Wednesday, April 29, 2020

Membuat Aplikasi Android Online Shop Sederhana

Arenapublik.com - Membahas tentang aplikasi android memang tidak ada habisnya, kali ini kami akan memberikan tutorial sederhana bagaimana cara membuat aplikasi android online shop sederhana dan tanpa diperlukan skill koding sekalipun. Aplikasi online shop ini hanya berlaku untuk pengguna android saja dan tidak berlaku untuk pengguna iPhone dan lain lain. Kami akan membahas secara sederhana dan singkat untuk memulai pembuatan aplikasinya.

Membuat Aplikasi Android Online Shop
Gambar 1 Cover Aplikasi Android Online Shop

Dalam proses pembuatan aplikasi android online shop ini, kami menggunakan sebuah third party yang dapat membantu pekerjaan kita dengan sangat mudah. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi android online shop ini juga bisa dikatakan gratis.

Sebelumnya kami sudah menimbang untuk pembuatan online shop terlebih dahulu, pemilihan antara platform blogger ataupun berbayar dengan membeli hosting. Dan pilihan kami akhirnya jatuh menggunakan aplikasi bernama toko talk, dimana aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam fitur menarik dalam membangun online shop.

Cara Membuat Aplikasi Online Shop

Pada sub bab ini, kami ingin memberikan penjelasan singkat bagaimana cara membuat online shop dengan menggunakan toko talk. Proses nya sangat sederhana dan sangat mudah sekali, tidak memerlukan waktu yang banyak untuk bisa mendapatkan online shop impian anda.

Membuat Aplikasi Android Online Shop

Gambar 2 Tampilan Dashboard Toko Talk

  • Silahkan kunjungi website tokotalk.com terlebih dahulu untuk membuat akun, silahkan registrasi dengan mengisi ketentuan yang diperlukan.
  • Jika selesai melakukan proses registrasi, kalian akan dihadapkan tampilan dashboard seperti pada gambar 2 di atas. Silahkan edit tampilan pada menu toko online -> desain. Kalian bisa mengganti tampilan sesuai yang kalian inginkan. 
  • Selanjutnya adalah melakukan setting pembayaran, tahap ini diperlukan bagi kalian yang ingin langsung direct ke rekening personal tanpa perlu dana nya tertahan di saldo E-pay. Kalian bisa setting dengan klik menu pengaturan->pembayaran.
Membuat Aplikasi Android Online Shop
Gambar 3 Setting Metode Pembayaran

  • Tahap berikutnya adalah kalian bisa langsung menambahkan produk apa saja yang ingin kalian jual dalam online shop yang kalian punya. Silahkan langsung ke menu produk->tambah produk.
Membuat Aplikasi Android Online Shop
Gambar 4 Tambah Produk Online Shop
  • Jika dirasa cukup, kalian bisa langsung melihat display dari online shop yang kalian punya melalui link yang sudah disediakan.
Kekurangan dalam penggunaan toko talk sebagai third party untuk membuat online shop adalah domain yang disediakan masih menggunakan sub domain dari toko talk, yaitu toko.ly. Jika kalian ingin menggunakan domain premium maka kalian diharuskan berlangganan premium dengan membayar 200rb per bulan nya. 

Berikutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat aplikasi android tersebut, dari online shop yang telah kita buat lewat toko talk tersebut. Cara ini merupakan cara termudah yang kami berikan untuk membuat aplikasi android.

Membuat Aplikasi Andorid Sederhana

Dalam pembahasan ini, kami akan langsung memberikan bagaimana cara membuat apk android agar aplikasi android tersebut bisa kita install di smartphone android kita masing-masing. Di sini kami menggunakan third party lagi, yaitu menggunakan Web2Apk untuk membantu dalam konversi web view menjadi apk android.

Untuk downlod software nya, kalian bisa langsung mencarinya di google dan free download lewat situs resminya. Kami akan membantu untuk menggunakan step by step penggunaan nya memalui gambar.

Gambar 5 Step by Step Penggunaan Web2Apk
  1. Isi judul aplikasi yang ingin kalian buat
  2. Sesuaikan directory file hasil konversi apk yang kalian buat, contoh kami arahkan langsung ke bagian desktop.
  3. Jika kalian punya logo dari aplikasi yang kalian ingin buat, bisa langsung mengganti logonya.
  4. Seperti point ke 3, kalian bisa mengganti splash screen aplikasi. 
  5. Isi url yang ingin kita generate menjadi apk, dalam contoh ini kita menggunakan url toko.ly sesuai tutorial yang dibuat.
  6. Terakhir tinggal klik generate apk.
Setelah selesai generate apk android tersebut, kalian bisa langsung install pada smartphone android kalian masing-masing. Jangan lupa untuk setting smartphone kalian agar bisa melakukan install aplikasi android dari sumber selain play store.


Video di atas merupakan contoh aplikasi yang sudah kami buat, melalui platform toko talk dan konversi aplikasi menggunakan web2apk. Aplikasi tersebut dapat kita publikasikan ke playstore dengan syarat mendaftar terlebih dahulu dengan biaya sektiar $25.

Penutup

Sekian tutorial sederhana yang dapat kami berikan mengenai membuat aplikasi android online shop sederhana ini, semoga apa yang sudah kami jelaskan setiap step nya dapat kalian pahami dengan baik. Silahkan share artikel ini agar orang lain mendapatkan manfaat juga, terimakasih.

Arenapublik.com adalah media informasi terkini yang memberikan berbagai macam pengetahuan untuk masyarakat Indonesia dan memberikan berbagai macam tutorial secara gratis.

27 comments:

  1. Oh harus daftar dulu di tokotalk com ya untuk membuat toko onlinenya. Kalo untuk tutorial cukup pakai domain gratis tokotalk sih, tapi kalo untuk jualan online ya sebaiknya pakai domain sendiri.

    Kalo maksa untuk pakai domain tokotalk nanti dikira mau nipu malah, konsumen juga kurang percaya.πŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. Mudah juga rupanya nak buat apss untuk online shop ni. Terima kasih kongsikan :)

    ReplyDelete
  3. Mantap nih ilmunya, jadi kepikiran untuk bikin warungnya mamak bisa jualan online juga lewat aplikasi, pasti keren. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo warungnya jajanan kue kering sih cocok jualan online mas, tapi kalo jualan sayur yang udah matang kurang cocok kecuali buat lokal saja dan kerja sama dengan gojek.😊

      Delete
  4. Sepertinya Toko Talk ini lebih mudah ya menggunakannya dibanding pake Web2apk

    ReplyDelete
  5. Mirip sama blog gitu ya? Bisa pakai domain gratis dan berbayar. Bisa dicoba sama pelaku bisnis online nih. Apalagi pas masa pandemi kaya sekarang, cocok!

    ReplyDelete
  6. Semakin banyak ya cara-cara dalam membuat aplikasi android. Meskipun sederhana, setidaknya bisa memberikan kepuasan bagi penggunanya

    ReplyDelete
  7. Menarik untuk dicoba, keren kalau punya aplikasi android sendiri.

    ReplyDelete
  8. Kukira bikinnya gratis, eh bayar ya untuk regist di awalπŸ˜…

    ReplyDelete
  9. Wahhhh menarik banget nih mas, bisa buat aplikasi sendiri.. Caranya ternyata lumayan mudah juga ya, dan tersedia secara onlen juga.. Wahh coba untuk upload ke playstorenya juga free yahh atau bayar setelah upload gitu ;D

    ReplyDelete
  10. Meskipun sekarang sudah banyak online shop gratis buat jualan, gak ada salahnya juga bikin sendiri

    ReplyDelete

  11. Thanks for the recommendation. Good weekend

    ReplyDelete
  12. Wah, bermanfaat banget buat yang ingin mengembangkan usahanya nih. Lumayan, bisa nambah penghasilan buat jualan online.

    ReplyDelete
  13. Jadi tertarik buka toko talk, yang penting hostingnya aman terpercaya ya mas

    ReplyDelete
  14. Waooo makin banyak aja nih aplikasi buat jualan online, semoga membantu khususnya di masa kayak sekarang di rumah aja :)

    ReplyDelete
  15. Wah ada juga nih caranya, bikin usaha semakin lancar..

    ReplyDelete
  16. Wah, zaman sekarang. Makin inovatif dan kreatif. Memudahkan para pebisnis yang mau bikin toko onlind. Semangat!

    ReplyDelete
  17. Gak perlu ribet" mau apa" sekarang mah tinggal klik" aja ya, apalgi yg mau jualan online, pas banget nih dicoba, apalgi selalu dirumah aja,mayan buat nambah penghasilan tnpa capek" keluar

    ReplyDelete
  18. aaaa pengin belajar buat.. siapa tahu bisa bikin usaha jualan kacang bawang mamaku laris manis, hhh

    ReplyDelete
  19. wah, seru juga ya kalo bisa bikin aplikasi olshop sendiri..
    pengen coba buat juga utk olshop ku..

    ReplyDelete
  20. weee, tentunya menarik juga ini tokotalk. Makasih banyak ya, Bang.

    ReplyDelete
  21. Ternyata ada cara bikin online shop sendiri lewat tokotalk.com.
    Wah menarik juga..
    Makasih infonya.

    ReplyDelete
  22. saya baru tahu kalau bisa bikin aplikasi tanpa ngoding hehe. makasih infonya ya kak, dibookmark ah sapa tahu nanti mau bikin.

    ReplyDelete
  23. Aku kalo buat toko mending ke tokopedia aja sekalian wkwk

    ReplyDelete
  24. Semuanya kini jadi lebih mudah, semua makin di manja sama penyedia aplikasi. Jadi gak ada alasan lagi ribet bikin toko online.

    ReplyDelete
  25. Wah wahhh menarik ini.. Kala selain toko online bisa juga kan pake aplikasi/software di atas?

    ReplyDelete
  26. sempet kepikiran bisa bikin aplikasi sendiri biar kayak IT yang pinter pinter itu, dan ini ada cara mudah buat belajar bikin aplikasi. bisa dicoba utak atik ini

    ReplyDelete