tersebut juga wajib membayar penuh gaji selama karyawan tersebut melakukan karantina.

Ternyata hal tersebut telah dilakukan oleh Pemerintah melalui surat edaran kementrian tenaga kerja yang menyatakan bahwa setiap perusahaan yang mendapati salah satu karyawan nya yang terjangkit virus corona, maka perusahaan tersebut wajib membayar gaji secara full terhadap karyawan tersebut.

Gambar 5 Perusahaan Wajib Gaji Full
(sumber: CNN Indonesia)

Penutup

Wabah virus corona ini sudah sangat membuat dunia kewalahan, tidak hanya Indonesia saja yang menjadi korban. Status terkini untuk negara Cina yang menjadi induk tumbuh dan tersebarnya virus corona pun sudah dinyatakan bersih dari virus tersebut. Hal itu juga dapat terwujud karena masyarakat negara tersebut dapat tertib dan Pemerintah nya pun sangat men support dengan memberikan jaminan terhadap masyarakatnya.

Beberapa hari kemarin juga, ada whatsapp dari dosen yang sedang menempuh pendidikan S3 di Taiwan dan memberikan update terkait virus corona. Pemerintah Taiwan pun melakukan hal yang sama dengan memberikan jaminan terhadap masyarakat untuk bahan bahan pokok selama lockdown.

Semoga Pemerintah Indonesia juga dapat meniru hal tersebut jika menginginkan lockdown dan sterilisasi secara menyeluruh, Ayo bangkit negaraku! 
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 47 comments:

  1. Wahhh virus corona bikin semua aktivitas jadi tersendat, saya punya sedikit saham harganya terus turun turun sampai merah.. Aktivitas kerja juga libur, jadi gak bisa produktif.. Walaupun udah ada internet juga, bukan berarti semua bisa tergantikan. Semoga saja kedepan tidak terjadi lagi, dan bisa terselesaikan dengan baik agar semua aktivitas bisa berjalan seperti biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama hal nya kyak saya mas. jadi menerima kenyataan sahamm yang turun tuh

      Delete
    2. Tapi sekarang udah naik lagi mas

      Delete
  2. Wah ngeri juga ya. Pemerintah harus bersikap serius menangani ini. kemarin-kemarin kesannya kurang serius, memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, kalau mau serius harus totalitas ke masyarakatnya

      Delete
    2. Setuju 👌!.

      Semestinya pemerintah bertindak aksi cepat ...,semua kota di Indonesia segera dilakukan serentak penyemprotan disinfektan di semua rumah, ruang publik dan lainnya.

      Delete
  3. Iyalah harusnya orang diem dirumah ada jaminan nya...Jangan cuma nyuruh2 doang...ðŸĪŠðŸĪŠ

    Cuma gara2 Lockdown jadi batalkan ketemu si Anu...ðŸ˜ēðŸ˜ēðŸ˜ē

    Tetap semangat perangi Covid 19.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo si anu siapa mas? hehe

      Delete
    2. Paling si anu itu selingkuhan nya kang satria.ðŸĪĢ

      Delete
  4. semoga cepat berlalu ya, kejadian ini dimanfaatkan oleh oknum oknum yang menginginkan keuntungan pribadi semata dengan menaikkan harga harga kebutuhan pokok

    ReplyDelete
  5. Karena juga banyak harga saham yang turun. Kondisi pasar saham juga tidak stabil. Beberapa kali terjadi trading halt karena IHSG turun. Beberapa saham perusahaan juga terkena auto reject batas bawah. Berharap semuanya cepat membaik dan pulih seperti sedia kala.

    Pemerintah sudah sangat serius menangani covid-19. Keseriusan pemerintah akan sia-sia jika tidak didukung oleh kesadaran warga.

    Ayo kita dukung arahan dari pemerintah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, kita sbg warga harus mendukung pemerintah dan disisi lain pemerintah juga harus bisa support masyarakat selama lockdown hehe.

      Delete
  6. ... Krn gara" dia seluruh dunia sdh merasakan akibatnya disegala hal... Saatnya bersatu...

    ReplyDelete
  7. suerte y animo ojala pronto podamos vencer al virus

    ReplyDelete
  8. Iya ya, gara gara virus ini semuanya jadi kacau. Nilai tukar rupiah sudah mencapai 16.700 dan harga saham gabungan juga dibawah 4.000, padahal biasanya 6.000 lebih.

    Kalo emas aku kurang paham soalnya ngga pernah beli emas 24 karat. Istri saya tidak beli emas soalnya udah punya mas yang bagus yaitu mas Agus.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... mas yang nilainya melebihi 24 karat, hehehe

      Delete
    2. Waduh yang jawab mbak Qudsi, jadi malu nih.ðŸ˜ą

      (Ngumpet)

      Delete
  9. Corona... oh Corona... Segera lah pulang ke planetmu.

    Harga barang pokok sudah merangkak naik, entah karena dolar atau mungkin pasokan. Gula putih salah satunya, naik 50 persen. Awalnya berkisar 11-12 ribu sekarang bisa sampai 18-19 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disini gula putih sudah 21 ribu mbak. Tadinya sih masih 18 ribu tapi sejak ada Corona jadi tambah parah.😂

      Delete
    2. hihi ibu ibu rumah tangga nih pasti bingung juga nyari gula...

      Delete
    3. Ngga bingung asal ada duitnya kang.😁

      Delete
  10. pasti akan ada hikmahnya dari virus yang sedang marak dan menjadi wabah bagi negara-negara

    ReplyDelete
  11. semoga cepet pergi virus corona, menyusahkan saja memang :D

    ReplyDelete
  12. Tidak semua orang berhasil menerapkan sistem bekerja/belajar dari rumah. Karena aktifitas di rumah seringkali terganggu oleh hal lain, pengalaman saya dulu pernah memberlakukan kontrol jarak jauh karena ingin mengikuti cara kerja orang luar negeri, hasilnya sedikit mengecewakan. Sering terjadi misskomunikasi, perlu teknologi yang lebih memadai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba, karna tidak terlalu efektif saat menjalankan berbagai macam hal dengan online sih.

      Delete
  13. Menurut saya semula bermula karena terlalu meremehkan virus ini. Akhirnya sekarang tergagap menanganinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti italia dan spanyol sih bang kalo dilihat lihat hehe.

      Delete
  14. nilai tukar rupiah mengerikan ya! Semoga saja wabah ini bisa segera terlewati dan keadaan ekonomi Indonesia juga bisa bangkit. Paadahal kupikir rupiah bisa terus menguat loh karena sebelum wabah nilainya bisa 13400. Eh tau-tau pas terserang wabah nilai tukarnya begitu anjlok. Makanya nih dari sini kita para warga Indonesia harus lebih cinta produk lokal juga. Jadi kan ga terlalu bergantung pada mata uang asing...At least lumayan lah jadi ga terpengaruh sama nilai tukar dollar gituuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe gimna engga mba, produk import lebih murah eh produk lokal mahal. ya tapi peran kita sbg blogger yang perlu edukasi masyarakat utk memakai produk lokal

      Delete
  15. Sungguh kondisi yg cukup dilematis dari berbagai sisi, yah ku yg awam ini cuma bisa berharap mudah2an kita semua segera bisa mengatasi ini ya mas, bersatu padu, meski mayan sulit juga agar semua lini bisa satu visi

    ReplyDelete
  16. Mengerikan, baik terkait wabah corona langsung maupun efek thd ekonomi. Kasus positif semakin naik dengan kecepatan yang tinggi, dollar turun mendekati saat krismo1998. Saya yang mengalami langsung kondisi krismon 1998, membayangkan saat itu yang menegangkan, merisaukan.

    Semoga kondisi cepat kembali normal.

    Salam dari saya di Sukabumi.

    ReplyDelete
  17. Semoga kondisi ini tidak bertambah parah. Soalnya nggak semua perusahaan punya cadangan keuangan yang cukup untuk membayar pegawai dengan kegiatan operasional mendekati nol. Mana ntar lebaran harus bayar THR. Walau sudah mencadangkan di pembukuan, kalau uangnya nggak ada, ya susah juga.

    ReplyDelete
  18. Sedih liat harga saham skr :(. Juga nilai tukar USD,dan bbrp currency yg biasa aku beli. Skr terpaksa stop dulu sampe rate-nya stabil LG.

    Utk sementara pun, aku ga berani utk ngelakuin jual beli forex ato saham. Tahan dululah. Msh blm pasti kedepannya kayak apa.

    Semoga aja virus ini cepet hilang. Ga banyak LG korban berjatuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kepo Mba, ini tahan berarti kita biarin aja ya, nggak usah diutak atik, biarin saja ? :)

      Delete
  19. Sedih banget rasanya kondisi negara kita, sampai kadang saya putuskan nggak mau update berita lagi, tapi juga bahaya sih kalau kitanya lengah.
    Hanya bisa berdoa, semoga wabah ini segera berlalu, aamiin :)

    ReplyDelete
  20. Kami dalam Perintah Kawalan Pergerajan(PKP).
    Good luck dalam pengasingan diri.

    ReplyDelete
  21. Virus corona mewabah, Indonesia tumbang :(

    Sedihnya negaraku saat ini, pray for us. Untuk kita semua di bumi tercinta ini, semoga segera pulih hehe

    ReplyDelete
  22. kesan paling ketara akibat virus corona ialah ekonomi merosot atau meleset..

    di Malaysia sahaja sudah ada 16 kematian dan 1624 disahkan positif ( ketika saya menulis komentar ini)

    Perintah kawalan pergerakan sudah dilaksanakan di Malaysia sejak 18 Mac yang lalu sehingga hujung bulan ini.

    sama-sama kita berdoa agar wabah ini segera berakhir

    ReplyDelete
  23. Sedih ya ada wabah kayak gini.Semoga cepat berakhir. iya sih harga emas lagi bagus sayang nggak punya emas byk hahahaha

    semoga sehat selalu ya ya kak.tetap semangat..

    ReplyDelete
  24. Semoga derita ini cepat berlalu dan kembali kita dapat menata kehidupan yang lebih baik.. amin

    ReplyDelete
  25. Di Malaysia juga sudah jalankan Movement Control Order untuk putuskan rantaian virus COvid-19. harap rantaian virus tidak terus merebak. Semoga seluruh dunia bebas corona. #staysafeathome

    ReplyDelete
  26. Sangat sependapat dan sangat setuju jika oemweintah mengambil kebijkasanaan untuk memberikan bantuan dana ke SETIAP warga negara jika situasi terus seperti sekarang ini.

    Jangankan ditetapkan status lock down, sekarang saja ekonomi atau keuangan warga sudah mulai kelihatan sulit.

    ReplyDelete
  27. Indonesia sedang gawat darurat... butuh kesadaran diri agar virus ini hilang. Mudah-mudahan Indonesia segera bangkit

    ReplyDelete
  28. covid 19 sangat mengejutkan semua manusia di atas bumi ini.. semoga keadaan cepat pulih..

    ReplyDelete
9127155806442794821